alexametrics

Meningkatkan Motivasi Belajar Ekonomi dengan Media CD Interaktif

Oleh : Esti Rofiatul Islamiyah, S.Pd

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran. Agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara (Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 1).

Pendidikan memiliki peran penting dalam pengembangan dan peningkatan kualitas sumber daya manusia. Peningkatan kualitas sumber daya manusia tersebut dapat dicapai melalui suatu proses pembelajaran yang berlangsung secara terus-menerus dan saling berkaitan.

Belajar adalah proses mental yang terjadi dalam diri seseorang, sehingga menyebabkan munculnya perubahan tingkah laku (Wina Sanjaya, 2010: 112). Sejalan dengan pendapat tersebut, Sugihartono, dkk (2007: 74) menjelaskan belajar merupakan suatu proses perubahan tingkah laku sebagai hasil interaksi individu dengan lingkungannya dalam memenuhi kebutuhan hidupnya.

Pembelajaran merupakan suatu proses yang kompleks dan melibatkan berbagai aspek yang saling berkaitan. Oleh karena itu, guru sebagai pendidik harus mampu mensinergikan aspek-aspek tersebut agar tercipta kondisi pembelajaran yang kreatif dan menyenangkan. Salah satunya yaitu dengan penggunaan media alternatif pembelajaran.

Baca juga:  Tingkatkan Motivasi Belajar PAI melalui Metode QSH

Ekonomi merupakan salah satu ilmu sosial yang mempelajari berbagai aktivitas manusia yang berhubungan erat dengan produksi, distribusi, pertukaran, dan konsumsi barang dan jasa. Cakupan ekonomi terbagi dalam mikro ekonomi dan makro ekonomi.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 45 juga menyebutkan setiap satuan pendidikan formal dan nonformal menyediakan sarana dan prasarana yang memenuhi keperluan pendidikan yang sesuai pertumbuhan dan perkembangan potensi fisik, kecerdasan intelektual, sosial, emosional, dan kejiwaan pada peserta didik.

Keberadaan komputer sebagai salah satu sarana dalam pendidikan sebagai hasil dari pesatnya kemajuan teknologi telah meluas sampai tingkat sekolah dasar. Namun, pada kenyataannya belum banyak digunakan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa.

Baca juga:  Pendidikan Karakter Ekstra Pramuka pada Pembelajaran PPKn

Kondisi pembelajaran dewasa ini menuntut guru untuk aktif dan kreatif dalam mencari dan memilih strategi pembelajaran yang tepat untuk mencapai tujuan pembelajaran.

Dalam pembelajaran ekonomi di SMA Negeri 1 Muntilan kelas X IPS, salah satu media yang sudah dikembangkan adalah CD interaktif. Media ini memanfaatkan kemajuan komputer.

Komputer sebagai salah satu produk teknologi mampu menampilkan berbagai komponen media seperti video, gambar, teks animasi dan suara sehingga dapat merangsang lebih banyak indra. Hasil akhir dari produk ini adalah berbentuk CD. Media yang sudah dihasilkan dengan komputer dimasukkan ke dalam kepingan CD.

SMA Negeri 1 Muntilan memiliki beberapa fasilitas pembelajaran yang dapat mendukung proses pembelajaran, seperti LCD, OHP dan laboratorium komputer. Penggunaan CD interaktif pembelajaran membantu guru dalam menyampaikan pesan atau informasi kepada siswa. Dengan menggunakan media ini maka akan mempertajam informasi yang disampaikan oleh guru.

Baca juga:  Membuat Jurnal Umum Akuntansi melalui Aplikasi

Selain itu, materi ditampilkan dalam berbagai kombinasi media seperti gambar, musik dan video yang lebih menarik perhatian siswa. Sehingga diharapkan motivasi belajar siswa meningkat dan akan terjalin komunikasi multi arah dalam proses pembelajaran.

Dalam pembelajaran ekonomi di SMA Negeri 1 Muntilan, motivasi belajar siswa tergolong rendah. Digambarkan dengan rendahnya aktivitas siswa di dalam kelas. Siswa kurang merespons apa yang disampaikan guru. Maka dengan media CD interaktif siswa dapat termotivasi dalam belajar ekonomi.

Dengan demikian media CD interaktif dapat meningkatkan motivasi belajar ekonomi kelas X IPS di SMA Negeri 1 Muntilan dibuktikan dengan naiknya rata-rata motivasi belajar siswa.

Keberhasilan dalam pembelajaran ekonomi ini dapat dilihat dengan hasil meningkatnya rata-rata nilai yang dicapai peserta didik, setelah pembelajaran ekonomi menggunakan media CD interaktif dibandingkan sebelum menggunakan media CD interaktif. (*/lis)

Guru Ekonomi SMAN 1 Muntilan, Kabupaten Magelang

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya