alexametrics

Tingkatkan Atusias Belajar Daring dengan Quizizz

Oleh : Ranti Lestari Agustin,S.Pd.SD

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Perkembangan dunia gadget dengan cepat sangat membantu kehidupan sehari-hari termasuk dalam dunia pendidikan.

Terlebih di masa pandemi ini pembelajaran secara daring menjadikan gadget berperan penting dalam proses pembelajaran baik dalam mengerjakan tugas maupun mempelajari materi yang diberikan oleh para guru.

Hal itu juga yang terjadi di SDN Krasak 1, Kecamatan Salaman, Kabupaten Magelang. Pembelajaran daring menuntut guru lebih aktif dan kreatif dalam memanfaatkan fitur-fitur pada gadget atau HP Android.

Agar siswa-siswi tidak bosan dengan model pembelajaran daring yang monoton kita bisa menggunakan aplikasi Quizizz.

Quizizz adalah aplikasi pembelajaran gratis yang menyenangkan untuk memudahkan guru dalam memberikan kuis kepada para siswa. Fitur-fitur menarik dari Quizizz yang pertama, kecepatan siswa : Pertanyaan muncul di layar masing-masing siswa, sehingga siswa dapat menjawab pertanyaan dengan langkah dan kecepatan setiap siswa masing-masing dan para siswa dapat meninjau jawaban mereka di akhir.

Baca juga:  Tingkatkan Aktivitas Belajar Tema Siswa dengan Model Cooperative Script

Kedua Bring Your Own Device (BYOD). Artinya tiap siswa dapat menggunakan perangkatnya sendiri. Quizizz dapat dimainkan oleh siswa menggunakan segala jenis perangkat dengan browser, termasuk PC, laptop, tablet, dan smartphone.

Ketiga, jutaan kuis public. Guru-guru hebat di seluruh dunia telah membuat jutaan pertanyaan hebat tentang Quizizz setiap hari. Upaya komunitas ini menghasilkan konten hebat yang dapat digunakan semua orang.

Keempat, editor kuis. Editor Quizizz adalah editor kuis yang paling hebat di dunia.Kelima, Quizizz tidak ingin membuat kita repot membuat kuis. Kita bisa mengumpulkan pertanyaan dari kuis apapun dengan mudah dan menambahkan gambar dari internet secara otomatis. Menyimpan proses yang belum selesai dan banyak fitur lainnya.

Baca juga:  Pentingnya Kemandirian dalam PJJ

Keenam, laporan. Quizizz memberi kita laporan siswa di kelas yang terperinci untuk setiap kuis yang kita share atau bagikan ke siswa.Kita juga dapat mengunduh laporan sebagai kumpulan data dalam bentuk Excel.

Guru memiliki beberapa pilihan untuk menyesuaikan kuis mereka dengan mengubah tingkat kesulitan, batas kecepatan, dan faktor lainnya sesuai dengan karakteristik siswa di masing-masing daerah yang tentunya akan berbeda antara satu daerah dengan daerah lainya.

Keadaan aktif dan menyenangkan ketika bermain kuis di aplikasi Quizizz membantu guru mengukut tingkat pemahaman yang dikuasai siswa setelah pembelajaran berlangsung. Sebab pembelajaran memiliki sejumlah tujuan pembelajaran yang harus dicapai. Jika pembelajaran hanya aktif dan menyenangkan tetapi tidak efektif maka pembelajaran tersebut tidak ubahnya seperti permainan biasa (Muslih, 2014).

Baca juga:  Pemanfaatan Geogebra dalam Pembelajaran Matematika di SMP

Guru kelas 5 di SDN Krasak 1 sudah menggunakan aplikasi Quizizz untuk para siswanya. Kuis yang sudah dibuat oleh guru melalui aplikasi Quizizz dibagikan melalui link atau tautan kepada siswa yang di share di group WhatApp kelas. Tampilan pertanyaan pada kuis yang dilengkapi dengan musik dan emotion yang lucu sebagai tanggapan atas jawaban siswa membuat siswa sangat antusias.

Antusiasme siswa dalam mengerjakan soal-soal di aplikasi Quizizz secara tidak langsung dapat meningkatkan pemahaman siswa dalam berbagai mata pelajaran. Karena pembelajaran merupakan suatu kegiatan yang dilakukan sedemikian rupa sehingga tingkah laku siswa berubah kearah yang lebih baik (Darsono,2015:24).

Guru Kelas 5 SDN Krasak 1, Kec. Salaman, Kabupaten Magelang

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya