alexametrics

Meningkatkan Kreativitas Belajar TIK dengan Canva

Oleh Siti Sulaedah, S.Kom

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Untuk saat ini sekolah sudah diberi kesempatan untuk dapat melakukan pembelajaran tatapan muka secara terbatas, dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan sesuai dengan peraturan. Hal ini memberikan semangat baru bagi dunia pendidikan, baik peserta didik maupun pengajar.

Di era digital dan masa pandemi seperti sekarang ini, sumber belajar yang diperoleh siswa bukan hanya dari guru di sekolah, melainkan bersumber dari berbagai bidang di antaranya teknologi internet, sebagai guru BKTIK, penulis berharap teknologi internet dapat dimanfaatkan oleh siswa secara maksimal ke arah yang lebih positif, di antaranya meningkatkan kreativitas siswa.

Sehingga kreativitas siswa dalam era digital seperti ini dapat memberikan manfaat bagi siswa, khususnya maupun masyarakat pada umumnya, dengan berbekal media yang dimiliki, dan digunakan oleh siswa, salah satu media yang digunakan adalah handphone (HP).

Siswa dapat memanfaatkan HP dalam meningkatkan semangat belajar dan kreativitas siswa dalam pemanfaatan TIK. Salah satunya berkreasi dalam penggunaan media presentasi maupun untuk berkreasi dalam pengembangan bakat siswa dalam bidang TIK. Salah satu apliksi yang digunakan dalam pengembangan kreativitas siswa adalah dengan aplikasi Canva.

Baca juga:  Usir Bosan Saat KBM dengan Game Senam Otak

Pada Desember 2019, Canva meresmikan Canva for Education, sebuah produk gratis yang ditujukan untuk sekolah dan institusi pendidikan yang bertujuan untuk memfasilitasi kolaborasi antara murid dan guru. Hennessy, James (6 Desember 2019). “Canva has announced a slew of new products, including a video editing tool and an education offering”. Business Insider Australia (dalam bahasa Inggris).

Canva adalah satu aplikasi yang banyak digunakan untuk keperluan presentasi maupun desain grafis, seperti poster, banner, pamflet, dan konten visual lainnya.

Desain yang ada pada Canva dapat digunakan untuk berbagai keperluan di antaranya: Pertama, presentasi. Di sini disediakan fasilitas untuk presentasi secara tertulis melalui suara (presentasi berbicara), presentasi untuk seluler, dan presentasi tukar pikiran.

Baca juga:  Strategi Dibias untuk Penguatan PPK di Sekolah

Kedua, media social. Di desain media sosial ini kita bisa langsung mengirim lewat media sosial seperti Instagram, Facebook, membuat cerita di Instagram maupun melakukan edit foto ,status di WA, TikTok, serta gambar mini Youtube. Ketiga, video. Kita dapat membuat video singkat baik untuk iklan maupun untuk menampilkan slide dalam bentuk video

Keempat, produk cetak. Kita dapat mendesain kartu nama, kartu pos, stiker, selebaran, undangan, poster, kupon, label, serta desain untuk benda lainnya. Kelima, pemasaran. Kita dapat mendesain poster, selebaran, banner boks, dan iklan kupon hadiah untuk menunjang pemasaran produk kita.

Keenam, kantor. Di fasilitas ini, kita dapat membuat dokumen seperti daftar riwayat hidup, laporan, agenda, surat, proposal, dan faktur. Ketujuh, dan lainnya berisi info grafis, kolase foto, wallpaper desktop, peta pikiran, sampul buku maupun majalah, latar belakang virtual zoom, dan lain-lain.

Baca juga:  Metode PAKEM Tingkatkan Hasil Belajar Siswa

Penulis selaku guru BK TIK berusaha mendorong kreativitas siswa dengan memberikan bimbingan dalam membuat media presentasi berbekal perangkat HP yang dimiliki oleh siswa maupun laptop. Dengan aplikasi ini, siswa dapat membuat kreasi media presentasi, baik dalam bentuk naskah maupun video dengan berbekal HP. Dengan harapan kreativitas anak dapat tersalurkan yang positif dan mampu menunjang dalam proses pembelajaran.

Manfaat bagi pengajar dengan desain dari Canva yang menarik ini diharapakan siswa semakin senang dengan materi yang disajikan oleh para guru dalam kelas. Siswa semakin semangat dalam belajar. Sehingga waktu siswa yang saat ini banyak berkutat dengan teknologi bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya, dan memberikan manfaat untuk siswa maupun lingkungannya, dan bisa dijadikan sebagai salah satu keterampilan siswa dalam berkreasi. (fkp1/aro)

Guru BKTIK SMP Negeri 2 Pringapus, Kabupaten Semarang

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya