alexametrics

Google Drive Media Penyimpanan Data Dinamis

Oleh : Rokhim, S.Kom

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Data adalah kumpulan informasi atau keterangan-keterangan dari suatu hal yang diperoleh melalui pencarian atau pengamatan dari sumber sumber tertentu. Data yang diperoleh pun dapat menjadi sebuah fakta atau argumentasi yang disebabkan karena belum diolah lebih lanjut. Data tersebut tersimpan dalam file (https://www.masmalven.com/2020/04/pengertian-data.html).

Di SMP Negeri 1 Kaligondang masing-masing guru memiliki bank data berupa RPP, daftar nilai, analisis nilai, absen siswa, buku sekolah elektronik (BSE), materi-materi belajar, dan media pembelajaran.

Berkas-berkas tersebut selama ini tersimpan dalam flashdisk atau harddisk komputer. Ketika guru membutuhkannya maka harus mencari dan menyiapkan berkas tersebut dari komputer atau flashdisk yang biasa digunakan. Media penyimpanan data flashdisk atau harddisk merupakan media statis dan konvensional yang rawan terjadi kerusakan yang mengakibatkan file tidak dapat dibuka atau dibaca. Apakah ada media penyimpan data yang memiliki risiko lebih rendah dari pada media konvensional tersebut?

Baca juga:  Word Puzzles Melatih Keterampilan Motorik Siswa dalam Kosakata

Internet dirasa tidak asing di telinga masyarakat pada saat sekarang ini. Hampir semua orang di dunia telah menjadi user internet. Bahkan tak sedikit pula perkerjaan yang membutuhkan koneksi internet. Salah satunya adalah aplikasi google. Google adalah situs pencarian yang sangat populer di kalangan pengguna internet. Google bisa menjawab semua pertanyaan dari user.

Menurut Agung Banowo (Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk SMP dan MTs Kelas IX : 131) dikatakan Google merupakan mesin pencari yang paling populer. Kelebihan mesin pencari yang didirikan oleh Larry Page dan Sergey Brin dari Universitas Stanford ini adalah layoutnya yang ringkas, cepat, dapat memperkirakan apa yang dicari pengguna, dan didukung database yang sangat besar.

Baca juga:  Tingkatkan Keterampilan Speaking dengan Metode Demonstrasi

Google juga memanfaatkan database dari mesin pencari lain, semisal Yahoo!. Selain sebagai aplikasi mesin pencari (search engine) google juga menyediakan fitur e-mail dan fitur google drive untuk penyimpanan data atau file di internet.

Helmy Noveka (3.33.11.1.12, Politeknik Negeri Semarang) mengatakan Google Drive adalah layanan penyimpanan daring milik Google yang diluncurkan pada 24 April 2012. Layanan ini merupakan ekstensi dari Google Docs dan akan mengganti URL docs.google.com dengan drive.google.com setelah diaktifkan. Google Drive memberikan layanan penyimpanan gratis sebesar 5 giga byte dan dapat ditambahkan dengan pembayaran tertentu.

Untuk menggunakan fitur google drive sangat mudah, syaratnya harus memiliki e-mail yang aktif. E-mail dengan domain apapun dapat digunakan nuntuk regristasi ke fitur google drive, misalnya, domain @gmail.com, @yahoo.com, @ymail.com, @rocketmail.com, @guru.smp.belajar.id dan lain-lain. Dengan fitur google drive maka user dapat menyimpan berbagai macam dokumen atau file seperti dokumen dari MS. Office, gambar, foto, audio dan video.

Baca juga:  Role Playing pada Pembelajaran PAI

Google drive memiliki sifat dinamis sehingga dapat diakses dari mana saja dan dengan menggunakan berbagai perangkat teknologi informasi yang ada. Seperti jaringan komputer, laptop dan Iphone atau smartphone dengan syarat perangkat tersebut terkoneksi dengan jaringan internet. Kemudahan ini memberikan kenyamanan terhadap user sehingga dapat bekerja dari mana saja dan pada waktu yang tidak terbatas. (fkp1/lis)

Guru BK TIK SMP Negeri 1 Kaligondang, Purbalingga

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya