alexametrics

Belajar Sistem Pencernaan dengan CELPIN

Oleh: Khifdhiatul Arofah, S Pd

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, BELAJAR tentang proses kehidupan manusia tidak lepas dari sistem pernafasan,pencernaan maupun peredaran darah. Sebagian besar kompetensi dasar pembelajaran IPA berisi kemampuan menganalisis materi pelajaran termasuk kompetensi dasar 3.5 menganalisis sistem pencernaan pada manusia dan memahami gangguan yang berhubungan dengan sistem pencernaan serta upaya untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan.

Berdasarkan pengamatan penulis yang mengajar IPA di SMP Negeri 1 Limpung kelas 8,kemampuan menganalisis sebagian besar peserta didik di SMP Negeri 1 Limpung masih perlu ditingkatkan.

Hal ini bisa dilihat dari analisis penilaian harian untuk soal-soal analisis(C4) rata -rata hasilnya kurang memuaskan.Menyingkapi hal tersebut penulis sebagai guru IPA di SMP Negeri 1 Limpung berusaha dapat meningkatkan kemampuan menganalisis dengan menggunakan media CELPIN.

Baca juga:  Meningkatkan Pendidikan Karakter di Masa Pandemi melalui PJJ

CELPIN singkatan dari Celemek Pintar. CELPIN merupakan modifikasi media gambar dalam pembelajaran dimana tujuan dari pengunaan metode ini adalah peserta didik dapat termotivasi,bergairah dan dapat meningkatkan aktivitas belajarnya sehingga dapat dengan mudah memahami materi pembelajaran.Celemek ini terbuat dari kertas karton yang bergambar organ pencernaan.

Langkah pembelajaran CELPIN dimulai dari kegiatan pendahuluan dengan cara guru membagi peserta didik menjadi 8 kelompok yang memiliki anggota 4 peserta didik. Setiap kelompok mendapat 1 buku saku, 1 celemek beserta beberapa kartu warna dan 2 lembar LKPD. Langkah kedua yaitu pada waktu kegiatan inti,guru memberikan stimulasi dengan menayangkan video gambar organ pencernaan dan proses yang terjadi pada sistem pencernaan.

Langkah ketiga adalah peserta didik menuliskan rumusan masalah pada kolom yang telah disediakan di LKPD.Langkah keempat,pesrta didik menuliskan hasil pengumpulan informasi dari buku dan penjelasan guru pada kolom LKPD mengenai deskripsi organ dan nama organ sistem pencernaan makanan.

Baca juga:  Belajar Penjasorkes Dinamis dan Interaktif dengan Sway

Langkah kelima, peserta didik menganalisis proses pencernaan pada organ penyusun sistem pencernaan melalui diskusi kelompok menuliskan hasilnya pada tabel dan menempelkan kartu warna pada celemek.

Peserta didik mereviu kembali dan mengecek jawaban menggunakan bahan ajar lainya. Selanjutnya peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya di depan kelas menggunakan celemek yang sudah ditempel kartu warna yang sesuai.kegiatan diskusi diharapkan dapat berjalan dengan aktif.Kegiatan penutup dilakukan dengan memberi pertanyaan berupa kuis menggunakan CELPIN.

Penerapan metode CELPIN dapat meningkatkan kemampuan analisis peserta didik.Peserta didik dapat lebih termotivasi,bersemangat dan lebih memahami materi pembelajaran.Dengan menggunakan metode CELPIN pada sistem pencernaan,nama organ dan fungsi yang berbeda akan memilki warna yang berbeda.

Baca juga:  Pembelajaran Lingkaran dengan Alat Peraga Styrofoam Menarik bagi Peserta Didik

Pemanfaatan metode CELPIN akan meningkatkan hasil belajar siswa karena siswa akan mengikuti pembelajaran dengan perasaan bahagia dan tidak merasa terpaksa.Pemanfaatan CELPIN menjadikan pembelajaran lebih bermakna,lebih efektif dan efisien karena peserta didik mudah menerima materi pembelajaran. (ra2/zal)

Guru SMPN 1 Limpung

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya