alexametrics

Mengenal Lebih Dekat Keberagaman Budaya Bangsa dengan Pembelajaran Video

Oleh : Mahmudah, S.Pd.SD

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Media pembelajaran adalah sarana ataupun instrumen yang mendorong efektivitas dan efesiensi kegiatan pembelajaran. Oleh karena, penggunaan media pembelajaran yang adaptif dan berkualitas adalah salah satu cara untuk mewujudkan suasana belajar yang menyenangkan dan meningkatkan hasil belajar (Batubara & Ariani, 2019:39). Pemilihan dan penggunaan media pembelajaran yang sesuai dapat mendukung pemaparan materi.

Pembelajaran pada Tema 1 Subtema 1 Keberagaman Budaya Bangsaku, peserta didik belajar keanekaragaman budaya Indonesia. Materi ini sangat menarik karena peserta didik bisa mengenal betapa beragam dan kayanya budaya bangsa Indonesia. Seperti ragam suku, pakaian adat, rumah adat, dan lain-lain. Dalam proses pembelajaran, peserta didik akan lebih bersemangat dengan menggunakan media yang tepat.

Baca juga:  Belajar Kerajaan Kuno dengan Model TGT

Dalam hal ini penulis sebagai guru di SDN Mlekang 3 menggunakan media pembelajaran berupa video sebagai media penunjang pembelajaran Subtema 1 Keberagaman Budaya Bangsaku. Video pembelajaran merupakan salah satu media yang dapat digunakan untuk menjelaskan materi secara rinci. Video adalah sebuah teknologi perakaman, penyimpanan, dan pengolahan gambar diam sehingga ia tampak seperti gambar bergerak (Munir, 2013:289).

Ronald Anderson (dalam Waryanto, 2007) mengemukakan kelebihan menggunakan media video sebagai sarana pembelajaran. Yaitu menyajikan gambar dan suara, dapat menyajikan materi secara fisisk tidak dapat bicara dalam kelas, dapat di percepat maupun diperlambat, dapat digunakan berulang-ulang. Dapat digunakan perorangan maupun kelompok, dapat digunakan seketika, dapat menyajikan objek secara detail. Serta tidak memerlukan ruangan gelap.

Baca juga:  Optimalkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia dengan PBL

Isi dari media video yaitu keragaman suku, pakaian adat, tarian adat, lagu daerah, dan lain-lain yang kemas secara singkat juga terdapat salah satu lagu dan tarian daerah yaitu “Bungoung Jeumpa” yang masuk ke dalam materi tema 1 kelas 4.

Dengan demikian peserta didik dapat belajar dengan senang dan gembira. Mereka tahu tentang budaya di Indonesia tidak hanya melalui gambar yang terdapat pada buku pegangan saja, tetapi bisa lebih mengenal secara jelas bagaimana budaya yang sangat beragam di Indonesia ini. Dari materi tersebut selain peserta didik mengerti budaya bangsa yang beraneka ragam. Mereka juga mengerti rasa toleransi dalam hal keberagaman, dan makna dari Bhinneka Tunggal Ika.

Baca juga:  Mudah Pahami Materi Mengenal Negara-Negara ASEAN dengan TTS

Hasil yang diperoleh dari penggunaan media video pembelajaran keberagaman budaya bangsa, yaitu peserta didik lebih mengenal budaya yang ada di tanah air secara langsung melalui video. Timbul rasa toleransi terhadap keberagaman, dapat mempraktikkan lagu dan tarian daerah salah satunya Bungoung Jeumpa. Pembelajaran lebih menyenangkan dikarenakan terdapat suara, musik, dan gambar bergerak pada video. Pembelajaran yang menyenangkan juga dapat meningkatkan pemahaman materi yang diberikan dan minat peserta didik. (fkp2/lis)

Guru SDN Mlekang 3, Kabupaten Demak

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya