alexametrics

Belajar Sistem Pertidaksamaan Dua Variabel Menyenangkan dengan GoeGebra

Oleh : Rambat, S.Pd

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Salah satu langkah dalam menyelesaikan sistem pertidaksamaan dua variabel khususnya materi linear-kuadrat dan kuadrat-kuadrat adalah menggambar sketsa grafik dari dua persamaan penyusunnya.

Untuk menggambar sketsa grafik dengan cara manual peserta didik memerlukan waktu lama. Bahkan ada peserta didik yang mengalami kesulitan. Padahal tanpa menggambar sketsa grafik, peserta didik tidak dapat menentukan daerah penyelesaian.

Pembelajaran sistem pertidaksamaan dua variabel khususnya materi linear-kuadrat dan kuadrat-kuadrat dengan bantuan aplikasi, akan muncul sifat positif yaitu rasa mudah dan senang.

Peserta didik akan mudah dalam belajar apabila dapat menyelesaikan permasalahan dalam waktu singkat. Sedangkan perasaan senang akan timbul apabila hasil pekerjaan yang dilakukan bernilai benar. Salah satu aplikasi yang bisa membantu adalah GoeGebra.

GoeGebra adalah software matematika dinamis yang menggabungkan geometri, aljabar, dan kalkulus dapat digunakan sebagai alat bantu dalam pembelajaran matematika. GeoGebra merupakan software gratis yang dikembangkan oleh Markus Hohenwarter sejak tahun 2001 (Hazrul Iswadi, Pengenalan Geogebra, 2011:1).

Baca juga:  Mudahnya Belajar Mendesain Topologi Jaringan Komputer dengan PBL

Aplikasi GoeGebra dapat diakses lewat komputer, laptop dan handphone. GeoGebra menyediakan fitur khas untuk aljabar sistem komputer yang memfasilitasi simbol-simbol matematika.

Seperti menemukan titik penting dari fungsi akar, titik ekstrem dan perubahan titik pada fungsi, langsung memasukan persamaan dan koordinat, menemukan turunan dan integral dari fungsi yang dimasukkan.

Beberapa pemanfaatan program GeoGebra dalam pembelajaran matematika adalah menghasilkan lukisan-lukisan geometri dengan cepat dan teliti dibandingkan dengan menggunakan pensil, penggaris, atau jangka.

Fasilitas animasi dan gerakan-gerakan manipulasi dragging pada program GeoGebra dapat memberikan pengalaman visual yang lebih jelas kepada siswa dalam memahami konsep geometri.

Dapat dimanfaatkan sebagai balikan evaluasi untuk memastikan bahwa lukisan yang telah dibuat benar. Mempermudah guru siswa menyelidiki atau menunjukkan sifat-sifat yang berlaku pada suatu objek geometri (Ali Mahmudi, Membelajarkan Geometri dengan Program GeoGebra, 2011: 471).

Baca juga:  Tingkatkan Pemahaman Belajar IPA melalui Media Pop Up Book

Sistem persamaan dua variabel merupakan salah satu materi pokok matematika wajib A yang diajarkan di kelas X SMA Negeri 1 Kota Mungkid, Kabupaten Magelang. Materi ini memuat sistem pertidaksamaan dua variabel linear-kuadrat dan kuadrat-kuadrat.

Sistem pertidaksamaan dua variabel linear-kuadrat (SPtLKDV) terdiri dari pertidaksamaan linear dan pertidaksamaan kuadrat. Sedangkan sistem pertidaksamaan dua variabel kuadrat-kuadrat (SPtKKDV) terdiri atas dua pertidaksamaan kuadrat.

Penyelesaian sistem pertidaksamaan dua variabel linear kuadrat tersebut berupa daerah penyelesaian. Daerah penyelesaian ditentukan dengan langkah-langkah berikut: pertama, menggambar grafik pembatas pada satu bidang koordinat.

Kedua, menentukan daerah penyelesaian (berupa daerah arsiran atau tidak diarsir) pertidaksamaan linear dan pertidaksamaan kuadrat. Ketiga, menentukan irisan daerah penyelesaian dari kedua pertidaksamaan. Analog untuk daerah penyelesaian suatu SPtKKDV.

Baca juga:  Guru Menulis: Antara Tuntutan dan Kesadaran Pemerolehan Ide

Daerah penyelesaian sistem pertidaksamaan dua variabel jika dilakukan dengan menentukan titik potong dengan sumbu koordinat, titik puncak, titik potong kedua grafik dan beberapa titik bantu secara manual tentu perlu waktu lama dan ketelitian. Namun jika langkah-langkah tersebut dilakukan dengan bantuan aplikasi GeoGebra, waktu mengerjakan sangat cepat dan hasil grafiknya sangat bagus.

Caranya dengan memasukkan rumus setiap pertidaksamaan pada GeoGebra maka langsung didapat gambar daerah penyelesaian dari pertidaksamaan tersebut. Selanjutnya menentukan daerah penyelesaian sistem pertidaksaan. Oleh karena itu pembelajaran sistem pertidaksamaan dua variabel dengan bantuan GeoGebra sangat menyenangkan bagi peserta didik.

Dengan aplikasi GeoGebra ini, penulis menyimpulkan peserta didik merasa mudah dan senang dalam mempelajari sistem pertidaksamaan dua variabel. Sehingga akan tumbuh motivasi dalam belajar matematika. (ms1/lis)

Guru SMAN 1 Kota Mungkid, Kabupaten Magelang

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya