alexametrics

Solusi Pembelajaran Kelas 1 Kolaborasi PJJ dan Home visit di Masa Pandemi

Oleh : Lince Astuti, S.Pd

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Pada masa pandemi ini, PJJ merupakan alternatif yang dianggap lebih aman dari segi kesehatan. Namun kurang efektif dalam segi pedidikan, terutama PJJ di kelas 1.

Masa peralihan dari TK ke SD belum bisa berubah seratus persen. Anak-anak ini masih sangat perlu bimbingan yang mendekat ke arah pendampingan secara langsung (tatap muka).

Di awal-awal pembelajaran harus diulang-ulang lagi pengenalan huruf dan angka, cara memegang pensil, membuat garis-garis pokok dalam pembentukan huruf dan angka juga perlu latihan dan bimbingan secara langsung. Dan ini sangat tidak efektif jika dilakukan secara PJJ.

Selain waktu yang singkat karena jika durasinya lama anak akan merasa bosan. Sehingga materi yang diajarkan tidak maksimal terpenuhi. Dalam rangka menyeimbangkan kegiatan pembelajaran di sela-sela PJJ juga diadakan home visit ke beberapa siswa yang perlu penanganan secara khusus.

Menurut Tarigan dkk (2007 : 5,5) pembelajaran membaca menulis permulaan (MMP) merupakan pembelajaran yang utama bagi siswa kelas 1 SD. Untuk pertama kalinya para murid baru diperkenalkan dengan lambang-lambang tulisan yang biasa digunakan untuk berkomunikasi.

Baca juga:  Asyiknya Belajar Gerhana Bulan dan Matahari melalui Metode Demonstrasi

Selain MMP berhitungpun sangatlah penting dalam pendampingan secara langsung. Dengan proses PJJ terkadang banyak kendala yang ditemui saat kegiatan berlangsung karena beberapa faktor.

Sebagian besar orang tua mengeluh PJJ. Mereka menginginkan sekolah segera melaksanakan pembelajaran tatap muka. Beragam alasan mereka sampaikan. Antara lain, PJJ kurang efektif, anak kurang nyaman belajar dirumah, kendala, kendala kebutuhan kuota, HP yang kurang mendukung.

Juga orang tua tidak punya waktu banyak menemani anak belajar di rumah, orang tua tidak bisa mengajari tugas dari guru, anak tergoda main game.

Hampir semua HP adalah milik orang tua. Terkhusus kelas 1. Mungkin jika dalam satu rumah ayah ibu semua memilikinya bisa digunakan salah satunya. Namun jika hanya satu yang terkadang dibawa ayah bekerja pembelajaran tidak bisa mengikutinya.

Baca juga:  Reward dapat Meningkatkan Semangat Belajar Matematika pada Materi Bangun Ruang

Pilihan yang lain anak mencari teman terdekat untuk bergabung dengan yang lain. Selain faktor kesediaan alat juga secara finansial kadang tidak mencukupi. Banyak orang tua yang mengeluh pengeluaran bertambah dengan adanya pembelajaran secara daring.

Untuk mengatasi problematika yang terjadi selain PJJ anak-anak yang tidak maksimal dalam menerima pembelajaran secara daring, guru melakukan home visit dengan tetap menjaga aturan-aturan prokes yang dianjurkan dari pemerintah.

Kegiatan semacam ini direspons orang tua dengan terbuka, mungkin bagi orang tua mengurangi tugasnya mendampingi putra dan putrinya dalam belajar.

Sekolah juga membagikan buku siswa paket sebagai tambahan sumber belajar serta lembar kerja siswa/orang tua. Pengambilannya sesuai jadwal yang ditentukan sekolah, tetap dengan memberlakukan protokol kesehatan.

Kolaborasi PJJ dan home visit yang dilakukan agar di satu sisi kegiatan sekolah tidak mengabaikan protokol kesehatan dan pada sisi yang lain para guru tetap bisa mengontrol perkembangan pencapaian materi yang diberikan.

Baca juga:  Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Atasi Degradasi Moral

Tidak dapat dipungkiri, kecanggiham teknologi acap kali membuat siswa lupa dengan tugas dan kewajiban utamanya. Inilah yang yang perlu diwaspadai bersama, sebagai pendidik dan orang tua kita tidak boleh bosan mengingatkan anak-anak untuk selalu belajar dan belajar.

Dengan kedatangan guru ke rumah mengadakan home visit, orang tua menjadi sadar bahwa kesuksesan anak tidak hanya peran dari sekolah, namun orang tua juga sangat dominan.

Pembelajaran tatap muka masih jadi impian sebagian besar anak didik dan orang tua. Semoga pandemi segera cepat berakhir dan semua kegiatan pembelajaran berjalan normal kembali, bumi kita segera membaik. (rs2/lis)

Guru Kelas SD Negeri Selokarto 02

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya