alexametrics

Liveworksheets Solusi untuk Lembar Kerja Pembelajaran Daring yang Menarik

Oleh: Oktaviana, S.Pd.SD

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Menurut Sutanto dalam Hetty Rusyanti (2014) lembar kerja siswa (LKS) merupakan materi ajar dikemas sedemikian rupa agar siswa dapat mempelajari materi tersebut secara mandiri.

Sedangkan Depdiknas (2005) menjelaskan lembar kegiatan siswa adalah lembaran-lembaran yang berisi tugas yang biasanya berupa petunjuk atau langkah-langkah untuk menyelesaikan tugas yang harus dikerjakan siswa. Dan merupakan salah satu sarana yang dapat digunakan guru untuk meningkatkan keterlibatan siswa atau aktivitas dalam proses belajar mengajar.

Manfaat LKS antara lain, pertama dapat membantu guru dalam mengarahkan siswanya untuk dapat menemukan konsep-konsep melalui aktivitasnya sendiri atau dalam kelompok kerja. Kedua, dapat digunakan untuk mengembangkan keterampilan proses, mengembangkan sikap ilmiah serta membangkitkan minat siswa terhadap alam sekitarnya.

Ketiga, memudahkan guru untuk melihat keberhasilan siswa dalam mencapai sasaran belajar. Keempat, memudahkan guru dalam mengelola proses pembelajaran karena proses pembelajaran yang biasanya di tangan guru (teacher centred) tetapi sekarang berubah menjadi kegiatan belajar dipegang oleh siswa (student centre).

Baca juga:  I Like, Metode Kolaborasi pada Pembelajaran Pecahan

Dari hasil pengamatan dan refleksi ditemukan beberapa permasalahan dalam pembelajaran, salah satunya rendahnya minat peserta didik kelas IV SD Negeri Kalijoso, Kecamatan Secang terhadap lembar kerja yang diberikan guru secara daring.
Hal tersebut dikarenakan peserta didik kurang berminat dalam mengerjakan lembar kerja yang monoton bentuk dan tampilannya.

Kesulitan juga berasal dari guru karena kurang berinovatif dalam memberikan lembar kerja secara daring. Biasanya guru hanya memberikan foto soal pada buku atau sumber belajar cetak, atau menggunakan lembar kerja melalui google form yang monoton tampilannya.

Salah satu solusi pembuatan lembar kerja daring yang lebih menarik dan inovatif adalah dengan memanfaatkan pembuatan lembar kerja melalui liveworksheets.

Baca juga:  Tingkatkan Kemampuan Berbahasa Inggris melalui Audio Lingual Method

Liveworksheets merupakan aplikasi yang digunakan untuk membuat materi dan lembar kerja untuk pembelajaran daring atau menggunkaan gawai dan jaringan internet. Liveworksheets hampir mirip dengan google form yang sudah biasa guru gunakan dalam pembuatan lembar kerja maupun penilaian.

Namun liveworksheets memiliki beberapa keunggulan. Antara lain berbagai model soal yang dapat diterapkan guru tidak hanya pilihan ganda, isian dan uraian namun juga dapat memfasilitasi guru yang hendak membuat soal dengan model drop down, kotak centang, menjodohkan dengan menarik garis, pertanyaan bentuk drag and drop dan bentuk lain sesuai kreativitas pembuat.

Kelebihan kedua adalah tampailan lembar kerja yang lebih menarik. Dapat dipadukan dengan berbagai gambar dan background yang dikehendaki guru untuk menggugah siswa dalam mengerjakan lembar kerja.

Baca juga:  Pembelajaran Blended Learning Tingkatkan Aktivitas Belajar di Masa Pandemi

Kelebihan selanjutanya yaitu kemudahan dalam pembuatan oleh guru, karena guru bisa memanfaatkan fitur untuk upload poto dari buku atau file yang sudah tersedia untuk dijadikan lembar kerja melalui liveworksheets, tanpa repot untuk mengetik ulang.

Kunci jawaban bisa langsung dimasukkan pada aplikasi sama seperti aplikasi lembar kerja lain seperti google form, sehingga ketika peserta didik selesai mengerjakan nilai dapat langsung muncul dan terlihat soal mana saja yang jawabannya salah.

Penerapan lembar kerja menggunkaan liveworksheets di kelas IVA SD Negeri Kalijoso, Kecamatan Secang mampu meningkatkan minat peserta didik dalam mengerjakan lembar kerja sehingga hasil belajar peserta didik lebih meningkat. (pm1/lis)

Guru Kelas SDN Kalijoso, Kec Secang, Kabupaten Magelang

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya