alexametrics

Meningkatkan Pemahaman Matematika Menggunakan Pen Tablet

Oleh : Budi Ilmawan, S.Pd

RADARSEMARANG.ID, Karakteristik pembelajaran matematika di sekolah tidak bisa lepas dari dua hal penting. Satu adalah sifat-sifat metematika yang abstrak dan yang kedua adalah sifat perkembangan intelektual peserta didik yang kita ajar. Oleh karena itu para guru perlu mempertahankan beberapa sifat atau karakteristik pembelajaran matematika di sekolah.

Yaitu bertahap dengan maksud dimulai dari hal yang mudah menuju hal yang lebih kompleks/rumit, mengikuti metode spiral dengan memperkenalkan pengetahuan baru memperhatikan konsep sebelumnya yang telah dipelajari. Menekankan pola pikir deduktif serta mengedepankan konsistensi kebenaran.

Sesuai pendapat Soleh (1999:34), karakteristik matematika yaitu objeknya abstrak, konsep dan prinsipnya berjenjang dan prosedur pengerjaannya yang banyak manipulasi bentuk-bentuk ternyata menimbulkan kesulitan belajar matematika. Kenyataannya masih banyak peserta didik mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal matematika.

Aplikasi dari kegiatan pembelajaran matematika pada masa pandemi Covid-19 cukup menyulitkan bagi peserta didik. Apalagi peserta didik harus belajar dari rumah. Meskipun dapat dilakukan secara daring (dalam jaringan), langsung antara guru dan peserta didik, tetapi ketergantungan dengan gadget dan jaringan internet bukan masalah yang sederhana.

Baca juga:  Pendekatan Konstruktivisme Menciptakan Pembelajaran Menyenangkan

Guru matematika dituntut untuk berinovasi, merancang, dan meramu materi, metode pembelajaran, dan aplikasi apa yang sesuai dengan materi dan metode. Walaupun banyak kendala, materi pelajaran tetap dapat tersampaikan secara penuh oleh peserta didik.

Salah satu upaya yang dilakukan untuk menyikapi masalah ini adalah dengan komunikasi dengan beberapa siswa lewat google classroom atau goolgle meet untuk dimintai pendapat terkait cara menyampaikan materi yang sudah diberikan.

Salah satu cara yang dilakukan di SMAN 1 Kota Mungkid adalah menggunakan pen tablet saat menerangkan materi di google classroom. Yang penulis gunakan adalah merk Wacom.

Jika sebelumnya penulis harus menggambar/menulis di atas kertas kemudian difoto, lalu dibluetooth ke laptop, kemudian diedit di editor gambar (pakai photoshop). Dengan Wacom ini, tinggal hubungan Wacom ke laptop, kemudian mulai menggambar di kanvas photoshop atau paint.

Baca juga:  Pembelajaran Card Sort Tingkatkan Kemampuan Membaca Alquran

Dalam paket pen tablet ini, ada CD driver yang harus diinstall. Instal dulu kemudian bisa dipakai. Lalu ada pulpen yang juga berfungsi sebagai mouse. Pulpen ini sensitif sekali, bisa untuk mengklik-klik tools yang ada. Tapi fungsi ini hanya berlaku di area kerja gambar (photoshop, paint, atau editor gambar lainya).

Setelah penulis menggunakan untuk menggambar, pertama memang harus belajar dulu biar tangan lihai. Pada body pulpen-nya, juga terdapat tombol (saklar) yang juga berfungsi sebagai klik kanan, karena memang mirip seperti mouse.

Untuk menggambar di photoshop gunakan tombol brush (tekan huruf B di keyboard), misal untuk menghapus gunakan tombol E (eraser), kalau penulis lebih nyaman pakai mouse untuk menghapus. Tapi kalau menggambar di paint, cara menghapusnya bisa dengan tekan dan tahan pulpen ke layar tablet sampai muncul ikon fokus.

Baca juga:  Belajar Menyenangkan dengan Quizizz

Kalau menggunakan pen tablet, menggambarnya sambil melihat monitor laptop, tangan kita tetap berjalan di atas tablet dan jangan sampai melewati batas layar tablet. Karena pasti pulpen tidak berfungsi jika sampai menapak bukan pada tempatnya. Harus telaten supaya gambarnya bagus.

Dan yang paling penting dengan menggambar di pen tablet ini, waktu yang dibutuhkan untuk menghasilkan gambar jadi lebih cepat. Karena proses penghapusan seleksi dan pewarnaan jadi lebih cepat. Penulis juga tak perlu mengeluarkan biaya untuk beli kertas, pulpen, setip. Tak perlu memfoto juga kirim lewat bluetooth dan lain sebagainya. Dan tentunya, menerangkan matematika menjadi lebih mengasyikkan. (pm1/lis)

Guru Matematika SMAN 1 Kota Mungkid, Kabupaten Magelang

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya