alexametrics

Media Lagu Mudahkan Siswa Pahami Sila Pancasila

Oleh : Nur Najikhah, S.Pd. SD

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Lagu sebagai salah satu media pembelajaran sangat berpengaruh pada daya kreativitas siswa. Guru dapat menggunakan lagu untuk menata suasana hati, mengubah keadaan mental siswa, dan mendukung lingkungan belajar siswa.

Musik juga membantu siswa bekerja lebih baik dan mengingat lebih banyak. Kata lagu mempunyai ragam suara yang berirama (Moeliyono, 2003: 624). Lagu (nyanyian) merupakan hasil karya seni hubungan dari seni suara dan seni bahasa.

Guru akan menerapkan metode lagu ini untuk pembelajaran kelas 1 SD Negeri Kumpulrejo 02 dalam muatan pelajaran PPKn tentang isi sila-sila Pancasila.

Guru menggunakan metode lagu ini karena belajar dari pengalaman waktu kecil ketika mengaji sering diberikan materi melalui metode lagu. Dan sampai sekarang masih ingat benar. Contohnya materi rukun Islam dilagukan lagu Balonku Ada Lima, rukun iman dilagukan lagu Burung Kutilang, amal saleh dilagukan dengan Sedang Apa, dan sebagainya.

Baca juga:  Tetap Sehat dengan Senam Irama

Nah, untuk pembelajaran PPKn tentang isi sila-sila Pancasila guru akan menyampaikan melalui lirik lagu Tombo Ati. Karena siswa kelas 1 SD Negeri Kumpulrejo 02 ini 100 persen Islam. Jadi tidak asing dengan lirik lagu Tombo Ati.

Begini syairnya : Pancasila itu ada lima sila, yang pertama Ketuhanan yang Maha Esa, yang kedua kemanusiaan yang adil dan beradab, yang ketiga persatuan Indonesia, yang ke empat kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan, dan yang kelima keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Sebagai warga negara Indonesia wajib hafal Pancasila.

Langkah pertama yang dilakukan oleh guru adalah mengirim syair lagu dalam bentuk teks, voice note dan video melalui WA grup kelas 1 SD Negeri Kumpulrejo 02. Kemudian guru menginformasikan kepada siswa untuk mendengarkan beberapa kali sampai hafal bersama orang tua.

Baca juga:  Tingkatkan Aktivitas Belajar IPS melalui Model TSTS

Langkah kedua, setelah menyaksikan video dan mendengarkan voice note, guru menginformasikan kepada siswa supaya menghafalkan lagu tersebut. Guru juga meminta orang tua untuk mendampingi siswa dalam menghafalkan lagu Pancasila tersebut.

Siswa diberi kesempatan untuk menghafal selama satu minggu. Selama siswa menghafalkan lagu Pancasila di rumah, guru memberi kesempatan kepada siswa dan orang tua untuk berkomunikasi apabila menemukan kesulitan.

Langkah ketiga, guru meminta siswa untuk mengirimkan hasil rekamannya berupa voice note atau video melalui grup wa kelas 1 SD Negeri Kumpulrejo 02.

Guru meminta dikirim ke grup kelas agar memberi motivasi kepada siswa lain untuk segera mengumpulkan dan mengirimkan hasil terbaiknya. Guru juga menginformasikan bahwa ada hadiah menarik bagi tiga pengirim pertama dan tiga kiriman terbaik dari siswa.

Baca juga:  Flipped Classroom Solusi Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19

Langkah yang keempat, guru merekap hasil kiriman voice note atau video dari anak-anak. Kemudian guru mengumumkan nama-nama tiga pengirim pertama dan tiga hasil terbaik. Nama anak yang diumumkan supaya mengambil hadiah ke sekolah dengan mematuhi protokol kesehatan.

Pembelajaran PPKn pada materi isi sila Pancasila kelas 1 SD Negeri Kumpulrejo 02 melalui media lagu ini ternyata efektif dan menyenangkan. Selain siswa juga paham, ada kedekatan secara emosional yang baik antara siswa dan orang tua. Siswa juga senang mendapatkan hadiah.

Tidak kalah penting adalah siswa yang biasa menyanyi lagu dewasa sekarang sering menyanyikan lagu yang berisi materi pelajaran. Guru menyimpulkan penggunaan media lagu dapat menarik minat dan memudahkan siswa untuk mengingat isi dari sila Pancasila. (ms2/lis)

Guru Kelas 1 SDN Kumpulrejo 02 Salatiga

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya