alexametrics

Belajar Pengukuran Makin Asyik dengan Quizizz

Oleh: Emi Erikawati, S.Pd

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, DI tengah pandemi Covid 19, proses pembelajaran dan penilaian tetap bisa dilaksankan dengan efekftif dan efisien. Masa Pandemi yang berkepanjangan mengakibatkan peserta didik mengalami rasa kejenuhan. Apabila guru tidak membaca situasi dan mengimbangi kondisi tersebut maka proses pembelajaran masa pandemi ini tidak berjalan maksimal.

Pemanfaatan media pembelajaran Quizizz di SMP Negeri 1 Limpung, merupakan salah satu upaya mengatasi keluhan para orangtua tentang kebiasaan anak yang tidak pernah lepas dari smartphone dan selalu sibuk mengakses berbagai media sosial sampai lupa waktu belajar, serta keluhan peserta didik yang mengalami kejenuhan.

Dengan melihat fenomena ini maka alangkah baiknya guru mengambil sikap untuk menggunakan smartphone dalam kegiatan pembelajaran, memanfaatkan salah satu aplikasi digital sebagai aplikasi penilaian dan memilih quizizz sebagai alat evaluasi belajarnya.

Mengingat ada banyak aplikasi yang bisa dipilih oleh masing-masing guru. Salah satunya yang bagus untuk dimanfaatkan adalah aplikasi Quizizz. Quizizz dapat memberikan kelebihan-kelebihan tersendiri baik bagi siswa maupun bagi guru. Quizizz dapat melaksanakan evaluasi pembelajaran setiap hari dari rumah.

Baca juga:  Penerapan Prinsip Ekonomi dalam Pasar Online Tingkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa

Bisa juga dimanfaatkan untuk media pelaksanaan Penilaian Pengetahuan (PH) dari rumah. Quizizz ini sangat menarik tampilannya dan memicu semangat peserta didik dalam mengikuti kegiatan penilaian. Penilaian masa pandemi pun tetap bisa dilaksanakan dari jarak jauh.

Quizizz merupakan sebuah web tool untuk membuat permainan kuis interaktif yang digunakan dalam pembelajaran di kelas. Kuis interaktif yang dibuat memiliki hingga 4 pilihan jawaban termasuk jawaban yang benar dan dapat ditambahkan gambar ke latar belakang pertanyaan.

Dalam quizizz, peran guru selain memberikan tugas ke peserta didik, juga sebagai admin, melalui smartphone ataupun laptop, guru dapat memantau jumlah peserta didik yang sudah login dan dapat mengetahui secara langsung hasil dari tugas peserta didik tersebut.

Begitu juga dengan peserta didik, pada saat peserta didik mulai mengerjakan soal dari guru, apabila dalam menjawab soal ada yang salah, peserta didik dapat langsung mengetahuinya. Setelah semua peserta didik selesai mengerjakan tugas, guru dapat langsung memberikan pengayaan/remidi.

Baca juga:  Pembelajaran Lingkaran dengan Model Cooperative Script

Quizizz dapat memberikan data dan statistik tentang hasil kinerja siswa secara langsung. Quizizz tidak hanya dapat dikerjakan saat pembelajaran di kelas saja, tetapi juga dapat dibuat soal untuk pekerjaan rumah (PR), sehingga dapat dimainkan kapan saja dan dimana saja oleh siswa asalkan tidak melebihi batas waktu yang sudah ditentukan.

Penilain pengetahuan materi Pengukuran di kelas VII melalui quizizz ini, siswa akan merasa ditantang, karena ada skor yang diperoleh dengan menjawab secara cepat dan tepat, kecepatan akan ada skor sendiri. Selain itu akan ada persaingan, karena quizizz langsung membuat ranking yang bersifat live antar peserta quizizz. Menyenangkan karena akan ada suasana musik untuk menyemangati, dan juga meme yang lucu serta menyemangati.

Kelebihan dari quizizz bagi siswa adalah siswa tidak dapat mencontek sesama temannya, karena soal yang diberikan kepada siswa satu dengan yang lainnya telah diacak. Soal bisa dibuat dengan ketentuan waktu tertentu yang membuat siswa tidak punya kesempatan untuk bertanya dengan orang sekitar atau melihat buku catatan miliknya.

Baca juga:  Asyiknya Belajar Sistem Koloid dengan Bermain Crossword Puzzle

Setelah mengerjakan kuis, siswa dapat mengetahui rangking yang dia dapat dari keseluruhan siswa yang mengerjakan soal tersebut. tidak hanya itu, siswa juga mengetahui soal dan jawaban yang betul dari soal yang telah dikerjakannya.

Keuntungan quizizz bagi guru adalah akan ada grading otomatis, kemudian quiziz membuat analisis butir soal, yang semuanya dapat diunduh berupa file excel. Laporan cukup detail, setiap siswa akan dilaporkan jawaban benar-salahnya, serta prosentase pencapaian quiz untuk seluruh siswa. Selain itu sebenarnya, hasil quiz setiap siswa dapat diemail ke orang tua siswa.

Melalui Quizizz ini, penulis menyimpulkan bahwa peserta didik merasa lebih tertarik mengikuti penilaian pengetahan Pengukuran secara interaktif. Peserta didik menjadi tertantang mengikuti tahap-tahap munculnya soal, melatih kemandirian dan tidak membosankan. (ra1/zal)

Guru SMPN 1 Limpung, Kabupaten Batang.

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya