alexametrics

Belajar Asyik dengan Quizizz

Oleh : Noviarinta Susilowati, S.Pd.SD

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Masa pandemi Covid-19 merupakan suatu kondisi yang mendorong perubahan pembelajaran di sekolah. Pembelajaran yang semula tatap muka langsung di kelas harus beralih menjadi pembelajaran moda jaringan (daring), pembelajaran jarak jauh atau belajar dari rumah.

Masa pandemi Covid-19 yang berkepanjangan akan menciptakan kejenuhan pada diri siswa. Variasi kegiatan belajar sangat diperlukan agar kondisi pembelajaran yang ideal dapat diwujudkan di tengah keterbatasan interaksi sosial.

Dengan kemajuan ilmu pengetahuan serta teknologi informasi dan komunikasi yang didukung dengan adanya era digitalisasi atau era revolusi industri 4.0 mampu menciptakan aplikasi pembelajaran digital yang digunakan secara efektif dan efisien sebagai media pembelajaran.

Azhar Arsyad (2002: 4) menyatakan media pembelajaran meliputi alat yang secara fisik digunakan untuk menyampaikan isi materi pengajaran. Inovasi media pembelajaran sangat diperlukan agar siswa tidak merasa bosan dan aktif selama proses belajar mengajar.

Baca juga:  Pahami Uang dan Bank dengan Kuis Suka-Suka

Salah satu bentuk inovasi pembelajaran berupa penggunaan quizizz dalam proses evaluasi sebagai platform latihan soal terhadap hasil belajar siswa. Quizizz merupakan media pembelajaran berbasis web yang dikombinasikan dengan permainan.

Media berbasis web ini memiliki jutaan kuis berbagai bidang yang dapat diakses oleh guru maupun siswa. Selain itu, quizizz menjadikan pembelajaran berpusat pada siswa. Karena siswa terlibat aktif dalam pembelajaran.

Menurut Amornchewin (2018:87) quizizz merupakan suatu alat atau media pembelajaran yang dipercaya dapat memberikan motivasi siswa dalam pembelajaran dengan fitur-fitur menarik. Aplikasi quizziz menyajikan beberapa fitur yang menarik. Antara lain desain huruf yang beragam, latar belakang dan tata letak yang berwarna-warni, adanya umpan balik dan reward saat menjawab benar atau salah. Adanya leader board untuk melihat peringkat kelas berdasarkan skor yang diperoleh, adanya fitur permainan dalam bentuk beregu atau klasikal.

Baca juga:  Pembelajaran IPS selama Pandemi dengan Media Video

Pemanfaatan aplikasi quizziz sebagai bentuk inovasi dalam latihan soal yang sesuai dengan karakteristik siswa saat ini. Sebagian siswa tergolong generasi milenial yang sangat dekat dengan teknologi dan berjiwa kompetisi tinggi. Gawai dan laptop menjadi kebutuhan mendasar siswa untuk belajar online, bermedia sosial dan bermain game.

Quizizz berbasis web mampu memenuhi kebutuhan belajar siswa. Memberikan kesempatan kepada siswa agar belajar lebih giat untuk memperoleh peringkat teratas, siswa akan termotivasi berpikir cepat, kreatif dan menumbuhkan sikap kompetitif atau bersaing secara sehat untuk memperoleh skor maksimal.

Aplikasi quizizz juga penulis gunakan dalam proses belajar mengajar di SDN 1 Sendangharjo. Latihan soal yang diberikan guru melalui aplikasi WhatshApp, Google Classroom, Google Form, YouTube maupun aplikasi penugasan lainnya secara monoton membuat siswa bosan dan kurang interaktif.

Baca juga:  Risiko Nikahi Pria Berondong

Melalui quizizz, kegiatan evaluasi dibuat lebih interaktif, siswa mengerjakan soal dengan menggunakan gawai masing-masing untuk menjawab pertanyaan. Gguru memberikan umpan balik terhadap jawaban siswa. Skor siswa dan peringkat kelas dapat dilihat secara langsung di leader board.

Siswa terlihat antusias mengerjakan soal evaluasi yang dibuat dengan aplikasi quizizz. Skor yang diperoleh siswa saling bersaing untuk mendapatkan peringkat pertama dengan rata-rata hasil belajar meningkat.

Dengan pemanfaatan media belajar quizizz mampu menciptakan inovasi pembelajaran berbasis web atau online yang menarik, interaktif dan menyenangkan.

Siswa memiliki tantangan tersendiri saat mengerjakan soal dengan adanya sistem kompetisi. Proses belajar mengajar pada platform latihan soal juga tidak monoton dan membosankan bagi siswa. Guru dapat mengetahui pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran yang disampaikan dengan cara yang kreatif dan inovatif. (*/lis)

Guru SDN 1 Sendangharjo, Blora

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya