alexametrics

Penerapan PHBS dapat Meningkatkan Kesehatan Warga Sekolah

Oleh : Inayati,S.Pd.SD

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Lingkungan sekolah sebagai tempat belajar siswa bisa kurang nyaman karena kurangnya kesadaran warga sekolah akan kebersihan sekolah. Adanya sampah – sampah berserakan dimana – mana yang memberikan kesan sekolah kumuh dan jorok.

Aktivitas warga sekolah sangat terganggu dengan adanya aroma sampah yang sudah menggunung beberapa minggu. Hal ini membuat kepala sekolah segera bertindak untuk mengatasi lingkungan di SDN Sembungharjo 02 supaya bersih dan sehat.

PHBS adalah cara yang tepat yang dapat mengatasi masalah lingkungan di SDN Sembungharjo 02. PHBS merupakan singkatan dari Perilaku Hidup Bersih dan Sehat yaitu sekumpulan perilaku yang dipraktikkan atas dasar kesadaran sebagai upaya agar dirinya sehat dan aktif membantu kesehatan lingkungan di sekitarnya.

PHBS pada usia dini sangat baik untuk mendidik dan menanamkan kesadaran akan pentingnya kebersihan sebagai upaya menjaga kesehatan diri dan lingkungan. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman tentang PHBS kepada warga sekolah SDN Sembungharjo 02 Kecamatan Genuk Kota Semarang, sehingga warga sekolah dapat mempraktikkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Baca juga:  Bangun Wawasan Lingkugan Siswa dengan Program Sekolah Hijau

Penerapan PHBS di sekolah menurut Sya’roni. RS (2007), antara lain : 1) Menanamkan nilai-nilai untuk ber-PHBS kepada siswa sesuai dengan kurikulum yang berlaku (kurikuler). 2) Menanamkan nilai-niali untuk ber-PHBS kepada siswa yang dilakukan di luar jam Kerja bakti dan lomba kebersihan kelas,pelajaran biasa (ekstrakurikuler) Aktivitas kader kesehatan sekolah/dokter cilik. Pemeriksaan kualitas air secara sederhana. Pemeliharaan jamban sekolah. Pemeriksaan jentik nyamuk di sekolah.

Pemeriksaan rutin kebersihan : kuku, rambut, telinga, gigi. Pembudayaan olahraga yang teratur dan terukur. Demo/gerakan cuci tangan dan gosok gigi yang baik dan benar. 3) Membimbing hidup bersih dan sehat melalui konseling kegiatan penyuluhan dan latihan keterampilan dengan melibatkan peran aktif siswa, guru, orang tua, antara lain melalui penyuluhan kelompok, pemutaran kaset radio atau film, penempatan media poster, penyebaran leaflet dan membuat majalah dinding, melakukan pemantauan dan evaluasi secara periodik tentang kebijakan yang telah dilaksanakan. 4) Pemantauan dan evaluasi. Minta pendapat pokja PHBS di sekolah dan lakukan kajian terhadap masalah yang ditemukan. Putuskan apakah perlu penyesuaian terhadap kebijakan.

Baca juga:  PJJ di Masa Pandemi COVID-19 Butuh Motivasi dan Variasi

Beberapa indikator yang dipakai sebagai ukuran untuk menilai PHBS di sekolah yaitu: a) Mencuci tangan dengan air yang mengalir dan menggunakan sabun. b) Mengkonsumsi jajanan sehat di kantin sekolah. c) Menggunakan jamban yang bersih dan sehat. d) Olahraga yang teratur dan terukur. e) Menimbang berat badan dan mengukur tinggi badan setiap 6 bulan sekali. f) Memelihara kebersihan badan yaitu kuku, rambut dan gigi. g) Membuang sampah pada tempatnya. h) Menjaga kebersihan pakaian. i) Memberlakukan petugas piket membersihkan kelas.

Hal ini tidak hanya dilakukan oleh siswa saja, tapi semua warga sekolah harus mempunyai kesadaran untuk melaksanakan PHBS. Sekolah akan memberikan sangsi bagi warga sekolah yang melanggar aturan PHBS. Sanksi yang diberikan yang dapat mendidik warga sekolah untuk mempunyai kesadaran PHBS.

Baca juga:  Trik Tingkatkan Motivasi Kinerja Guru

Di antaranya guru menyapu ruang guru dan ruang kepala sekolah, siswa mengambil sampah di halaman sekolah dan menyapu ruang kelasnya, penjaga kantin sekolah tidak boleh jualan selama dua hari, penjaga sekolah harus mencangkul kebun sekolah.

Kegiatan PHBS di SDN Sembungharjo 02 dapat meningkatkan kesadaran warga sekolah untuk berprilaku bersih dan sehat sehingga lingkungan sekolah bersih, asri dan sehat. Kesehatan warga sekolah semakin meningkat sehingga warga sekolah tidak akan mudah sakit. (ips2/ton)

Kepala Sekolah SDN Sembungharjo 02 Kec. Genuk, Kota Semarang

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya