alexametrics

Trik and Tips Membimbing Siswa agar Siap Ikut AKM SD

Oleh : Asnawi, S.Pd.SD

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) akan menerapkan asesmen nasional sebagai pengganti ujian nasional pada 2021. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim mengatakan, asesmen nasional tidak hanya mengevaluasi capaian peserta didik secara individu, tetapi juga mengevaluasi dan memetakan sistem pendidikan berupa input, proses, dan hasil.

“Potret layanan dan kinerja setiap sekolah dari hasil Asesmen Nasional ini kemudian menjadi cermin untuk kita bersama-sama melakukan refleksi mempercepat perbaikan mutu pendidikan Indonesia,” ujar Mendikbud Nadiem dikutip dari laman Kemendikbud (https://www.kompas.com/tren/read/2020/10/11/103000265/ujian-nasional-jadi-asesmen-nasional-ini-kata-para-guru-?page=all).

Asesmen nasional itu sendiri mencakup tiga hal yakni AKM, survei karakter, dan survei lingkungan belajar. Ujian nasional memang seharusnya tidak dijadikan penentu kelulusan. Apalagi, untuk membuat pemeringkatan baik bagi siswa maupun sekolah. Dampak positif dari kebijakan ini adalah kelulusan tak lagi berbasis mata pelajaran sehingga hal ini mengurangi beban siswa baik dari sisi psikologis maupun ekonomi.

Baca juga:  Flipped Classroom Alternative Pembelajaran Tatap Muka Terbatas

Adapun asesmen itu akan dilakukan di tengah jenjang, misalnya saat kelas 4 SD dan bukan kelas 6 SD, kelas 8 SMP dan bukan kelas 9 SMP, juga kelas 11 SMA bukan kelas 12 SMA. Alasannya, pertama, ujian di tengah jenjang memungkinkan pihak pendidik punya waktu untuk memperbaiki kualitas siswa sebelum lulus dalam suatu jenjang, entah itu lulus SD, lulus SMP, atau lulus SMA.

Perbaikan berdasarkan hasil asesmen dan survei tak akan bisa dilakukan bila hasilnya baru diketahui di akhir jenjang pendidikan. Hasil dari ujian itu bakal menunjukkan kepada guru-guru, siswa mana saja yang membutuhkan bantuan ekstra supaya kualitasnya bisa sesuai target. Alasan kedua, asesmen di tengah jenjang diterapkan agar tak ada lagi ujian akhir yang menjadi beban siswa dan orang tua.

Sebagai guru kelas 4 di SDN Butuh 1 Kec. Kaliangkrik Kab. Magelang, penulis juga berusaha mempersiapkan AKM dengan semaksimal mungkin. Membimbing siswa agar siap menghadapi AKM pasti menjadi salah satu tujuan guru. Soal yang menantang serta beban belajar yang berat membuat guru harus kreatif dalam membimbing siswa.

Baca juga:  Menghitung Bilangan Bulat Asyik dengan Media Karet Gelang

Berikut beberapa tips persiapan menghadapi AKM yang bisa dilakukan guru. Yang pertama adalah membuat daftar bahan untuk dipelajari akan memberi siswa “tantangan nyata” untuk dilakukan. Guru bisa membuat prioritas materi untuk dipelajari, dan siswa bisa menyimpan daftar tersebut sebagai panduan belajar.

Hal ini membuat waktu belajar lebih efisien, dan siswa bisa lebih fokus. Kedua, pasangkan siswa dengan teman di kelas, dan tantang mereka untuk membuat lima hingga 10 soal untuk teman mereka terkait materi yang diajarkan.

Guru membantu mengawasi prosesnya serta memberi saran jika ada yang kesulitan. Membuat soal sendiri akan membuat siswa “menyelam” lebih dalam ke materi yang mereka pelajari. Ketiga, buat waktu khusus selama jam pelajaran untuk mendiskusikan materi tersulit.

Baca juga:  Tingkatkan Pemahaman Matematika dengan Tutor Sebaya

Hal ini akan membantu sebanyak mungkin siswa mempelajari materi sulit (karena kemampuan tiap siswa berlainan). Keempat, diskusikan hal-hal yang menyenangkan tentang cita-cita dan minat bisa membuat siswa termotivasi. Siswa juga akan merasa lebih santai saat menghadapi ujian.

Guru bisa mengaitkan antara materi yang dipelajari dengan potensi karir atau cita-cita para siswa. Diskusi juga akan membuat siswa merasa didengar dan diperhatikan. Dan yang terakhir adalah latihan soal dengan perangkat terbaik, ujian berbasis komputer membutuhkan latihan terus-menerus agar siswa terbiasa.

Demikian tips yang dapat penulis sampaikan untuk mempersiapkan siswa siswi kita dalam menghadapi AKM. (ms1)

Guru di SDN Butuh 1 Kec. Kaliangkrik Kab. Magelang

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya