alexametrics

Tantangan Guru PAI di Era Pandemi Covid-19

Oleh : Wildhan Mustofa Setiawan, S.Ag

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, SEJAK munculnnya wabah Covid-19 pada awal tahun 2020 lalu dunia pendidikan terasa mendapat tantangan sangat berat karena pemerintah memutuskan untuk meniadakan pertemuan tatap muka mulai dari PAUD hingga Perguruan Tinggi. Kegiatan pembelajaran harus ditata ulang dan disesuaikan agar dapat beradaptasi dengan ketentuan protokol kesehatan yang melarang masyarakat untuk berkerumun di satu tempat yang ramai.

Peniadaan pembelajaran tatap muka menelurkan kebijakan baru yang terasa masih sangat asing dalam pikiran dan bayangan sebagian besar masyarakat Indonesia terutama para pelaku dunia pendidikan yaitu pembelajaran jarak jauh. Perubahan sistem belajar ini benar benar membuat shok yang mau tidak mau harus dimulai meski tanpa adanya kesiapan yang terukur.

Guru sebagai pelaku pendidikan yang paling utama tentu merasakannya sebagai ujian yang sangat berat, guru diuji dedikasinya, kesabarannya terutama diuji kemampuannya dalam berkreasi dan berinovasi agar tetap dapat mengajar dalam kondisi yang tidak menentu sebagai dampak dari pendemi Covid-19.

Baca juga:  Model Improve Mempermudah Siswa Mengeksplor Matematika

Tugas yang lebih berat tentu diemban oleh para guru PAI karena mendidik bagi guru PAI adalah menanamkan keimanan, membiasakan ibadah, menjadikan anak didik taat dalam beragama serta berkarakter mulia. Kesemuanya akan sulit tercapai jika hanya diberikan teori semata. Lebih dari hal itu bahasa keteladananlah yang selama ini menjadi kunci keberhasilan para guru PAI. Namun jika proses pembelajarannya secara daring tentu ini tantangan yang tetap harus dijawab oleh para guru PAI. Seperti di SMPN 2 Salatiga.

Tantangan pertama yang harus dijawab oleh guru PAI dalam pembelajaran daring adalah penguasaan teknologi pembelajaran daring yang tepat. Tidak cukup dengan menguasai cara menggunakan zoom atau google meet namun juga harus dicermati urgensi materi pembelajarannya apakah memang zoom dan google meet yang paling efektif.

Baca juga:  Menghidupkan Cerita Fantasi Siswa dengan Pokar

Tantangan kedua yang juga harus dijawab oleh guru PAI adalah mendesain pembelajaran yang dapat menarik perhatian peserta didik meskipun secara daring. Salah satunya adalah pembelajaran melalui youtube dengan catatan video pembelajaran dibuat sendiri oleh guru PAI yang bersangkutan. Peserta didik tentu lebih respect dan tertarik untuk menyimak materinya dibandingkan apabila hasil browsing dari karya orang lain.

Tantangan ketiga adalah menyiapkan evaluasi pembelajaran yang tidak membosankan meskipun secara daring. Guru harus mampu membuat soal-soal evaluasi melalui google form, memberikan tugas dalam bentuk kuis yang dapat dibuat melalui quiziz. Cara ini memunculkan keasyikan para peserta didik saat mengerjakan soal-soal daring. Bisa juga dengan cara memberikan soal ulangan berupa TTS online. Apabila guru PAI mampu menguasai berbagai jenis aplikasi ini maka pembelajaran dipastikan menarik dan dapat mengurangi kebosanan peserta didik.

Baca juga:  Budaya Disiplin Membentuk Karakter Anak Didik

Tantangan keempat yang harus dijawab pula oleh guru PAI adalah tetap memberikan keteladanan dan pembiasaan kepada peserta didik dalam hal kegiatan ibadah terutama ibadah salat, puasa dan ibadah sunnah lainnya seperti membaca Alquran. Cara yang dapat ditempuh adalah memberikan lembar evaluasi ibadah melalui google form. Jika memungkinkan juga dapat membuat grup khotmil qur’an melalui whatshap. Diharapkan agar peserta didik tetap dapat terkontrol aktifitas ibadahnya dirumah.

Keempat tantangan tersebut jika mampu dijawab dengan baik oleh para guru PAI tentu menjadi ikhtiyar terbaik dalam upaya menjaga motifasi belajar agama peserta didik agar tetap dapat terjaga keimananya dan terjaga akhlaqnya selama era belajar dari rumah. Sedangkan kunci utamanya adalah ketulusan doa para guru PAI disetiap kesempatan agar peserta didik menjadi ahlil ‘ilmi wa ahlil khoir. (dd2/zal)

Guru SMPN 2 Salatiga

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya