alexametrics

Cara Belajar Efektif dengan Teknik RWRQ

Oleh : Drs. Hariyadi, M.Si

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Belajar merupakan suatu proses dari seorang individu atau peserta didik yang berupaya mencapai tujuan belajar atau yang biasa disebut hasil belajar. Yaitu suatu bentuk perubahan perilaku yang relatif menetap.

Menurut Djamarah dan Zain (2010) belajar adalah proses perubahan perilaku berkat pengalaman dan latihan. Artinya tujuan kegiatan adalah perubahan tingkah laku, baik yang menyangkut pengetahuan, keterampilan maupun sikap bahkan meliputi segenap aspek organisme atau pribadi.

Dalam kegiatan belajar di masa pandemi Covid-19 ada beberapa kendala yang dialami peserta didik. Meski sekarang telah memasuki tahun kedua masa pandemi, upaya untuk meningkatkan aktivitas belajar peserta didik perlu terus diupayakan bisa berlangsung secara efektif.

Seperti halnya dalam proses belajar bagi peserta didik di SMP Negeri 2 Ambarawa yang melaksanakan kegiatan pembelajaran tatap muka terbatas. Kemampuan dan sikap kemandirian anak belajar merupakan salah satu faktor yang menentukan hasil belajar peserta didik.

Dalam proses belajar, apabila seseorang peserta didik tidak mendapatkan suatu peningkatan kualitas dan kuantitas kemampuan, maka peserta didik tersebut belum dikatakan mencapai tujuan dari proses belajar.

Baca juga:  Peran Guru BK dalam Belajar dari Rumah

Untuk itu agar bisa mencapai tujuan dan hasil yang diharapkan dalam proses belajar, guru Bimbingan dan Konseling (BK) di SMP Negeri 2 Ambarawa menyampaikan kegiatan layanan cara belajar efektif.

Cara belajar efektif adalah cara belajar yang dapat membantu peserta didik untuk meningkatkan kemampuan yang diharapkan sesuai tujuan yang ingin dicapai.

RWRQ sebagai Cara Belajar Efektif

Selama ini sudah banyak cara belajar efektif yang kita ketahui dan juga sudah banyak diterapkan, yang pelaksanaannya disesuaikan dengan karakteristik materi atau bahan ajar setiap mata pelajaran. Salah satu teknik cara belajar efektif itu adalah teknik belajar RWRQ.

RWRQ adalah singkatan dari Read, Write, Review, Question. Cara belajar efektif RWRQ penerapannya dalam belajar adalah sebagai berikut:

Read, membaca adalah bentuk aktivitas seorang peserta didik dalam belajar. Tanpa membaca kita tidak akan bisa dan mampu menguasai atau memahami materi pelajaran dengan baik. Baik itu membaca buku pegangan ataupun buku referensi yang bisa diperoleh dari berbagai sumber. Dengan aktivitas membaca maka diharapkan peserta didik mampu memahami materi pelajaran dengan baik.

Baca juga:  Metode Chunking Plus Tingkatkan Semangat Belajar Pancasila

Langkah kedua yaitu write. Setelah peserta didik membaca materi pelajaran yang dipelajari, yang harus dilakukan oleh peserta didik adalah menuliskan kembali hal-hal yang telah dibaca atau pelajari. Tulisan bisa dalam bentuk ringkasan, list, skema atau bagan sesuai dengan apa yang telah dibaca atau pelajari. Dalam langkah ini juga akan diketahui tingkat penguasaan materi pelajaran yang sudah dibaca atau pelajari dalam bentuk tulisan.

Selanjutnya langkah yang ketiga yaitu review. Dalam tahap ini peserta didik mencoba untuk mengulangi atau menyebutkan kembali apa yang sudah dibaca atau dipelajari. Apakah materi pelajaran yang dibaca sudah dikuasai dan dipahami atau belum. Apabila materi pelajaran itu belum dipahami, maka peserta didik bisa membaca kembali apa yang sudah ditulis (write) pada langkah sebelumnya.

Baca juga:  Pengaruh Iptek terhadap Sikap Prokrastinasi Siswa

Pada langkah yang keempat yaitu question. Pada tahap ini peserta didik menguji kepada diri sendiri dengan pertanyaan-pertanyaan tentang materi mata pelajaran yang dibaca. Pertanyaan bisa dari paket soal dalam buku yang dipelajari, lembar kerja terkait materi yang dipelajari, atau bahkan pertanyaan-pertanyaan dari diri sendiri.

Apabila peserta didik sudah mampu menguji diri dengan menjawab pertanyaan atau soal dari buku yang dipelajari, dari lembar kerja atau pertanyaan yang dibuat oleh peserta didik sendiri, maka peserta didik bisa mengukur seberapa tingkat penguasaan materi yang dipelajari.

Teknik cara belajar efektif RWRQ ini bisa diterapkan bagi peserta didik dalam proses belajar. Dengan harapan akan mampu meningkatkan efektivitas belajar sehingga terjadi pengingkatan dan penguasaan belajar peserta didik dalam mencapai tujuan atau hasil belajar. (rs1/lis)

Guru BK SMP Negeri 2 Ambarawa, Kabupaten Semarang

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya