alexametrics

Telegram Voice Note Tingkatkan Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris Siswa

Oleh : Nur Kesumawati, S.Pd

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Pandemi Covid-19 berdampak pada berbagai aspek kehidupan salah satunya pendidikan. Proses pembelajaran dari tatap muka menjadi pembelajaran jarak jauh. Pendidik dituntut mendesain pembelajaran dengan memanfaatkan media daring (online). Hal Ini sesuai keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia terkait Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Covid-19.

Menurut Finnochiaro dan Bonomo (1973: 110), untuk menumbuhkan minat dan mendorong komunikasi, percakapan sederhana harus diikutsertakan pada awal pembelajaran, lagu harus diajarkan, cerita harus diperkenalkan sehingga siswa dapat meresponnya. Tetapi, pada waktu yang bersamaan juga harus diajarkan tentang unsur-unsur bahasa yang lainnya, seperti grammar dan pronunciation.

Sedangkan Robinett (1978) menjelaskan aktivitas lisan akan lebih bisa dikendalikan, atau dengan kata lain lebih bebas. Dia juga menyatakan harus diperhatikan juga masalah yang berkaitan dengan pengucapan (pronunciation) pada waktu mengajarkan speaking.

Baca juga:  Kendala Pembelajaran Matematika dengan Metode Daring

Kesimpulannya, pembelajaran speaking (berbicara) tidak dapat dipisahkan dari kehidupan sehari-hari terutama berkaitan dengan komunikasi yang dilakukan setiap hari. Untuk mencapai pembelajaran speaking yang efektif, proses pembelajaran harus berhubungan dengan percakapan yang otentik. Selain itu guru juga harus bisa mendorong siswa mengekspresikan gagasannya dalam kelas. Dalam pembelajaran speaking, grammar (termasuk kosakata dan structure) sebaiknya diajarkan selangkah demi selangkah sehingga siswa dapat mengikuti dengan baik dan akan tercapai hasil sesuai yang diharapkan.

Berbicara adalah suatu kegiatan orang bisa berkomunikasi dengan orang lain. Setidaknya ada dua orang yang terlibat dalam kegiatan ini sebagai pembicara dan sebagai pendengar. Ur (1996:12) seperti dikutip oleh Herman (2016) mengatakan berbicara adalah salah satu keterampilan paling penting. Kita harus memiliki keterampilan lain dalam berbicara seperti penguasaan tata bahasa, keterampilan mendengar, penguasaan kosakata dan pengucapam (pronunciation) yang baik. Melatih peserta didik berbicara atau berkomunikasi untuk mengembangkan secara interpersonal, baik bersikap, berbicara, maupun bertindak.

Baca juga:  Asyiknya Belajar Gagasan pada Teks dengan Scramble

Telegram mulai digunakan di dalam dunia pendidikan sebagai media informasi dan pembelajaran. Melalui fiturnya voice note akan lebih menyenangkan tanpa harus mengetik menggunakan keyboard. Pembelajaran menggunakan Telegram melalui fitur voice note melatih siswa berbicara dengan percaya diri. Penulis dalam upaya meningkatkan kemampuan berbicara bahasa Inggris di kelas XI IPS 1 SMAN 1 Sragi menggunakan media Telegram melalui fitur voice note.

Voice note merupakan rekaman suara interaktif yang digunakan dalam pembelajaran jarak jauh (PJJ) siswa meningkat. Penulis berinteraksi dengan siswa ketika jam PJJ dimulai dengan menggunakan bahasa Inggris dari mulai sapaan sampai berdiskusi tentang materi yang diberikan. Penulis dan siswa membuat kesepakatan bahwa setiap lontaran sapaan atau pertanyaan di grup Telegram menggunakan voice note harus menjawab menggunakan voice note juga. Sebagai tanda kehadiran dan keaktifan siswa di pembelajaran jarak jauh bahasa Inggris di SMAN 1 Sragi khususnya di kelas XI IPS 1.

Baca juga:  Mudah Pahami Bacaan Describing Animal dengan Team Quiz

Pembelajaran dengan Telegram melalui fitur voice note dapat meningkatkan kemampuan berbicara bahasa Inggris siswa. Khususnya kelas XI IPS 1 SMAN 1 Sragi mata pelajaran bahasa Inggris. Guru dapat menyampaikan materi pembelajaran dengan mudah menggunakan media Telegram melalui fitur voice note. Siswa-siswa kelas XI IPS 1 SMAN 1 Sragi menjadi semangat belajar speaking tanpa harus dipaksa.

Dapat disimpulkan pembelajaran menggunakan Telegram melalui fitur voice note bisa meningkatkan kemampuan berbicara bahasa Inggris siswa. Penggunaan Telegram voice note meningkatkan motivasi siswa untuk melatih pengucapan mereka yang selama PJJ terabaikan. Motivasi yang tinggi dan pendampingan berlatih secara terus-menerus bisa meningkatkan kemampuan berbicara bahasa Inggris. (pr1/lis)

Guru Bahasa Inggris SMAN 1 Sragi

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya