alexametrics

Senangnya Belajar PPKn Menggunakan Flanelgraf

Oleh : Dasniti, S.Pd.SD

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Pembelajaran PPKn di SD mempunyai kedudukan yang penting dalam upaya mempersiapkan peserta didik menjadi warga negara yang memiliki komitmen kuat dan konsisten mempertahankan negara kesatuan Republik Indonesia.

Oleh karena itu, pembelajaran PPKn diarahkan untuk membentuk warga negara yang memahami dan mampu melaksanakan hak-hak dan kewajibannya untuk menjadi warga negara yang baik, cerdas, terampil dan berkarakter yang diamanatkan oleh Pancasila dan UUD 1945.

Berdasarkan pengamatan dan pengalaman selama ini, pembelajaran PPKn belum berhasil sepenuhnya. Siswa kurang aktif dalam kegiatan pembelajaran. Siswa cenderung tidak begitu tertarik dengan pelajaran PPKn karena PPKn dianggap sebagai pelajaran yang hanya mementingkan hafalan semata. Kurang menekankan aspek penalaran sehingga menyebabkan rendahnya minat belajar siswa.

Baca juga:  Asyiknya Bermain Peran dalam Pembelajaran Sandiwara Tradisional Jawa

Berdasarkan permasalahan tersebut, perlu penggunaan media pembelajaran guna menciptakan pembelajaran yang inovatif agar pembelajaran tidak monoton. Sehingga siswa akan aktif dalam pembelajaran. Oleh karena itu, pada pembelajaran PPKn kelas 6 di SD Negeri Selokarto 01 materi hak dan kewajiban siswa di rumah, di sekolah dan di masyarakat, penulis menggunakan media flanelgraf.

Flanelgraf (papan flanel) adalah media pembelajaran yang berupa guntingan-guntingan gambar atau tulisan yag pada bagian belakangnya dilapisi ampelas. Guntingan gambar tersebut ditempelkan pada papan yang lapisi flanel yang berbulu sehingga melekat.

Papan berlapis kain flanel ini dapat dilipat sehingga praktis. Gambar yang akan disajikan dapat dipasang dan dicopot dengan mudah sehingga dapat dipakai berkali-kali. Mulyani Sumatri dan Johar Permana mengemukakan papan flanel adalah media pelajaran dengan papan sebagai bahan baku utamanya yang dapat dirancang secara memanjang maupun secara melebar.

Baca juga:  Siap ANBK dengan Quizziz Meningkatkan Efektivitas dan Keaktifan Siswa dalam PJJ

Kemudian papan flanel adalah papan yang dilapisi kain flanel untuk melakukan sesuatu di atasnya. Misalnya dalam kegiatan membaca permulaan, papan flanel dipakai untuk menempelkan huruf, kata, kalimat sederhana yang sudah dilapisi potongan kertas amplas sehingga dapat memudahkan proses pembelajaran.

Pembuatan media flanelgraf mudah dilakukan. Langkah yang pertama guru menyiapkan papan triplek yang dilapisi dengan kain flanel yang ukurannya 50 cm x 75 cm. Siapkan gambar atau tulisan yang ditempelkan di kertas yang pada bagian belakangnya dilapisi ampelas. Kemudian siapkan papan flanel dan gantungan papan flanel tersebut di depan kelas atau pada bagian yang mudah dilihat oleh siswa.

Dengan media pembelajaran flanelgraf meningkatkan keaktifan siswa khususnya dalam hal membuat potongan-potongan kertas dan menempelkannya pada papan flanel. Sehingga mengembangkan motivasi siswa dan berorientasi pada proses pembelajaran yang menyenangkan.

Baca juga:  Menanamkan Pendidikan Karakter Siswa melalui Perkenalan Diri Berbahasa Jawa Krama Alus

Hal ini terlihat pada ketuntasan hasil belajar siswa yang mencapai 95 persen. Dengan demikian melibatkan siswa aktif dalam kegiatan pembelajaran, mendorong siswa semangat mengikuti pembelajaran sehingga tujuan pembelajaran tercapai. (rs2/lis)

Guru SD Negeri Selokarto 01

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya