alexametrics

Menulis Teks Prosedur Lebih Mudah melalui Makanan Favorit

Oleh : Eni Pujiati, S.Pd

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Menulis merupakan salah satu keterampilan berbahasa yang harus dimiliki siswa. Mulai dari siswa SD sampai perguruan tinggi. Sebagai salah satu aspek dari keterampilan berbahasa, menulis atau mengarang merupakan kegiatan yang kompleks.

Kompleksitas menulis terletak pada tuntutan kemampuan penulis untuk menata dan mengorganisasikan ide secara sistematis dan logis, serta menyajikannya dalam ragam bahasa tulis sesuai kaidah penulisan.

Akan tetapi, di balik kerumitannya, menulis menjanjikan manfaat besar dalam membantu pengembangan daya inisiatif dan kreativitas, kepercayaan diri dan keberanian. Serta kebiasaan dan kemampuan dalam menemukan, mengumpulkan, mengolah, dan menata informasi.

Menulis pada hakikatnya suatu proses berpikir yang teratur. Sehingga apa yang ditulis mudah dipahami pembaca.

Menulis mempunyai empat tujuan. Yaitu mengekpresikan diri, memberikan informasi kepada pembaca, mempersuasi pembaca, dan menghasilkan karya tulis. Dalam kegiatan literasi diharapkan membudayakan siswa gemar membaca buku di waktu senggangnya. Tetapi sayangnya kegiatan literasi sulit diterapkan kepada seluruh siswa khususnya siswa SMP Negeri 1 Wonopringgo.

Saat kegiatan literasi disuruh membawa buku mereka beralasan lupa. Saat ditunggu guru, mereka melakukan kegiatan literasi dengan benar. Begitu ditinggal guru, mereka lebih senang bermain daripada membaca. Mereka tidak suka membaca maka kegiatan menulisnya juga terkendala dengan ide-ide baru.

Berdasarkan hasil belajar peserta didik SMPNegeri 1Wonopringgo, berkaitan dengan keterampilan siswa dalam menulis teks prosedur masih rendah belum mencapai nilai ketuntasan belajar 76.

Adapun rendahnya keterampilan siswa dalam menulis teks prosedur ini disebabkan beberapa faktor. Pertama kesulitan dalam menentukan kata-kata yang cocok untuk suatu aktivitas. Kedua, susah mengembangkan kalimat. Ketiga, kesulitan menulis teks prosedur yang tepat dan jelas karena tidak terbiasa mengemukakan fakta dan idenya dalam komunikasi tulis.

Kendala-kendala lain yang dihadapi siswa dalam menulis teks prosedur tersebut disebabkan dalam pembelajaran menulis teks prosedur belum dilaksanakan secara optimal. Terutama dalam penggunaan media pembelajaran.

Selain itu, model pembelajaran guru yang kurang variasi. Guru hanya menggunakan model pembelajaran satu arah yakni ceramah. Siswa lebih banyak diberikan ceramah tentang teori yang berkaitan dengan teks prosedur sedangkan praktik penulisan masih kurang.

Melalui makanan favorit yang biasa dimakan sebagai media pembelajaran diharapkan memudahkan siswa menulis teks prosedur. Makanan favorit dapat mendukung proses pembelajaran. Dapat merangsang keterampilan berpikir siswa melalui benda yang sering mereka makan, lihat dan jumpai, diharapkan siswa dapat menuangkan dalam tulisan.

Adapun langkah-langkah dalam pembelajaran menulis teks prosedur dengan menggunakan makanan favorit : pertama kegiatan pendahuluan. Yakni mengucapkan salam dan berdoa, menanyakan kabar peserta didik dan memotivasinya agar semangat dalam belajar di masa pandemi. Ice breaking untuk menambah fokus siswa. Mengaitkan materi minggu lalu dan menjelaskan tujuan pembelajaran hari ini. Menyuruh siswa mengeluarkan makanan favorit yang dibawa dari rumah.

Kedua, kegiatan inti meliputi mengamati dan bertanya jawab tentang struktur menulis teks prosedur, mengamati dan mengidentifikasi masalah dari makanan favorit yang dibawa dari rumah. Siswa mengorganisasi data/bahan, alat, langkah-langkah atau cara membuat dan cara menyajikan yang dapat digunakan dalam memecahkan masalah tentang cara membuat makanan favorit.

Presentasi hasil diskusi dan menyajikan karya. Kelompok lain menanggapi hasil pekerjaan kelompok lain, dan menyimpulkan hasil dari pekerjaan semua kelompok. Ketiga penutup, berupa menyimpulkan materi yang dipelajari hari ini. Melakukan refleksi terhadap manfaat dan kendala yang dihadapi dalam pembelajaran.

Menyampaikan materi selanjutnya dan berdoa serta salam. Dalam hasil pembelajaran menulis teks prosedur dengan media makanan favorit, 90 persen siswa mampu menuangkan idenya sesuai struktur teks prosedur dengan tepat. (pr1/lis)

Guru SMP Negeri 1 Wonopringgo

Menarik

Artikel Terkait

Terbaru

Lainnya

Populer

Artikel Menarik Lainnya