alexametrics

Sarapan Pagi Asmaul Husna, Membentuk Karakter Religius Siswa

Oleh : Sholikhah

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Asmaul husna adalah nama-nama Allah yang baik, yang pasti sudah familiar di kalangan umat Islam. Asmaul husna berasal dari bahasa Arab yaitu dari kata ”Al Asma” yang berarti nama-nama dan ”Al Husna” yang berarti indah atau baik. Sehingga asmaul husna memiliki makna nama-nama Allah yang indah dan baik.

Asmaul husna hanya dimiliki Allah swt, karena kebesaran-Nya tidak ada satupun makhluk yang mampu menyamai. Hanya Allah yang Maha Kuasa, Maha Sempurna, Maha Besar yang layak memiliki nama-nama tersebut. Meskipun manusia tidak layak menyandang Asmaul Husna, namun sebagai hamba Allah kita sangat dianjurkan untuk mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari melalui perilaku yang baik terhadap seluruh makhluk hidup.

Untuk mewujudkan pembelajaran yang religius dan mengembangkan potensi peserta didik yang memiliki spiritual keagamaan, kepribadian, kecerdasan dan berakhlak mulia, setiap pendidik memiliki peranan yang sangat penting dalam membentuk kepribadian siswa.

Baca juga:  Pendisiplinan Karakter Siswa dengan Metode PoBe

Asmaul husna yang berjumlah 99 nama-nama Allah menjadi solusi terbaik dalam menumbuhkan karakter siswa. Berbagai program kegiatan pembelajaran keagamaan yang dilaksanakan di MIN 4 Magelang. Di antaranya membaca asmaul husna sebagai pembiasaan setiap hari.

Dalam Alquran surah Al A’raf ayat 180 yang artinya “Dan Allah memiliki asmaul husna maka bermohonlah kepada-Nya dengan menyebut asmaul husna itu dan tinggalkanlah orang-orang yang menyalahartikan nama-nama-Nya. Mereka kelak akan mendapat balasan terhadap apa yang telah mereka kerjakan”.

Pembiasaan membaca asmaul husna yang dilantunkan setiap pagi sebelum kegiatan belajar mengajar dijadikan sarana dalam membentuk budi pekerti dan karakter yang baik bagi peserta didik. Setiap pagi setelah bel tanda masuk berbunyi seluruh siswa masuk ruang kelas masing-masing. Dengan cara dipandu oleh guru kelas, seluruh siswa melantunkan asmaul husna.

Baca juga:  Mudah Belajar Introducing Oneself dengan Identity Circles

Sebagai media pembelajaran karakter, asmaul husna tidak hanya dilafalkan, namun juga ditempel sebagai hiasan dinding di seluruh ruang kelas di MIN 4 Magelang.

Dengan demikian siswa akan lebih mudah mengingat, melihat, membaca, dan menghafal asmaul husna. Harapan besar dari madrasah supaya peserta didik mampu mengimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari di linkungan rumah masing-masing.

Contoh mengamalkan asmaul husna dalam kehidupan sehari-hari ketika kita sedang menghadapi masalah kemudian bisa bersabar, berarti kita sudah mengamalkan asmaul husna As Shabur yang artinya sabar.

Demikian juga disaat kita melakukan kebaikan kepada orang lain dalam bentuk apapun, berarti kita juga sedang mengamalkan asmaul husna An Nafi’ yang artinya memberi manfaat.

Baca juga:  Menyajikan Berita Lebih Menarik dengan Aplikasi Canva

Amalan asmaul husna jika kita lakukan dengan ikhlas semata-mata hanya karena Allah, insya Allah akan menjadi amal baik dan ibadah. Berikut ini adalah manfaat membaca asmaul husna : mendapat kebaikan dan perlindungan Allah dari berbagai keburukan.

Mendapat kebaikan dan kemuliaan dari sifat-sifat asmaul husna yang disebutkan. Menambah amalan kebaikan yang bisa menambah keberkahan.

Dengan mengajarkan pembiasaan membaca asmaul husna setiap pagi akan membentuk generasi muda penerus bangsa yang religius dan berakhlakul karimah dalam kehidupan sehari-hari. (ms2/lis)

Guru MIN 4 Magelang

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya