alexametrics

Balajar Membaca dan Menulis Bilangan Menggunakan Kantong Sedotan

Oleh: Ronati,S.Pd.SD

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, PEMBELAJARAN matematika,menurut Bruner (Herman Waluyo,1998:56) adalah belajar tentang konsepdan stuktur matematikayang terdapat dalam materi yang dipelajari serta mencari hubungan antara konsep dan struktur matematika di dalamnya.

Eman Suherman (1986:55) mengemukakan bahwa dalam pembelajaran matematika para siswa dibiasakan untuk memperoleh pemahaman melalui pengalaman tentang sifat-sifat yang dimiliki dan yang tidak dimiliki dari sekumpulan objek.

Mata pelajaran Matematika perlu diberikan kepada siswa sejak dari sekolah dasar untuk membekali siswa dengan kemampuan berpikir logis,analitis,sistematis,dan kreatif,serta kemampuan bekerja sama.Kompetensi tersebut diperlukan agar siswa dapat memiliki kemampuan memperoleh, mengelola,dan memanfaatkan informasi untuk bertahan hidup pada keadaan yang selalu berubah.

Pemahaman dan penguasaan suatu konsep merupakan prasarat untuk dapat menguasai konsep selanjutnya. Oleh karena itu kemampuan pemahaman matematis sangat penting dalam pembelajaran metematika.

Kemampuan matematis logis mengenai berbagai konsep materi pada pembelajaran matematika merupakan modal dasar bagi tumbuh kembangnya pemahaman secara konstektual tentang fenomena dan permasalahan kehidupan sehari-hari.

Baca juga:  Belajar Adjective Asyik dengan WordWall

Pembelajaran matematika bukanlah hanya pembelajaran atau hafalan tentang seperangkat teori, konsep atau rumus-rumus semata,melainkan merupakan pembelajaran bermakna yang sangat erat kaitannya dengan kehidupan sehari-hari.

Dalam pembelajaran matematika agar mudah dimengerti oleh siswa,proses penalaran induksi dapat dilakukan pada awal pembelajaran dan kemudian dilanjutkan dengan proses penalaran deduktif untuk menguatkan pemahaman yang sudah dimiliki siswa.

Pelajaran Matematika pada umumya dianggap pelajaran yang sulit dan pelajaran yang membosankan. Tidak semua siswa mampu mengikutinya. Bagi mereka yang bisa mengikuti tentunya merupakan pelajaran yang menarik,tetapi bagi mereka yang tidak mampu mengikuti akan merasa sulit dan akan merasa bosan.Sebagai seorang pendidik tentunya harus memikirkan bagaimana caranya agar belajar matematika menjadi pelajaran yang menarik dan menyenangkan.Tentunya kita haruslah bisa menyikapi permasalahan tersebut.Pemilihan pendekatan pembelajaran sangat menentukan keberhasilan pembelajaran.Pembelajaran yang cocok akan membuat peserta didik senang dan mudah menerima/ memahami materi pelajaran.

Baca juga:  Gitar Akustik dalam Pembelajaran Hukum Mersenne

Berbagai macam cara yang bisa dilakukan oleh guru. Salah satu materi pelajaran Matematika yang dianggap kurang menarik pada siswa kelas 3 adalah materi “membaca bilangan.”.Meskipun dikelas sebelumnya sudah diajarkan, jika diulang dikelas yang lebih tinggi tidak semua siswa dapat mengingatnya,bahkan mereka cenderung lupa.

Salah satu cara agar pembelajaran Matematika membaca bilangan menjadi pembelajaran yang menarik adalah dengan membuat media/peraga pembelajaran yang menarik yaitu menggunakan kantong sedotan .Kantong sedotan ini terbuat dari bahan yang sederhana yang mudah di dapat dilingkungan sekitar kita dengan harga yang relatif murah dan dapat kita buat sendiri.Kita hanya memerlukan 4 buah kantung yang terdiri dari kantung ribuan,ratusan,puluhan dan satuan.

Untuk membuat peraga tersebut,mula-mula siapkan alat dan bahan yang dibutuhkan antara lain:sterofoam,kertasmanila,spidol, paku kecil,kerta skarton /kertas berwarna. Potong sterofoam manjadi dua dengan ukuran persegi panjang yang sama (ukuran bebas).

Lapisi sterofoam menggunakan kertas manila hitam.Tempelkan 2 sterofoam membentuk seperti laptop yang terbuka.Terahir,tempelkan nama pada media,kantung-kantung sedotan,tempat untuk menuliskan hasil,tempat sedotan dan tempat paku.

Baca juga:  Asyiknya Menulis dengan Metode Mengarang Beranting

Jika kita akan menggunakannya kita cukup menyiapkan beberapa sedotan yang akan kita letakkan di kantung-kantung tersebut.Misalkan kita akan menulis bilangan 1253 kita memerlukan 11 sedotan yang akan kita letakkan di kantung-kantung itu.Dikantung ribuan kita letakkan 1 sedotan, dikantung ratusan kita letakkan 2 sedotan,dikantung puluhan kita letakkan 5 sedotan dan di kantung satuan kita letakkan 3 sedotan.

Dengan cara seperti itu siswa dapat membaca angka tersebut yaitu “Seribu dua ratus lima puluh tiga”.Siswa dapat mencoba secara bergiliran meletakkan sedotan kedalam kantung sedot dan membaca nama bilangan tersebut.Ternyata menggunakan peraga tersebut diatas siswa lebih berkesan dan mudah memahami materi tersebut.

Demikianlah semoga tulisan ini bisa bermanfaat untuk meningkatkan pemahaman materi pembelajaran tentang “membaca bilangan pada kelas 3 SD. (ra2/bas)

Guru SDN 07 Banyumudal Kabupaten Pemalang

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya