alexametrics

Dengan Tabel, Belajar Matematika Jadi Enjoy

Oleh : Sholikhah, S.Pd.I

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Matematika merupakan mata pelajaran yang penting bila ditinjau dari aspek pengetahuan. Mata pelajaran matematika ada hubungannya dengan mata pelajaran lainnya dan relevan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. Oleh sebab itulah kualitas pembelajaran matematika harus ditingkatkan untuk masa yang akan datang.

Di kalangan siswa pada umumnya, matematika dianggap momok yang menakutkan. Sehingga dalam setiap kelas hanya sedikit saja yang berminat dan suka dengan mata pelajaran matematika. Tidaklah heran jika sebagian besar siswa seolah mengacuhkannya.

Sudah semestinya para pendidik berupaya dengan sekuat tenaga untuk bisa meyakinkan dan menanamkan pemahaman terhadap peserta didiknya. Guru dengan kreativitasnya mencari metode yang menarik untuk menumbuhkan minat belajar siswa-siswinya. Hasil belajar merupakan bagian terpenting dalam pembelajaran.

Baca juga:  Belajar Membaca Puisi dengan Media Youtube

Nana Sujana (2009 : 3) mendefinisikan hasil belajar siswa pada hakikatnya adalah perubahan tingkah laku . Sebagai hasil belajar yang lebih luas mencakup bidang kognitif, afektif, dan psikomotorik. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi keberhasilan belajar siswa. Di antaranya motivasi belajar yang tinggi terhadap proses belajar mengajar baik dari orang tua maupun pendidik.

Kondisi lingkungan tempat tinggal ataupun tempat belajar. Siswa yang bertempat tinggal di perkotaan relatif memiliki prestasi yang lebih baik dari pada siswa yang tinggal di pedesaan. Minat dan bakat. Seorang siswa tidak berminat memiliki disiplin ilmu karena tidak memiliki bakat.

Bicara mengenai minat belajar, rata-rata siswa-siswi MIN 4 Magelang tergolong rendah. Guru harus bisa memberikan motivasi yang cukup supaya keaktifan siswa itu muncul. Setiap memulai pembelajaran, guru menyampaikan kata-kata sebagai penyemangat belajar siswa-siswinya.

Baca juga:  Belajar Kemagnetan Menjadi Jelas dengan Video Pembelajaran Aplikasi DURecorder

Belajar matematika dengan materi menentukan FPB dan KPK akan menjadi sangat mudah dan ringan jika siswa sudah menguasai hitung dasar perkalian dan pembagian. Sebagai upaya guru agar siswa mudah hafal perkalian dan pembagian, setiap akhir pembelajaran diadakan drill/mencongak. Siswa yang bisa menjawab dengan benar dipersilakan pulang lebih awal.

Hal tersebut dilaksanakan dengan tujuan memberi motivasi kepada seluruh peserta didik agar antusias dalam mengikuti pembelajaran di kelas. Langkah-langkah cepat dalam menentukan FPB dan KPK yaitu buat tabel pembagian bilangan, tulis soal di atas tabel bilangan, bagilah bilangan angka pada soal dengan bilangan prima urut dari yang terendah. Lingkari hasil pembagian yang sama/persekutuan. Kalikan seluruh hasil dari pembagian tersebut.

Baca juga:  Tingkatkan Mutu Pendidikan di Madrasah dengan Kemandirian

Dengan sekali menghitung ,langsung ditemukan FPB dan KPK sekaligus. Selamat mencoba cara praktis dalam menentukan FPB dan KPK. Keberhasilan belajar dan keaktifan siswa sangat ditentukan oleh bagaimana mereka melakukan proses pembelajaran. Proses pembelajaran yang monoton, tentu tidak akan berdampak bagi keberhasilan dan keaktifan siswa. Hasil belajar dapat ditingkatkan ketika siswa dilibatkan secara langsung dalam setiap bentuk dan kegiatan pembelajaran. (ms1/lis)

Guru MIN 4 Magelang

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya