alexametrics

Tingkatkan Kemampuan Lompat Jauh dengan Teknik Pakardi

Oleh : Sri Fazaroh, S.Pd.

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Pembelajaran Jasmani, Olahraga dan Kesehatan (PJOK) memiliki tujuan menumbuhkembangkan potensi pengetahuan, sikap, dan keterampilan geraknya.

Pembelajaran PJOK memfokuskan untuk mengembangkan potensi siswa dan pembiasaan pola hidup sehat melalui pengalaman langsung.

Melalui pendidikan jasamani manusia mempelajarai banyak aspek yaitu kognitif, afektif, dan psikomotor dengan tujuan agar dapat mengantarkan manusia menuju kedewasaan yang menyeluruh (Imron, 2018).

Atletik merupakan bagian dari pembelajaran PJOK pada aspek kegiatan jasmani yang terdiri dari gerakan-gerakan yang dinamis dan harmonis. Gerakan-gerakan dalam atletik yaitu jalan, lari, lompat, dan lempar.

Lompat jauh adalah salah satu bagian dari atletik yang dipelajari dari jenjang dasar sampai lanjutan, bahkan lompat jauh merupakan olahraga yang sering dilombakan.

Lompat jauh menurut Bahagia dalam Sobarno (2020) adalah bentuk rangkaian gerakan dengan kecepatan horisontal yang dibuat sewaktu awalan, dengan daya vertikal yang dihasilkan oleh daya ledak untuk mencapai jarak yang sejauh-jauhnya.

Baca juga:  Model Pembelajaran Gaya Komando Tingkatkan Gerak Spesifik Renang Gaya Bebas

Kegiatan tersebut dilakukan dengan mengangkat kedua kaki ke depan atas dalam upaya membawa titik berat selama mungkin melayang di udara yang dilakukan dengan cepat melalui tolakan satu kaki untuk mencapai jarak sejauh-jauhnya. Teknik lompat jauh terdiri dari empat tahapan yaitu awalan, tumpuan, melayang, dan mendarat.

Berdasarkan hasil belajar kemampuan lompat jauh siswa kelas IV SDN 3 Donorojo masih kurang maksimal. Kurangnya kemampuan pada lompat jauh disebabkan beberapa faktor yaitu guru, siswa, dan media.

Guru menyajikan pembelajaran bersifat ceramah/teori, kegiatan pembelajaran dilakukan secara monoton. Dengan penyajian guru, kegiatan lompat jauh masih dianggap olahraga yang membosankan bagi siswa, motivasi siswa hanya bersifat komando dari guru.

Hal tersebut berimbas pada motivasi belajar yang rendah sehingga kemampuan siswa kurang maksimal. Sementara itu, media yang digunakan tidak bervariatif.

Baca juga:  Pembelajaran Teorema Phytagoras Menggunakan ATM

Bertolak dari hasil belajar siswa penulis mengambil langkah agar kemampuan siswa meningkat. Langkah yang diambil penulis pada materi lompat jauh yaitu lompat kardus modifikasi (pakardi).

Modifikasi yang digunakan dalam teknik Pakardi yaitu permainan. Modifikasi permainan dipilih mengingat karakteristik siswa sekolah dasar masih cenderung banyak bermain.

Melalui permainan teknik lompat jauh diselipkan agar siswa lebih mudah dalam menerima materi. Media kardus dimanfaatkan karena lebih mudah didapat dan aman bagi siswa.

Penerapan lompat kardus modifikasi (pakardi) melalui beberapa langkah. Langkah tersebut yaitu persiapan, proses pembelajaran, evalauasi. Tahap persiapan menyusun rencana pembelajaran, peralatan praktik yaitu kardus dan papan tulis kecil.

Pada proses pembelajaran, memberi arahan pada semua siswa tentang teknik lompat jauh. Siswa melakukan lompatan secara berututan, setelah mendarat siswa harus menulis kata di papan kecil dengan huruf awal yang disebutkan oleh guru. Kardus yang digunakan dalam lompatan bisa berubah jumlahnya, lompatan dilakukan secara berulang.

Baca juga:  Media Realia Tingkatkan Motivasi Siswa dalam Pembelajaran Menulis

Menulis kata bertujuan agar siswa lebih tertarik dalam melakukan lompatan. Sedangkan penambahan jumlah kardus untuk melatih gerakan saat melayang di udara. Sementara itu, lompatan yang berulang dilakukan agar kemampuan siswa dalam melompat semakin baik dan jauh. Pada tahap evaluasi, penulis memberikan beberapa perbaikan teknik lompat jauh dengan memberikan contoh.

Teknik pakardi yang diterapakn penulis dalam lompat jauh memberikan kontribusi yang positif pada kemampuan siswa. Kemampuan lompat jauh siswa menunjukan peningkatan yang bagus. selain itu modifikasi permainan yang diterapkan memberikan rasa senang sehingga olahraga lompat jauh semakin menarik untuk dilakukan dan ditekuni. (fkp1/ton)

Guru PJOK SDN 3 Donorojo, Kec.Sempor, Kab. Kebumen

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya