alexametrics

Media Poster sebagai Bentuk Cinta Tanah Air UBN pada Masa Pandemi Covid-19

Oleh : Abdul Rahman, S.Pd

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Dalam setiap pembelajaran guru berusaha untuk mengadakan variasi dalam mengajar.

Hal ini dilakukan agar peserta didik tidak merasa bosan jenuh dan tidak bergairah dalam belajar. Dengan adanya variasi dalam pembelajaran diharapkan peserta didik dapat mengikuti pembelajaran dengan senang, gembira dan tentu dapat berprestasi dalam mencapai kompetensi dasar.

Pada kesempatan ini penulis akan menyampaikan pembelajaran PPKn Kompetensi Dasar 4.4 Mengorganisasikan kegiatan lingkungan yang mencerminkan konsep cinta tanah air dalam konteks kehidupan sehari-hari di kelas IX SMP Negeri 3 Sawangan.

Pembelajaran dilakukan secara online dengan sarana WA grup kelas. Pembelajaran online menurut Dabbagh dan Ritland (2005:15) adalah sistem belajar yang terbuka dan tersebar dengan menggunakan perangkat pedagogi (alat bantu pendidikan) yang memungkinkan melalui internet dan tehnologi berbasis jaringan.

Walaupun pembelajaran dilaksanakan secara online, penulis tetap melaksanakan pembelajaran sesuai jadwal pelajaran seperti pada saat pembelajaran dilakukan dengan tatap muka di sekolah. Setelah guru masuk ke grup WA kelas SMP Negeri 3 Sawangan, maka peserta didik disuruh mengisi daftar hadir secara online, untuk menunjukkan bahwa mereka berada di suatu tempat yang diharapkan (berada di rumah sesuai dengan anjuran pemerintah).

Baca juga:  Peran Pendidik menjadi Personal Tokoh

Langkah awal guru menjelaskan beberapa langkah untuk melaksanakan pembelajaran dan mengirimkan file kompetensi dasar, indikator dan materi esensial dalam masing-masing indikator.

Peserta didik diberi waktu dan kesempatan untuk membaca atau mempelajari file yang telah dikirimkan oleh guru. Peserta didik diberi kesempatan unttuk bertanya langsung melalui grup WA tersebut.

Setelah tanya jawab tentang materi sesuai kompetensi tersebut, guru mengirimkan file penugasan disertai dengan sedikit penjelasan tentang tugas tersebut.

Dalam file penugasan tersebut peserta didik disuruh membuat poster dengan tema “Cinta Tanah Air sebagai Bentuk Usaha Bela Negara. Peserta didik diberi kesempatan untuk bertanya jawab yang berkaitan dengan tugas yang harus dibuatnya.

Baca juga:  Meningkatkan Minat Baca Masyarakat Menuju SDM Unggul

Waktu yang diberikan untuk membuat poster adalah 60 menit. Poster dibuat dalam kertas gambar dengan menggunakan alat tulis pensil, bolpoint, spidol, pensil warna dan lain-lain sesuai yang dimiliki oleh peserta didik. Demikian juga kertas gambar dapat diganti dengan kertas lain misalnya kertas kalender, kertas folio atau HVS sesuai dengan kemampuan peserta didik.

Hal ini untuk menghindari terjadinya permasalahan yaitu di tempat tinggalnya, tidak memiliki kertas gambar dan alat tulis yang di anjurkan. Sehingga dengan adanya kebebasan dalam membuat poster ini, peserta didik memiliki kebebasan dan kreativitas untuk memilih media sesuai dengan kemampuannya dalam membuat poster, belajar PPKn selain mendapat materi peserta didik juga dapat menyalurkan ide-ide baru dalam bentuk gambar dan tulisan.

Setelah waktu 30 menit mengerjakan poster, peserta didik diberi kesempatan untuk mengambil foto poster yang telah dibuat. Langkah selanjutnya peserta didik harus mengirimkan foto poster bertema “Cinta Tanah air sebagai Bentuk Usaha Bela Negara” kepada guru melalui HP guru. Satu per satu mereka mengirimkan foto posternya maka kegiatan pembelajaran online PPKn pun diakhiri.

Baca juga:  Pancasila sebagai Karakter Bangsa dalam Pilar Pendidikan

Selanjutnya, guru membuka dan memberikan komentar hasil pekerjaan peserta didik satu persatu. Komentar yang diberikan oleh guru mendapat tanggapan yang baik dari peserta didik dan terjadilah komunikasi yang lebih dekat antara guru dan peserta didik.

Walaupun kegiatan pembelajaran online menggunakan media yang sederhana, namun dalam hal ini peserta didik dapat melaksanakan tugas pembelajaran dengan lancar. Biaya lebih murah dan tetap dapat menjaga tidak terjadi pengumpulan massa, misalnya belajar kelompok.

Semoga dengan pembelajaran online akan mempermudah komunikasi dengan peserta didik. (ms1/lis)

Guru PPKn SMPN 3 Sawangan, Kabupaten Magelang

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya