alexametrics

Serunya Belajar Caption melalui Aplikasi Textgram

Oleh : Sabrawi, S.Pd

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Pembelajaran di era revolusi industi 4.0 saat ini, diharapkan dapat memfasilitasi siswa untuk mengembangkan kemampuan berupa literasi data (data literacy), literasi teknologi (technological literacy), dan literasi manusia (human literacy).

Literasi data dapat dipahami sebagai kemampuan untuk memahami dan memanfaatkan data secara efektif untuk mengambil keputusan ataupun untuk memecahkan masalah. Salah satu cara untuk memfasilitasi kemampuan siswa tersebut. Khususnya kemampuan terkait literasi teknologi, dengan memanfaatkan teknologi digital.

Teknologi digital yang dimaksud dapat berupa mobile learning, media sosial, game, pembelajaran elektronik berbasis awan, augmented reality, dan virtual learning. Meskipun pada penerapannya di lapangan terdapat kendala sebagaimana dialami di SMA Negeri 1 Kajen. Masih terdapat siswa yang kesulitan dalam mata pelajaran bahasa Inggris pada penguasaan materi pembelajaran caption.

Penulis menerapkan media Textgram dalam pembelajaran caption di kelas XII. Menurut Hamdani (2011:73) media pembelajaran harus meningkatkan motivasi, merangsang, mengingat apa yang sudah dipelajari, dan mengaktifkan siswa dalam memberikan tanggapan, umpan balik, dan mendorong siswa melakukan praktik yang baik.

Menurut Murhaini (2016:60) m-learning didefinisikan sebagai suatu pembelajaran yang menggunakan peralatan (device) bergerak seperti PDAs, telepon genggam, iPod, tablet PC, Play Station Portable, dan lain-lain. Intinya, m-learning dipandang sebagai suatu model pembelajaran yang memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) bergerak.

Tujuan pembelajaran siswa mampu mengidentifikasi dengan benar dan akurat fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks. Khusus berbentuk caption lisan dan tulis sesuai dengan konteks penggunaannya. Siswa terampil menyusun teks khusus berbentuk caption lisan dan tulis dengan benar, akurat dan bermakna. Siswa mampu menggunakan kosakata yang relevan dengan akurat.

Beberapa kelebihan aplikasi Textgram di antaranya mudah digunakan, mempunyai banyak efek untuk teks, menyediakan canvas atau background. Sehingga akan berguna saat siswa ingin membuat tulisan kata bijak misalnya, tetapi tidak mempunyai foto untuk latar belakangnya maka kita tinggal pilih background dari menu canvas yang sudah disediakan.

Berikut ini cara penerapan aplikasi Textgram dalam materi pembelajaran caption dikelas XII: pertama, guru melakukan apersepsi dan memberikan motivasi. Kemudian menjelaskan terkait materi caption, tujuan pembelajaran dan indikator capaian kompetensinya.

Memberikan contoh-contoh dalam bentuk slide yang ditampilkan di kelas virtual. Lalu, guru memberi penugasan langsung untuk mempraktikan membuat caption motivasional. Selanjutnya, guru meminta siswa mengunduh aplikasi Textgram dari Google Play Store melalui link yang disediakan guru atau langsung mendownload ke Play Store. Setelah itu jalankan.

Selanjutnya tap tombol plus merah di pojok kanan bawah.

Jika ingin menggunakan gambar sendiri sebagai latar belakang pilih empty canvas kemudian silakan cari foto yang akan dijadikan sebagai latar tulisan dari galeri HP. Sedangkan jika ingin menggunakan background yang sudah disediakan pilih template mode. Setelah latar dipilih, tambahkan tulisan dengan cara tap dua kali pada kotak text dan tulisan kata-kata yang diinginkan lalu pilih update Text.

Berikutnya sesuaikan style atau efek baik pada tulisan maupun gambar background-nya melalui menu yang ada di bagian bawah. Untuk memilih geser ke kanan atu kiri. Jika sudah selesai, pilih next lalu save. Setelah itu masing-masing siswa menunjukkan hasil belajarnya. Terakhir, guru memberikan feedback terhadap hasil pekerjaan siswa.

Pembelajaran caption dengan aplikasi Textgram akan membuat siswa lebih termotivasi dalam menggali pengetahuan dan kemampuannya. Kelas lebih menyenangkan dan seru. Karena semua siswa bekerja dan berusaha untuk menampilkan yang terbaik. Penerapan media ini akan tepat digunakan jika guru mampu mengatur waktu dengan baik serta memastikan sinyal internet baik. (ct1/lis)

Guru Bahasa Inggris SMA Negeri 1 Kajen

Menarik

Artikel Terkait

Terbaru

Lainnya

Populer

Artikel Menarik Lainnya