alexametrics

Pentingnya Penerapan Pendidikan Karakter, Awal Pembelajaran Masa Pandemi

Oleh: Rahatun, S.Pd.

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Kegiatan belajar mengajar di tanah air berubah kala virus corona masuk ke Indonesia. Pemangku kebijakan negeri ini memutuskan kegiatan tersebut dilakukan di rumah secara online atau dengan model dalam jaringan (daring). Sudah 2 tahun lebih pembelajaran dilaksanakan secara daring, tentu kreativitas para guru ditekankan agar para anak nyaman belajar. Pembelajaran daring merupakan metode belajar jarak jauh yang populer sejak pandemi.

Ada baiknya Anda mengetahui tentang apa itu pembelajaran daring, bagaimana metodenya yang efektif, serta tips belajar online di rumah. Pembelajaran daring merupakan metode belajar yang sarat dengan teknologi komunikasi. Sejak virus corona merebak di Indonesia, belajar dengan cara online menjadi andalan institusi pendidikan baik sekolah formal maupun non formal.

Pembelajaran dalam jaringan (daring) selama siswa belajar di rumah memiliki banyak tantangan. Salah satunya tidak semua siswa mengerjakan tugas daring yang diberikan oleh guru. Meski demikian pihak sekolah mengupayakan kualitas pembelajaran daring tetap terjaga. banyak kendala pembelajaran daring, salah satunya tidak semua siswa melaksanakan tugas yang diberikan guru secara daring. Di samping itu, ada juga guru yang tidak sepenuhnya menguasai teknologi informasi secara bagus.

Pengalaman awal masa pandemi penulis berusaha menyarankan kepada para guru SDN 01 Pantirejo Kecamatan Kesesi supaya mampu melaksanakan Work from Home (WFH) dengan sebaik-baiknya dari rumah. Dan menganjak orang tua untuk mendampingi anaknya belajar di rumah.

Begitu juga orang tua pintar-pintar membangkitkan semangat anak agar tak bosan dengan diajak belajar bersama kakak dan orang tuanya. Ini dapat dimanfaatkan untuk menjalin kedekatan. Keberhasilan pembelajaran yang ditempuh siswa dapat dilihat dari hasil belajar melalui evaluasi.

Evaluasi menjadi tolok ukur berhasil atau tidaknya suatu kegiatan pembelajaran, melalui evaluasi ini akan diketahui seberapa besar ketercapaian siswa dalam pencapaian tujuan pembelajaran. Jangan sampai pembelajaran daring menjadikan tujuan pembelajaran yang sebenarnya tidak tercapai secara maksimal dan optimal. Langkah-langkah yang harus dilakukan dalam pemberian materi di masa pandemi pada peserta didik SDN 01 Pantirejo antara lain : Pertama, Penguatan Pendidikan Karakter (PPK).

Pendidikan karakter merupakan hal penting yang harus diperkuat oleh bangsa Indonesia di tengah era globalisasi dan pandemi. pengaruh negatif globalisasi. Kedua, keterampilan literasi, di era digital sekarang minat siswa untuk membaca rendah, maka dari itu ada upaya untuk memperkuat minat siswa untuk membaca dan menulis dengan dicanangkannya kegiatan Gerakan Literasi Sekolah (GLS). Ketiga, pembelajaran 4C (communication, collaboration, critical thinking and problem solving, dan creativity and innovation).

Komunikasi, dalam pembelajaran diharapkan terjadinya interaksi antara guru dengan siswa, siswa dengan siswa, dan tiga arah siswa dengan siswa yang melibatkan guru. Dengan adanya interaksi diharapkan nanti mampu menciptakan suasana belajar yang menarik dan bermakna. Kolaborasi, pembelajaran diharapkan terjadinya kolaborasi satu sama lainnya untuk meraih tujuan bersama.

Kritis, siswa hendaknya dilatih untuk mampu berpikir kritis dalam setiap kegiatan pembelajaran. Kreatif, siswa diharapkan mampu menerapkan dan memanfaatkan ilmu yang diperoleh untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Keempat, pengembangan HOTS. Di sini guru dituntut untuk mampu mengajak siswa mampu dan terbiasa untuk berpikir HOTS.

Pendidikan jarak jauh merupakan sesuatu wujud pembembelajaran mandiri. Dengan diterapkannya kebijakan Work from Home (WFH), sehingga dapat meningkatkan peserta didik untuk memahami teknologi pendidikan secara digital. Dengan tuntutan kebutuhan tersebut, maka membuat mereka bisa mengenali media online yang sebagai pengganti pendidikan di kelas secara langsung, tanpa kurangi mutu modul pendidikan serta sasaran pencapaian dalam pembelajaran. (ct3/ton)

Kepala Sekolah SDN 01 Pantirejo Kec. Kesesi Kab. Pekalongan

Menarik

Artikel Terkait

Terbaru

Lainnya

Populer

Artikel Menarik Lainnya