alexametrics

Situs Web Animaker sebagai Media Pembelajaran Seni Rupa selama PJJ

Oleh: Dra. Sri Handayani

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Pandemi Covid-19 melanda dunia, termasuk Indonesia. Banyak dampak pandemi, mulai bidang ekonomi hingga pendidikan. Pandemi Covid-19 membuat kita untuk berjaga jarak antarsesama agar tidak mudah tertular oleh virus tersebut.

Guru dan siswa diharuskan untuk berjaga jarak, sehingga hanya dapat bertemu melakukan pembelajaran melalui online class yang diadakan oleh guru. Di masa pandemi ini pembelajaran tidak dapat dilakukan secara langsung, sehingga peran guru perlu untuk menyiapkan strategi dalam mengatasi permasalahan tersebut dengan cara menyiapkan media agar materi dapat tersampaikan dengan optimal ketika pembelajaran hanya dapat dilakukan melalui online.

Pembelajaran dengan metode Bleanded Learning cukup tepat dilakukan pada pembelajaran di masa ini. Dengan situasi yang terjadi, guru tetap dituntut untuk mengenalkan siswa mengenai materi yang diajarkan kepada siswa dengan menggunakan berbagai media yang dapat digunakan melalui teknologi yang ada.

Baca juga:  Pembelajaran Ekonomi Kreatif melalui Batik Jumputan

Pembelajaran seni budaya kerap dihubungkan dengan kreativitas, sehingga dalam hal ini guru harus dapat memberikan contoh teladan siswa dalam menghadirkan kreativitas serta inovasi. Salah satunya dalam menggunakan media pembelajaran di kelas. Pembelajaran jarak jauh (PJJ) merupakan pembelajaran yang dapat diolah sesuai kreativitas pendidik, sehingga pembelajaran terkesan menyenangkan bagi siswa.

Penyampaian pada pembelajaran daring ini lebih menantang guru untuk berinovasi, serta lebih kreatif dalam menggunakan teknologi yang ada.

Penyampaian materi yang baik akan menghasilkan pembelajaran yang optimal kepada siswa. Oleh karena itu, pembelajaran menggunakan media yang menarik dapat meningkatkan kreativitas pembelajaran, salah satunya dengan menggunakan media animasi video yang dapat dibuat pada situs web animaker.

Baca juga:  Penguatan Kaidah Kebahasaan Teknik Resitasi dalam Menulis Teks Pidato

Animasi video situs animaker salah satu media yang dapat digunakan dalam pembelajaran seni rupa dalam menyampaikan materi agar lebih menarik.

Seperti diketahui siswa sering kali mudah merasakan bosan ketika dalam pembelajaran. Sehingga peran guru harus dapat mengubah suasana kelas menjadi menyenangkan. Adanya gambar-gambar bergerak pada layar gawai siswa berupa video dapat menarik perhatian siswa untuk menyimak materi yang telah disampaikan.

Aplikasi atau situs web animaker merupakan software pembuatan animasi dengan proses dilakukan secara online. Disamping itu terdapat peran penting penggunaan video animasi sebagai media pembelajaran adalah kemampuan dalam memvisualisasikan materi yang tidak mampu dilihat atau dibayangkan oleh siswa. Media pembelajaran video animasi mempermudah guru dalam menyampaikan materi pembelajaran.

Animaker merupakan pembuat video animasi yang memungkinkan pendidik membuat konten video yang menarik. Teman- teman guru bisa menggunakan media animasi tersebut dalam pembelajaran, animaker ini juga menyediakan template untuk membuat video tutorial, video presentasi, maupun membuat video infografis.

Baca juga:  Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan yang Mengimplementasikan Kurikulum Prototipe

Dalam dunia pendidikan, khususnya di SMP Negeri 13 Semarang, peserta didik dikenalkan pembelajaran menggunakan media yang menarik dapat meningkatkan kreativitas pembelajaran, salah satunya dengan menggunakan media animasi video yang dapat dibuat pada situs web animaker.

Penulis berharap agar pembelajaran dapat diolah sesuai kreativitas pendidik. Sehingga pembelajaran menjadi menyenangkan bagi siswa. Penyampaian pada pembelajaran daring ini lebih menantang guru untuk berinovasi serta lebih kreatif dalam menggunakan teknologi yang ada. Penyampaian materi yang baik akan menghasilkan pembelajaran yang optimal kepada siswa di sekolah. (fkp1/aro)

Guru SMP Negeri 13 Semarang

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya