alexametrics

Tingkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa dengan Quiziz

Oleh: Pas Binasih, S.Pd.SD

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, PANDEMI Covid-19 yang masih melanda negara kita, membuat siswa terkadang merasa jenuh dalam belajar. Mereka masih harus belajar secara daring karena untuk memutus penyebaran Covid-19, pembelajaran belum boleh dilakukan secara tatap muka.Tugas-tugas yang seringkali tidak dapat diselesaikan tepat waktu membuat guru kesulitan dalam melakukan penilaian.

Pembelajaran secara daring juga sering dikeluhkan orang tua, karena orang tua terkadang mengalami kesulitan dalam membantu siswa belajar dari rumah. Selain itu juga siswa menggunakan ponsel mereka untuk bermain game.

Terkadang tugas belajar belum selasai tetapi mereka asyik bermain game. Keterbatasan orang tua dalam membantu siswa belajar secara daring membuat orang tua beberapa kali mengusulkan agar segera dilaksanakan pembelajaran tatap muka.Menghadapi fakta seperti sekarang ini membuat saya harus mencari cara agar kendala-kendala yang ada segera dapat diatasi.

Salah satu hal yang mempengaruhi hasil belajar siswa adalah motivasi. Menurut Sardiman (1988:75) “Motivasi Belajar adalah keseluruhan daya penggerak di dalam diri siswa yang menimbulkan kegiatan belajar, yang menjamin kelangsungan dari kegiatan belajar dan memberi arah dari kegiatan belajar, sehingga tujuan yang dikehendaki oleh subjek belajar tercapai”.

Baca juga:  Whatsapp Group untuk Kemudahan Belajar Bahasa Inggris

Dengan adanya motivasi siswa akan belajar lebih tekun dan giat untuk mancapai hasil belajar yang maksimal. Siswa yang mempunyai semangat belajar akan berkonsentrasi penuh untuk mengikuti pembelajaran sehingga akan mudah memahami materi pembelajaran yang disampaikan oleh guru.

Motivasi menetukan keberhasilan belajar siswa, karena tanpa adanya motivasi akan sulit untuk mencapai keberhasilan. Berbagai cara dilakukan guru untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Untuk mengatasi permasalahan ini guru menggunakan Quizizz untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas VI muatan IPA SDN Windusari 1.

Quizizz merupkan web tool untuk membuat permainan kuis interaktif yang digunakan dalam pembelajaran di kelas. Dengan menggunakan quizizz siswa merasa tertantang untuk bersaing dengan temannya dalam mengerjakan soal. Skor diperhitungkan dengan menjawab dengan cepat dan tepat.

Baca juga:  Rak Telur Rainbow sebagai Pencair Ketegangan Materi Perkalian

Quizizz langsung menampilkan rangking yang bersifat langsung antar peserta Quizizz sehingga siswa merasa bersaing secara langsung. Siswa akan lebih bersemangat belajar karena belajar dengan quizizz sangat menyenangkan dan membuat siswa ketagihan untuk berulang-ulang mengerjakan soal lewat quizizz.

Terkadang jika guru memberikan peluang beberapa kali mengerjakan, membuat siswa yang belum mencapai nilai seratus akan terus mencoba untuk mendapat nilai seratus.Tampilan layar quizizz yang lucu dengan karakter tertentu serta diiringi musik membuat siswa lebih bersemangat.

Kelebihan quizizz bagi siswa yaitu siswa tidak sempat untuk mencontek sesama temannya, karena soal yang diberikan pada siswa yang satu dengan yang lainnya nomornya tidak sama atau acak dan waktunya tertentu yang membuat siswa tidak punya kesempatan membuka buku. Sehingga kejujuran siswa bisa selalu ditanamkan dan akan membentuk karakter yang baik.

Baca juga:  Media Audio Visual yang Mengasyikkan bagi Siswa

Setelah saya menggunakan quizizz dalam menyampaikan materi dan latihan soal-soal siswa kelas VI SDN Windusari 1 begitu antusias dan bersemangat dalam belajar. Hasil pengumpulan tugas pun secara otomatis setelah siswa selesai mengerjakan soal.

Jadi siswa tidak perlu repot menulis banyak jawaban di buku. Dengan menggunakan quizizz siswa lebih cepat selesai mengerjakan tugas-tugasnya. Nilai siswa pun meningkat karena mereka lebih tertantang untuk belajar dan bersaing secara sehat.

Berbagai variasi soal dan muatan pelajaran yang berbeda-beda membuat siswa lebih bersemangat karena selain belajar dengan quizizz menyenangkan, juga mereka mendapat nilai yang memuaskan. (ms1/zal)

Guru SDN Windusari 1, Kabupaten Magelan

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya