alexametrics

Metode Speak Up Reporter dalam Pembelajaran New Item

Oleh : Triningsih, S.Pd

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Dunia pendidikan mengalami perubahan yang cukup signifikan. Kemajuan pendidikan banyak dipengaruhi beberapa faktor antara lain kemajuan iptek, sarana dan prasarana. Dengan perkembangan teknologi yang cukup canggih, pembelajaran bisa didapatkan dari berbagai sumber bukan hanya dari buku.

Namun bisa didapatkan dari berbagai media contohnya bisa secara online/internet dan masih banyak metode- metode yang menarik untuk menunjang pembelajaran.

Bahasa Inggris merupakan bahasa nasional bahkan internasional, sehingga minimal menguasai kata kerja dan vocabulary yang sering digunakan sehari-hari dalam beraktivitas, dan tentunya dipraktikkan dalam bentuk berbicara.

Pada pembelajaran bahasa Inggris diSMAN 1 Kesesi banyak sekali siswa yang tidak berani berbicara bahasa Inggris dengan alasan takut karena grogi berbicara di depan umum. Rasa cemas pada pembelajaran sistem daring. Sehingga rasa takut, rasa cemas dalam berbicara semakin tinggi.

Berdasarkan penelitian Heuetts (2011) pada 300 mahasiswa di Korea Selatan mengenai visual imagery dan kecemasan berbicara di depan umum menunjukkan bahwa kecemasan berbicara tinggi memiliki pikiran negatif dan perasaan diawasi yang lebih tinggi. Bahkan kecemasan berbicara didepan umum biasanya membuat banyak kesalahan kata (Alder, 2006 : 388).

Baca juga:  Gaya Belajar yang Menyenangkan, Atasi Kejenuhan Belajar di Masa Pandemi

Pada pembelajaran online di SMAN 1 Kesesi kelas XII pada materi new item siswa diajak untuk belajar praktik speaking atau berbicara dengan metode Speak Up Reporter. Yang bertujuan menghilangkan rasa grogi, cemas, salah ucap dan agar siswa berani berbicara (speaking) di depan banyak orang. Karena berbicara merupakan kemampuan menggunakan bahasa untuk berkomunikasi dengan menggunakan bahasa lisan (Wiyanto, 2005 : 3).

Pada dasarnya new item ada sebuah berita. Yang artinya berita bisa disampaikan secara tertulis di majalah, koran dan juga berita secara langsung atau live di radio dan televisi. Dan di sini untuk mengembangkan keterampilan siswa dalam speaking maka akan digunakan metode Speak Up Reporter pada materi new item.

Baca juga:  Belajar Sistem Pertidaksamaan Dua Variabel Menyenangkan dengan GoeGebra

Guru memberikan materi terlebih dahulu apa itu new item pada quipper school dan grup WA. Setelah siswa memahami materi new item, lalu guru memberikan pengumuman akan diadakan praktik speaking dengan metode Speak Up. Speak Up adalah dengan cara mengajak siswa berbicara secara langsung menggunakan bahasa Inggris.

Dalam pembelajaran materi new item dengan metode Speak Up reporter yaitu siswa diajak berbicara sebagai reporter atau siswa berperan sebagai reporter. Reporter atau siswa sebagai reporter yaitu orang yang memberikan informasi atau berita secara langsung atau berbicara (speaking).

Langkah-langkah metode Speak Up reporter yaitu : pertama, guru memberikan tema tentang berita yang harus disampaikan siswa/reporter kepada pemirsa (contoh tema: Covid-19). Kedua, siswa mengumpulkan data yang berhubungan dengan tema (Covid-19) baik dari internet atau dari sumber lain.

Baca juga:  Aktifitas Fisik di Masa Pandemi Terhadap Olah Raga Pasing Atas dan Bawah pada Pembelajaran Daring

Ketiga, siswa diberi waktu 1 minggu untuk mempelajari data yang dikumpulkan dan dijadikan sebuah laporan berita dengan menggunakan kalimatnya sendiri sehingga dapat dilaporkan sebagai berita. Keempat, siswa melaporkan hasil berita dengan Speak Up Reporter yaitu direkam dan dikirim menggunakan WA grup.

Pembelajaran menggunakan Speak Up dapat meningkatkan minat siswa dalam belajar bahasa Inggris. Khususnya keterampilan berbicara dan pembelajaran menjadi lebih menarik, proses pembelajaran lebih aktif dan interaktif. Sehingga meningkatkan kualitas hasil belajar siswa pada keterampilan berbicara.

Menumbuhkan sikap positif terhadap proses belajar serta mengubah pola pikir siswa berbicara menggunakan bahasa Inggris adalah sesuatu yang sulit dan menakutkan menjadi menggunakan bahasa Inggris adalah hal yang menyenangkan. (bk1/lis)

Guru SMAN 1 Kesesi, Pekalongan

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya