alexametrics

Penerapan Model Pembelajaran Make a Match Membuat Belajar Siswa Menjadi Efektif

Oleh : Tutur Kustianah, S.Pd.SD

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Kegiatan pembelajaran yang menarik dan menyenangkan membuat siswa lebih semangat belajar yang tinggi. Dengan semangat belajar yang tinggi akan meningkatkan kualitas pembelajaran yang efektif yang tentunya akan menjadikan tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan maksimal sesuai yang diharapkan.

Untuk mendapatkan suasana kelas yang hidup dan menarik seorang guru harus menggunakan berbagai cara. Baik itu dengan media, alat peraga ataupun metode pembelajaran yang disukai siswa. Suasana pembelajaran yang menarik tentunya menjadikan semangat belajar siswa menjadi lebih tinggi dan tentunya hasil belajarpun akan meningkat.

Model pembelajaran make a match guru menyiapkan kartu berisi persoalan, permasalahan dan berisi jawabannya. Siswa mencari pasangan yang cocok, sehingga mereka terlibat langsung dalam proses belajar mengajar.

Frank Lyman dalam Rusman (2011) menyatakan bahwa make a match adalah model pembelajaran yang memberikan kesempatan untuk berpikir secara mandiri, mencari pasangan yang sesuai. Kemudian diskusi dengan pasangan lainnya di dalam menemukan konsep yang sama.

Baca juga:  Strategi Language Learning pada Kelas Rendah di Sekolah Dasar

Mata pelajaran IPS, kurang diminati siswa. Karena materi ini harus menuntut siswa untuk menghafal. Selama ini pelajaran IPS tidak melibatkan siswa secara aktif sehingga siswa merasa cepat bosan.

Untuk membuat pembelajaran menjadi efektif, guru harus menggunakan metode yang sesuai dengan materi yang akan diajarkan. Agar pembelajaran menarik dan kelas menjadi hidup yaitu dengan menggunakan model pembelajaran make a match.

Model pembelajaran make a match merupakan metode untuk membuat pasangan jawaban menjadi cocok sembari melakukan aktivitas menggali ilmu tentang sebuah teori dalam sebuah mata pelajaran yang ada di sekolah. Manfaat model pembelajaran make a match adalah bisa mengembangkan siswa untuk terus aktif dalam pembelajaran. Ini bisa menjadi solusi pemerataan pemahaman setiap materi, disamping itu siswa juga bisa belajar kerja sama dan rasa tanggung jawab.

Pada Sekolah Dasar Negeri Gumawang 01, penerapan model pembelajaran ini oleh guru kelas IV saat pelajaran IPS. Metode pembelajaran make a match siswa diharuskan untuk berlomba memadukan kartu yang telah diterima dengan waktu yang telah ditentukan.

Baca juga:  Bimbingan Belajar Tingkatkan Prestasi Siswa pada Pembelajaran Daring

Langkah yang dilakukan yaitu dimulai dengan guru merancang sebuah teori yang sesuai dengan siswa untuk diulas. Guru membuat dua kategori kartu yang terdiri dari soal dan jawaban yang ada gambarnya. Siswa akan menerima sebuah kartu dan mencari solusi jawabannya.

Seluruh siswa akan melacak kembaran dari kartu yang sesuai. Siswa yang bisa menemukan kartu yang sesuai akan mendapatkan skor atau nilai. Bila siswa tidak bisa menemukan kartu yang sesuai akan memperoleh sanksi yang telah diputuskan. Bila suatu sesi telah berakhir maka kartu akan diundi kembali.

Model pembelajaran make a match memiliki kelebihan dan kekurangan. Kelebihan dari pembelajaran ini yaitu siswa mencari pasangan jawaban sambil belajar mengenai suatu konsep atau topik dalam suasana yang menyenangkan.

Baca juga:  Tingkatkan Aktivitas Belajar Matematika dengan Media Animasi

Suasana kegembiraan akan tumbuh dalam proses pembelajaran, kerja sama siswa akan terwujud dengan dinamais sehingga muncul dinamika gotong-royong seluruh siswa yang merata.

Sedangkan kekurangannya, memerlukan bimbingan dari guru untuk melakukan kegiatan. Waktu yang tersedia perlu dibatasi jangan sampai siswa terlalu banyak bermain-main dalam proses pembelajaran. Guru perlu persiapan bahan dan alat yang memadai dan akan tercipta kegaduhan dan keramaian yang tidak terkendali.

Dengan melihat kelebihan dan kekurangan model pembelajaran make a match, model pembelajaran ini sangat membantu guru dalam meningkatkan semangat belajar siswa. Dengan semangat belajar yang tinggi tentunya juga dapat meningkatkan prestasi belajar siswa.

Model pembelajaran ini terbukti meningkatkan prestasi belajar siswa SDN Gumawang 01. Selain itu juga menjadikan suasana kelas yang aktif dan menarik sehingga siswa dapat belajar dengan semangat dan menyenangkan. (rs2/lis)

Guru SDN Gumawang 01

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya