alexametrics

Belajar Matematika Masa Pandemi Menjadi Jelas dengan Mona

Oleh : Sri Widati, S.Pd., SD

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Pencapaian hasil belajar yang optimal salah satu faktornya dipengaruhi oleh stretegi belajar yang diterapkan oleh guru. Pengertian strategi belajar sebagaimana dikemukakan oleh Dick dan Carey dalam Etin Solihatin (2013 : 3) menyatakan strategi pembelajaran adalah komponen umum dari suatu rangkaian materi dan prosedur pembelajaran yang akan digunakan secara bersama-sama oleh guru dan siswa selama proses pembelajaran
berlangsung.

Menurutnya salah satu komponen strategi belajar adalah bagaimana guru mengatur dan merencanakan bahan ajar untuk mencapai tujuan pembelajaran tertentu.

Banyak ragam bahan ajar yang dapat dipergunakan oleh guru dalam melaksanakan pembelajarannya, akan tetapi guru harus jeli dalam memilih bahan ajar yang tepat untuk materi-materi tertentu. Terutama pembelajaran yang penyampaiannya perlu langkah-langkah yang jelas dan runtut, seperti matematika sangat diperlukan bahan ajar dan penyampaian secara tepat.

Baca juga:  Manfaatkan Media Youtube untuk Mendeklamasikan Puisi

Pembelajaran matematika adalah membentuk logika berpikir bukan sekadar pendai berhitung. Berhitung dapat dilakukan dengan alat bantu, seperti kalkulator dan komputer, namun menyelesaikan masalah perlu logika berpikir dan analisis (Fatimah, 2009:8).

Oleh karena itu, siswa dalam belajar matematika harus memiliki pemahaman yang benar dan lengkap sesuai tahapan, melalui cara dan media yang menyenangkan dengan menjalankan prinsip matematika.
Pembelajaran matematika di SD Kartoharjo kelas VI mengalami kesulitan terutama pada masa pandemi ini. Oleh karenanya hasil pembelajaran kurang optimal.

Berdasarkan pengalaman pada pembelajaran yang sudah berjalan maka perlu cara yang lebih mengena untuk materi berikutnya terutama terkait dengan menyelesaikan soal cerita operasi hitung campuran. Penulis memilih mona sebagai alternatif menyampaikan pembelajaran materi tersebut.

Baca juga:  Metode Talking Stick Tingkatkan Kemampuan Berbicara Siswa Kelas Tinggi

Mona adalah modul sederhana. Ciri modul adalah berisi tentang buku petunjuk siswa dengan bahasa yang komunikatif tidak harus formal tetapi jelas. Buku isi materi bahasan beserta sajian contoh yang lengkap dengan gambar agar menarik, buku kerja siswa dengan langkah-langkah yang jelas, buku evaluasi dan kunci jawab dan pembahasannya.

Cara guru menggunakan mona dalam pembelajaran adalah pertama, guru menyusun modul sederhana sesuai dengan ketentuan modul tetapi dengan halaman yang terbatas. Kedua, modul diprint oleh guru sejumlah siswa. Ketiga orang tua siswa secara terjadwal diminta mengambil mona ke sekolah untuk pedoman pengerjaan di rumah tanpa kunci jawab dan pembahasannya.

Keempat guru mengumumkan melalui WhatsApp grup kelas tentang batas waktu pengumpulan. Kelima jika mengalami kesulitan siswa dipersilakan WhatsApp. Keenam jika melalui WhatsApp tetap mengalami kesulitan maka siswa ke sekolah dengan terlebih dulu janji dengan guru dan dijelaskan.

Baca juga:  Ciptakan Pembelajaran Interaktif dengan Sapu Tangan Ajaib

Tujuh setelah mudul selesai dikerjakan kunci jawab dan pembahasan di-share melalui WhatsApp sehingga siswa tahu kesalahannya dan menjadi jelas ketika melihat pembahasan. Melalui langkah-langkah tersebut dapat meminimalisasi kesulitan siswa dalam belajar matematika serta siswa menjadi jelas. Sehingga dapat disimpulkan bahwa belajar matemetika masa pandemi jelas dengan mona. (ms1/lis)

Guru SD Negeri Kartoharjo, Grabag, Kabupten Magelang

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya