alexametrics

Muatan Pendidikan Kependudukan dan Keluarga Berencana pada Kompetensi Dasar Bahasa Inggris SMA

Oleh: Siti Hudatul Muniroh, M.Pd

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Kurang lebih 5 tahun terakhir ini, pemerintah mencanangkan Sekolah Siaga Kependudukan (SSK). Apakah SSK? SSK adalah sekolah yang mengintegrasikan muatan pendidikan kependudukan dan keluarga berencana dalam mata pelajaran yang di dalamnya ada pojok kependudukan (population corner) sebagai salah satu sumber belajar peserta didik dalam upaya pembentukan generasi berencana (BKKBN, 2015).

SMA Negeri 1 Kota Mungkid adalah salah satu sekolah di Kabupaten Magelang yang telah mendapatkan predikat Sekolah Siaga Kependudukan Paripurna tingkat Nasional. Salah satu cirinya adalah pengintegrasian materi kependudukan dan keluarga berencana ke dalam beberapa pelajaran. Di antaranya pelajaran bahasa Inggris.

Harapannya, dengan memasukkan materi ini peserta didik sadar akan kondisi kependudukan di wilayah tempat tinggal masing-masing dan kondisi kependudukannya. Menumbuhkan sikap bertanggung jawab dan perilaku adaptif berkaitan dengan dinamika kependudukan dan mengembangkan sikap yang tepat dalam mengambil keputusan untuk mengatasi masalah-masalah kependudukan kelak ketika peserta didik menjalani kehidupan hingga dewasa (BKKBN, 2015).

Materi bahasa Inggris kelas X, XI dan XII yang dikelompokkan berupa teks bacaan, ungkapan transaksional dan grammar sangat memungkinkan untuk disisipkan materi kependudukan dan keluarga berencana.

Baca juga:  Meningkatkan Hasil Belajar Siswa melalui Penelitian Tindakan Kelas

Pada kelompok ungkapan transaksional, guru menyisipkannya dengan memberikan contoh informasi atau konten materi kependudukan dan KB ke dalam kalimat tanpa mengurangi konsep ungkapan transaksional yang dibahas. Demikian juga pada materi pembelajaran yang berupa grammar, guru memasukkan materi kependudukan dan KB dengan isi kalimat terkait tanpa mengesampingkan kaidah grammar yang dipelajari.

Ruang lingkup materi kependudkan dan KB yang bisa disisipkan ke dalam materi bahasa Inggris berupa teks bacaan, ungkapan transaksional dan grammar, misalnya masalah kependudukan dengan tema Population Growth, The Age of Indonesian Population, Teenagers Problems, Teenagers in our Surrounding, The Increasing of Indonesian Population, The Challenge of Teenagers, The Problems of Old People dan lain-lain.

Keluarga berencana, dengan tema Family Planning Programs, The Age of Married, The Health of Mother and Father, Good Economic Condition dan sebagainya. Tentang pembangunan keluarga, di antaranya, The Function of Relegion, The Function of Social and Culture, The Function of Love, The Function of Reproduction, The Function of Education, The Function of Cleanliness, The Function of Health dan masih banyak lagi.

Baca juga:  Siap Belajar Matematika Kapanpun dengan Magic Score

Contoh penerapan materi kependudukan pada kompetensi dasar description, guru memilih mendeskripsikan orang-orang yang berhasil karena mereka menikah dalam usia yang sudah matang dan telah memiliki sumber ekonomi untuk keluarga.

Guru juga bisa mendeskripsikan tempat yang terawat dan sehat karena dihuni oleh orang-orang yang memiliki pengetahuan yang baik dan berpendidikan. Untuk teks analytical exposition, guru mencari atau membuat teks yang berisi argumen tentang bagaimana kebahagiaan sebuah rumah tangga bisa terwujud.

Teks explanation, bisa mencari atau membuat bacaan tentang bagaimana terjadinya kekerasan dalam rumah tangga (KDRT), bagaimana proses terjadinya perkelahian pelajar, bagaimana proses terjadinya kenakalan remaja, dan sebagainya.

Teks recount, guru membuat atau mencari teks kejadian pada waktu lampau yang terjadi karena kekurangan gizi, problem keuangan yang tidak mendukung, atau bisa juga kejadian yang sangat baik untuk ditiru. Misalnya mahasiswa mendapatkan nilai cumlaude karena didukung oleh kondisi keluarga yang berlatar belakang keluarga sejahtera.

Baca juga:  Meningkatkan Kemampuan Menulis Procedure Text Berbantuan Guiding Template

Kompetensi dasar yang berupa ungkapan transaksional, guru membuat contoh kalimat yang dimasukkan dalam dialog yang berisi tentang permasalahan remaja, pernikahan dini, problematika keluarga dan lain-lain. Untuk kompetensi dasar yang berupa grammar, misalnya kalimat pasif, guru dan peserta didik membuat contoh-contoh kalimat yang bertema kependudukan, keluarga berencana atau pembangunan keluarga. Untuk materi song, guru dan peserta didik bisa memilih lagu-lagu yang sesuai. Dari sekian lagu-lagu yang sudah ada, pasti ada lagu yang cocok dengan masalah kependudukan atau keluarga.

Dengan memilih tema yang disesuaikan dengan materi pembelajaran bahasa Inggris yang cocok maka peserta didik akan lebih mudah memahami konsep, isi dan pengetahuan. Terutama tentang kependudukan, keluarga berencana dan pembangunan keluarga secara luas dalam waktu yang bersamaan. (pm1/lis)

Guru Bahasa Inggris SMAN 1 Kota Mungkid, Kabupaten Magelang

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya