alexametrics

Aktualisasi Tutor Sebaya Dengan Daring Saat Pandemik

Oleh : Nunik Sri Yuningsih, S.Pd.SD.

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, PEMBERLAKUAN Daring dimasa ini adalah cara pembelajaran terbaik yang di ambil oleh pemerintah saat kondisi pandemik Covid-19 belum berakhir. Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat saat ini pun masih di perketat. Efek yang terjadi adalah dalam kegiatan pembelajaran yang tidak optimal masih dirasakan.

Pembelajaran yang masih berlangsung saat ini di SDN 12 Mulyoharjo adalah menggunakan metode daring. Penggunaan metode daring ini bisa di subtansikan pembelajaran yang memiliki banyak kendala, terutama akses alat untuk berkomunikasi. Karena kendala tersebut siswa-siswi masih belum bisa memperoleh hasil pembelajaran yang memuaskan.

Berdasarkan penilaian guru, 37 siswa kelas 4 hanya bisa mendapatkan 37% siswa yang mampu mencapai nilai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Setelah beberapa kali dilakukan observasi, ternyata sebagian anak tidak memahami tentang materi yang sedang di kerjakan. Dikarenakan keterbatasan alat komunikasi.

Dari adanya permasalahan tersebut, dalam pembelajaran daring perlu adanya metode yang efektif agar siswa dapat mengikuti pembelajaran dimasa-masa pandemik dengan baik. Demikian pula yang diterapkan pada kelas 4 SD Negeri 12 Mulyoharjo.

Baca juga:  Model Pembelajaran Penyingkapan Tumbuhkan Minat Belajar Siswa

Pada masa ini metode tutor sebaya pastinya akan menjadi pilihan yang paling mudah di lakukan. Metode ini sangat diharapkan akan memotivasi siswa dalam belajar, dengan saling memberi semangat dan membantu rekannya yang sedang kesulitan dalam memahami materi pembelajaran.

Menurut Mulyadi (2010:85) berpendapat bahwa tutor sebaya adalah peserta didik yang di pilih dan tugaskan oleh guru untuk membantu siswa tertentu yang mengalami kesulitan belajar ataupun belum menguasai materi.

Menurut Ridwan (2016:198) pengertian metode tutor sebaya adalah sebuah metode pembelajaran dengan bantuan siswa yang kompeten dalam hal ini menguasai materi untuk mengajar siswa lainnya yang belum menguasai.

Dalam tutor sebaya guru hanya memberikan konsep-konsep pokok. Pengembangan dari konsep-konsep tersebut selanjutnya dilakukan oleh siswa dalam bentuk kelompok. Ada bermacam-macam cara dalam menggunakan metode tutor sebaya dalam proses pembelajaran daring. Untuk kelas 4 SD Negeri 12 Mulyoharjo, saya menggunakan langkah-langkah sebagai berikut: Pembagian siswa menjadi kelompok-kelompok kecil berkisar 4-5 siswa.

Baca juga:  Tingkatkan Hasil Belajar IPS dengan Mencari Pasangan

Setiap kelompok ada satu siswa yang diharapkan akan menjadi tutor untuk teman dalam satu kelompoknya. Setelah itu guru mulai pemberian materi pembejalaran dengan pemberian materi-materi pokok. Tutor sebaya akan memberi keterangan penjelas kepada teman-teman yang belum memahami materi. Penyampaian hasil belajar kepada guru oleh setiap kelompok, disertai dengan pengevaluasian oleh guru terhadap hasil belajar.

Setelah pembelajaran selesai, ternyata banyak keuntungan yang di dapat dari metode tutor sebaya. Buat tutor dapat menguatkan konsep dan pengetahuan secara lebih baik, serta melatih diri untuk dapat memahami teman yang memiliki kekurangan dalam memahami materi.

Bagi siswa yang lain, akan merasa lebih nyaman dalam bertanya maupun meminta pengulangan penjelasan materi pembelajaran dibandingkan dengan guru, serta memiliki lebih banyak waktu belajar, dari pada belajar dengan guru lewat daring yang sangat terbatas. Hubungan antar siswa juga akan terjalin lebih erat dan meningkatkan rasa solidaritas antar siswa.

Baca juga:  Asyiknya Belajar Nilai-Nilai Pancasila

Dengan penerapan metode tutor sebaya pada pembelajaran di kelas 4 SDN 12 Mulyoharjo siswa-siswi yang belum memahami materi pembelajaran, kini dapat terbantu oleh siswa yang menjadi tutor dalam kelompoknya. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan hasil belajar siswa. Adanya kenaikan prosentase dalam pencapaian nilai yang masuk pada Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Naik menjadi 77%. Hal itu menunjukkan metode tutor sebaya mampu di aktualisasikan pada kondisi pamdemik Covid-19 ini. (pr2/zal)

Guru SDN 12 Mulyoharjo, Pemalang

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya