alexametrics

Belajar Sistem Persamaan Tiga Variabel Mudah dengan Blended Learning

Oleh : Rambat, S.Pd

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Di masa pandemi Covid-19, dengan PPKM di Kabupaten Magelang berada di level 3 sehingga sekolah bisa melaksanakan simulasi pembelajaran tatap muka atau pembelajaran tatap muka terbatas.

Di SMA Negeri 1 Kota Mungkid Kabupaten Magelang sudah dilaksanakan simulasi pembelajaran tatap muka pada tanggal 26 April sampai 7 Mei 2021. Dan mulai 1 September 2021 sudah dilaksanakan pembelajaran tatap muka terbatas.

Permasalahan yang muncul dengan metode apa dalam pembelajaran dengan separo jumlah siswa di sekolah dan separonya lagi di rumah?

Memilih metode atau kegiatan belajar merupakan langkah penting yang dapat menunjang keberhasilan pencapaian tujuan (Sumiati, Metode Pembelajaran, 2007 : 11). Pada pembelajaran tatap muka terbatas ini, guru dituntut kreatif dalam menentukan metode pembelajaran.

Sehingga siswa akan lebih paham dalam menerima ilmu. Salah satu metode yang bisa dilaksanakan adalah blended learning. Demikian pula dalam pembelajaran sistem persamaan linear tiga variabel menggunakan metode blended learning.

Baca juga:  Belajar Aktif dengan Resitasi melalui Google Clasroom

Menurut Semler (2005), “Blended learning adalah pembelajaran terpadu menggabungkan aspek terbaik dari pembelajaran online, aktivitas tatap muka terstruktur, dan praktik dunia nyata. Sistem pembelajaran online, pelatihan di kelas, dan pengalaman di tempat kerja memiliki kelemahan utama sendiri. Pendekatan blended learning menggunakan kekuatan masing-masing untuk melawan kelemahan orang lain.”

Aktivitas belajar merupakan interaksi siswa dengan objek belajarnya sebagai bentuk kerja nyata dari kegiatan siswa selama proses pembelajaran berlangsung (Rusydi Ananda, Variabel Belajar, 2020 : 3).

Aktivitas belajar merupakan bagian yang penting dari kegiatan siswa selama proses pembelajaran berlangsung. Di akhir aktivitas tersebut akan memperoleh perubahan dalam dirinya dengan memiliki pengalaman baru.

Dengan dilaksanakan pembelajaran tatap muka terbatas di SMA Negeri 1 Kota Mungkid, metode yang digunakan adalah model blended learning. Secara teknis dari 30 kelas yang ada. Setiap hari dalam satu pekan ada 10 kelas yang melaksanakan tatap muka, setiap kelas separo dari jumlah siswa belajar di kelas dan separonya lagi belajar dari rumah.

Baca juga:  Implementasi Esinau pada Penilaian Akhir Semester Gasal

Siswa yang di rumah mengikuti pembelajaran secara live streeming dari kelas. Untuk pekan berikutnya dibalik siswa yang pekan sebelumnya belajar dari rumah sekarang belajar di kelas. Demikian seterusnya dua pekan kedua kelompok 10 kelas kedua dan dua pekan ketiga kelompok 10 kelas terakhir.

Media yang digunakan dalam pembelajaran antara lain LCD proyektor untuk presentasi di kelas, komputer , speaker dan kamera eksternal. LCD proyektor untuk presentasi materi pelajaran di kelas, speaker dan kamera digunakan untuk berkomunikasi dengan siswa yang ada di rumah. Pembelajaran ini akan berjalan lancar jika suport internetnya bagus baik yang ada kelas maupun yang berada di rumah siswa.

Baca juga:  Solusi Mudah Selesaikan Soal HOTS Program Linear dengan Metode Polya

Dengan pembelajaran model blended learning sangat mengasyikkan sebagai variasi pembelajaran. Ketika penulis melaksanakan pembelajaran sistem persamaan linear tiga variabel, bisa berkomunikasi dengan siswa di kelas sekaligus dengan siswa yang di rumah.

Jika ada siswa yang kurang jelas bisa langsung bertanya dan guru juga bisa menjelaskan secara langsung. Demikian juga guru bisa mengontrol siswa yang di rumah apakah mengikuti pembelajaran atau tidak melalui speaker dan kamera.

Pembelajaran model blended learning seperti ini, penulis menyimpulkan siswa baik yang berada di kelas maupun yang berada di rumah bisa menikmati pembelajaran. Karena antara guru dan siswa dapat saling komunikasi dalam mempelajari sisten persamaan linear tiga variabel. Sehingga siswa akan tumbuh percaya dirinya dan merasa mudah dalam belajar matematika. (ms2/lis)

Guru SMAN 1 Kota Mungkid, Kabupaten Magelang

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya