alexametrics

Media Power Point Efektif untuk Pembelajaran dengan Microsoft Teams

Oleh : Dra. Tri Erwiyati

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Pembelajaran dengan microsoft teams 365 yang kami gunakan di sekolah pada masa pandemi, masih menggunakan alat bantu yang lain sesuai kreativitas guru. Saya selaku guru yang bisa IT terbatas menggunakan Microsoft Power Point untuk menjelaskan materi pelajaran yang akan disampaikan pada para siswa. Sedangkan untuk memberikan ulangan harian dengan menggunakan Microsoft Form.

Penggunaan Microsoft Form untuk soal ulangan harian sangat praktis karena guru bisa mengetik soal secara langsung dan bisa menentukan skor nilai. Di sini guru bisa langsung mengetahui nilai siswa secara langsung di Form. Siswa yang belum mengerjakan ulangan bisa terlihat.

Bagi siswa yang belum mengerjakan pada waktu yang sudah ditetapkan, guru bisa mengedit waktu dengan sesuai waktu yang disepakati. Guru bisa menghubungi siswa yang belum mengerjakan ulangan harian secara langsung melalui chad pada microsoft teams atau melalui WA.

Baca juga:  Belajar PPKn menjadi Menarik dengan Pendekatan Berbasis Saintifik

Microsoft Power Point untuk guru IPS yang materi pelajarannya hapalan dan sangat banyak sangat cocok dengan metode Microsoft Power Point. Materi yang banyak bisa cepat terakomodir dengan diselingi gambar-gambar yang menarik sesuai dengan materi yang diajarkan.

Kelebihan Power Point : 1) Pengoperasiannya mudah; 2) Memudahkan untuk pembuatan slide; 3) Dilengkapi banyak tools; 4) Dapat diexport ke pdf; 5) Memiliki fitur Cloud service; 6) Memiliki fitur kolaborasi; 7) Memiliki fitur authoring yang sangat advanced; 8) Mudah untuk dioperasikan karena pada jendela Microsoft Power Point dilengkapi dengan menu-menu dan tombol-tombol toolbar yang mempermudah para pengguna dalam mengoperasikannya; 9) Tersedia berbagai macam desain dan animasi; 10) Tersedia berbagai macam template bervariasi; 11) Dapat dibuat dengan berbagai format; 12) Dapat mengedit foto secara langsung; 13) Sebagai wadah bagi pendidik dalam proses pembelajaran; 14) Dengan adanya power point pesan informasi visual mudah dipahami; 15) Dapat diperbanyak sesuai dengan kebutuhan kita serta dapat digunakan berulang-ulang; 16) Presentasi yang dilakukan menggunakan power point lebih atraktif.

Baca juga:  Tingkatkan Hasil Belajar IPS dengan Quizizz

Microsoft Power Point di samping memiliki banyak kelebihan juga memiliki kekurangan yaitu : 1) hanya bisa digunakan pada system operasi windows saja; 2) Ketidakstabilan dokumen pada tiap versi; 3) Harga terlalu mahal; 4) Tergolong program yang berat; 5) Animasi kurang meriah dan menarik; 6) Kreasi terbatas jika hanya mengandalkan fitur standartnya saja; 7) Jika digunakan untuk presentasi harus direpotkan oleh pengangkutan dan penyimpanan PC tersebut; 8) Menyita waktu yang cukup lama karena harus proses desainnya lama; 9) Perubahan desain yang sangat drastis sehingga mengharuskan pengguna untuk mempelajarinya lagi hingga menjadi terbiasa; 10) Antarmuka yang baru dihadirkan tidak selalu intutif; 11) Tab konstekstual dan style gallery agak mengganggu; 12) Para pendidik harus memiliki cukup kemampuan untuk mengoperasikan program ini, agar jalannya presentasi tidak banyak hambatan.

Baca juga:  LKPD Mempermudah Belajar Materi Tekanan Hidrostatis

Dengan mengetahui kelebihan dan kekurangan Microsoft Power Point guru lebih mudah mengoperasikannya. Alhamdullilah saya selaku guru IPS bisa mengatasi kekurangan yang ada pada Microsoft Power Point dan pembelajaran pada semester genap ini bisa terselesaikan dan berjalan dengan lancar. Hanya kendala sinyal itu yang tidak bisa kita tanggulangi. Mudah-mudahan pada Tahun Pelajaran 2021-2022 sudah tatap muka, sudah rindu tawa anak-anak. (bs2/ton)

Guru IPS SMP Negeri 10 Salatiga

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya