alexametrics

Tingkatkan Hasil Belajar Pecahan dengan Teknik Penjumlahan Pengurangan Bersusun

Oleh: Kartoyo,S.Pd.SD

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, MATEMATIKA merupakan salah satu bidang studi yang ada pada semua jenjang pendidikan, mulai dari tingkat sekolah dasar hingga perguruan tinggi (Susanto, 2013: 183).

Matematika juga berperan penting dalam dunia kerja, oleh karena itu matematika wajib dipelajari dan dikuasai oleh siswa guna menghadapi persaingan dalam dunia kerja.

Sebagian siswa berpendapat, matematika merupakan pelajaran yang sulit, sehingga banyak siswa yang tidak suka dengan pelajaran tersebut. Salah satunya materi penjumlahan dan pengurangan pecahan campuran yang kurang dipahami siswa.

Terbukti hasil yang dicapai siswa pada KD.3.3. Menjelaskan dan melakukan operasi hitung campuran yang melibatkan bilangan cacah, pecahan, dan atau desimal dalam berbagai bentuk sesuai urutan operasi, kelas 6 semester 1 SD Negeri 2 Pengkol Jepara rendah.

Solusi yang digunakan untuk meningkatkan hasil belajar penjumlahan dan pengurangan pecahan campuran yaitu dengan teknik bersusun.

Baca juga:  Penanaman Pendidikan Karakter Siswa di Sekolah Dasar dan di Masyarakat

Penjumlahan merupakan suatu aturan yang mengaitkan setiap pasangan bilangan dengan bilangan yang lain. Penjumlahan ini mempunyai beberapa sifat yaitu: sifat pertukaran (komutatif), sifat identitas, dan sifat pengelompokan asosiatif (Sukayati, 2011:24).

Pengurangan merupakan kebalikan dari penjumlahan, tetapi pengurangan tidak memiliki sifat yang dimiliki oleh penjumlahan.

Pengurangan tidak memenuhi sifat pertukaran, sifat identitas, dan sifat pengelompokan.(Sukayati, 2011:24). Pecahan adalah bilangan yang menggambarkan bagian dari suatu keseluruhan, bagian dari suatu daerah, bagian dari suatu benda, atau bagian dari suatu himpunan.

Apabila daerah A dibagi dalam delapan bagian yang sama, maka setiap bagian adalah seperdelapan dari seluruh daerah. Lebih lanjut Hartana (2010:159) menjelaskan dalam bilangan pecahan menggunakan tanda “___”. Dalam bilangan pecahan terdapat pembilang dan penyebut.

Baca juga:  Tumbuhkan Minat Belajar Matematika melalui Media Blok Pecahan

Pembilang adalah bilangan yang terletak di atas garis pada bilangan pecahan, sedangkan penyebut adalah bilangan yang terletak di bawah garis pada bilangan pecahan. Pecahan campuran adalah pecahan yang terdiri dari bilangan bulat dan bilangan pecahan. Pecahan campuran bisa didapat dari pecahan biasa dengan membagi pembilang dengan penyebutnya. Contoh : sembilan perempat sama artinya sembilan dibagi empat hasilnya dua dan sisa satu.

Cara menyelesaikan penjumlahan pecahan campuran dengan teknik bersusun yaitu pecahan ditulis mendatar kemudian ditulis ulang dengan bersusun. Bilangan bulat urut dengan bilangan bulat, pecahan urut dengan pecahan. Setelah itu dijumlahkan kebawah.

Syarat penjumlahan pecahan harus berpenyebut sama, jika belum sama maka harus disamakan dengan menentukan kelipatan persekutuan terkecil penyebut kedua pecahan. Apabila penyebut sudah sama maka tinggal menjumlahkan kedua pembilang dan penyebutnya tetap. Bilangan bulat dijumlah ke bawah. Jika pecahan pembilangnya lebih besar dari penyebut, maka pecahan disederhanakan, bilangan bulat disimpan dan ditambahkan pada bilangan bulat sebelah kiri.

Baca juga:  Mind Mapping, Belajar Stoikiometri Kimia lebih Berwarna

Cara mengurangkan pecahan campuran bersusun seperti menjumlahkan, hanya mengurangkan saja. Apabila pecahan yang dikurangkan lebih sedikit, maka pinjam angka sebelah kiri senilai satu. Ubahlah menjadi pecahan biasa dan tambahkan, sehingga nilai pecahan yang dikurangkan lebih besar. Akhirnya pecahan yang di atas bisa dikurangkan dengan pecahan di bawahnya, dan bilangan bulat yang di atas dikurangkan dengan bilangan bulat di bawahnya.

Penjumlahan dan pengurangan pecahan campuran dengan teknik bersusun, memudahkan siswan memahami dan menyelesaiakan dengan cepat dan tepat, sehingga hasil belajar yang awalnya rendah menjadi meningkat. (fkp1/zal)

Guru SDN 2 Pengkol, Jepara.

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya