alexametrics

Belajar Persamaan Garis Lurus Menarik dengan Canva

Oleh : Winarsih S.Pd

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, DENGAN adanya penurunan kasus Covid-19, beberapa sekolah yang sudah siap dan memenuhi persyaratan telah mendapatkan izin untuk melakukan pembelajaran tatap muka terbatas. Sekolah harus memenuhi syarat protokol kesehatan yang ketat. Dalam kondisi seperti ini, banyak tantangan yang harus dihadapi dalam proses pembelajaran.

Beberapa kendala dalam pelaksanaan pembelajaran adalah siswa merasa kesulitan memahami materi pelajaran dan minat belajar siswa yang rendah, mengakibatkan siswa tidak mampu untuk mencapai nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) pada mata pelajaran matematika terutama materi Persamaan Garis Lurus.

Kondisi tersebut adalah kelemahan dalam proses pembelajaran yang perlu diperbaiki. Salah satu cara untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan meningkatkan minat belajar siswa melalui pemanfaatan media pembelajaran yang menarik menggunakan Canva.

Materi Persamaan Garis Lurus merupakan salah satu materi dalam pembelajaran matematika. Persamaan garis memiliki peran yang sangat penting dalam kehidupan sehari–hari. Banyak sekali bidang yang menggunakan aplikasi persamaan garis lurus. Misalnya, perhitungan kecepatan, jarak, dan waktu dalam fisika. Atau misalnya dalam perhitungan harga barang dan titik impas dalam ekonomi.

Baca juga:  Strategi Unik dan Menarik Belajar Rumus-Rumus Trigonometri

Sering ditemukan beberapa siswa mengalami kesulitan, antara lain saat diminta menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari–hari menggunakan aplikasi persamaan garis lurus. Diperlukan media pembelajaran yang menarik dan mempermudah siswa untuk memahaminya.

Salah satu upaya yang dilaksanakan pada pembelajaran matematika materi Persamaan Garis Lurus agar menjadi pembelajaran yang menarik dan bisa lebih mudah dipahami oleh siswa adalah dengan memanfaatkan Canva untuk pendidikan.

Dalam penyampaian materi, dibutuhkan berbagai macam media pembelajaran untuk menarik minat siswa agar dapat mengikuti dan memahami materi pembelajaran dengan baik. Untuk membuat media pembelajaran yang menarik diperlukan desain yang bagus sehingga tampilan atau tayangan yang akan disampaikan tidak monoton.

Baca juga:  Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Melalui Model Problem Based Learning

Canva dapat membantu membuat desain, tanpa perlu meng-install aplikasinya. Penggunaannya juga mudah untuk merancang berbagai jenis desain kreatif secara online. Karena di dalam tools Canva banyak terdapat desain grafis dan animasi yang bisa dengan mudah digunakan tanpa perlu mendesain dari awal.

Canva saat ini sudah tersedia dalam beberapa versi, web, iPhone dan Android, bisa digunakan untuk mendesain kartu ucapan, poster, brosur, infografik, hingga presentasi. Dalam pembuatan media pembelajaran, guru bisa memanfaatkan Canva untuk pendidikan.

Canva untuk pendidikan merupakan platform untuk membuat video maupun slide presentasi, animasi GIF, dokumen, infografis dan beragam format konten lainnya. Layanan Canva untuk pendidikan atau Canva for Education ini ditujukan bagi para pengajar, bisa dimanfaatkan secara gratis atau tidak berbayar.

Baca juga:  Bermain, Belajar Gaya Baru Matematika pada Siswa SD Kelas Rendah

Langkah-langkah menggunakan Canva yaitu mendaftar lebih dulu dengan cara sign up menggunakan akun belajar. Kemudian masuk ke halaman utama, klik “Create a design” lalu pilih jenis konten visual yang ingin dibuat. Setelah memilih jenis konten, selanjutnya masuk ke halaman editor. Pada desain template yang disediakan, bisa memilih background jika ingin membuat desain sendiri.

Untuk menambahkan desain yang menarik, bisa ditambahkan foto, logo, teks tulisan dan dapat memilih font yang akan semakin memperindah desain. Setelah desain selesai dibuat, bisa dibagikan ke orang ataupun men-download langsung.

Dengan memanfaatkan Canva untuk pendidikan dengan desain grafis pada pembuatan media pembelajaran matematika pada materi Persamaan Garis Lurus, diharapkan bagi siswa SMPN 1 Bandar dapat membuat kegiatan belajar menjadi lebih menarik dan memudahkan siswa untuk memahami materi dalam belajar matematika. (ra2/ida)

Guru Matematika SMPN 1 Bandar

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya