alexametrics

Cara Mudah Optimalkan PAI dengan Metode Team Teaching

Oleh : Fitriyah, S.Pd.I, M.MPd

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Dalam proses pembelajaran dibutuhkan beberapa metode yang tepat untuk mengatasi manajemen kondisi kelas. Pemilihan metode yang tepat akan membuat proses pembelajaran termasuk dalam mata pelajaran pendidikan agama Islam berjalan dengan efektif.

Dalam pendidikan agama Islam terdapat kandungan nilai-nilai sejarah yaitu cerita kisah Rasulullah SAW maupun kisah-kisah sahabatnya. Biasanya metode yang digunakan yaitu metode bercerita dari satu sumber atau guru. Oleh karena itu di sini penulis ingin membuat satu metode kombinasi untuk membuat pembelajaran dapat berjalan dengan efektif dan tepat sasaran (adanya feedback atau respons baik dari peserta didik).

Metode ini adalah penerapan metode team teaching, metode ini akan menjadi salah satu terobosan baru dalam proses pendekatan pembelajaran. Hasil penelitian oleh Maryesomonu (2015:5) yang juga menunjukkan peserta didik yang diajar dengan pendekatan team teaching mendapat hasil belajar lebih tinggi dibandingkan dengan pendekatan pengajaran tunggal. Dan dari temuan penelitian merekomendasikan bahwa pengajran tim cocok diadopsi sebagai pendakatan yang lebih efektif untuk pengajaran.

Baca juga:  Peningkatan Penguasaan Vocabulary Berbasis Lingkungan Sekolah

Team teaching merupakan suatu metode pengajaran tim, dimana dua atau lebih guru dengan sengaja dan secara metodis entah itu dalam perencanaan, presentasi, dan evaluasi kelas dengan bekerja sama. Akan tetapi metode penerapan team teaching ini memiliki beberapa kelemahan selain mampu mengoptimalkan pembelajaran. Kelemahan atau hambatan disebabkan adanya perbedaan yang muncul dari target pada proses dan tujuan akhir dari pembelajaran.

Menurut salah satu peneliti kelemahan inti team teaching ini adalah guru sering kali mengabaikan atau tidak menghargai kelebihan dari partner timnya, kurang terbukanya antara partner satu tim. Perbedaan sudut pandang atau presepsi antara beberapa hal atau tentang sesuatu yang sudah disepakati sekalipun.

Untuk mengatasi beberapa hambatan tersebut atas langkah yang dapat dilakukan adalah pelatihan penerapan team teaching dan komunikasi. Komunikasi di sini antara guru satu dengan yang lain atau komunikasi terhadap partner team teaching tersebut. Hal ini sejalan dengan pendapat dari salah satu ahli bahwa: Pertama, jika tidak ada koordinasi, setiap guru dalam tim akan saling mengandalkan sehingga pencapaian KD (kompetensi dasar) tidak akan terpenuhi.

Baca juga:  Asyiknya Belajar Asmaul Husna dengan Metode Bernyanyi

Kedua, jika kurang persiapan, penampilan di kelas akan tersendat-sendat karena skenario tidak berjalan dengan semestinya sehingga para guru tidak tahu apa yang akan dilakukan di dalam kelas.

Solusi dibutuhkan untuk mengatasi beberapa hal yang menghambat jalannya suatu penerapan. Hambatan yang dialami dalam penerapan team teaching ini bisa diatasi dengan pendalaman materi seperti membaca sumber bacaan yang berkaitan dengan SBdP, bertukar informasi dengan sesame rekan anggota agar lebih memahami materi yang akan diajarkan, dan komunikasi.

Komunikasi harus sering dilakukan agar antara satu guru dan guru lain lebih memahami dan mengerti sifat, sikap, kebiasaan satu sama lain dan menghindari kesalahpahaman. Kemudian bisa dilakukannya pelatihan ataupun pembinaan untuk guru baik di dalam kelas maupun umum agar guru lebih paham mengenai team teaching.
Dapat kita simpulkan dengan team teaching yang diterapkan pada kelas 6 SDN 01 Wonorejo guru lebih dapat mengoptimalkan pembelajaran di kelas khususnya dalam mata pelajaran PAI. Dengan dua atau lebih guru bekerja sama dalam menyampaikan materi dan kerja sama tersebut secara terstruktur.

Baca juga:  Pembiasaan Perilaku Terpuji Hemat Siswa SD dengan Tabung Ajaib

Bahkan dengan menggunakan metode ini peserta didik mendapatkan dua atau lebih sumber penjelasan. Maka keadaan kelas akan lebih kondusif dan pembelajaran pun lebih maksimal. Dan dengan metode ini akan membuat proses pembelajaran menjadi lebih bervariatif dan menyenangkan. (ct3/lis)

Guru PAI SD Negeri 01 Wonorejo, Kec. Kajen, Kabupaten Pekalongan

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya