alexametrics

Tingkatkan Hasil Belajar IPA dengan Strategi Index Card Match

Oleh : Arini Wikoyati S.Pd

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, SALAH satu masalah yang dihadapi dunia pendidikan saat ini adalah lemahnya pelaksanaan proses pembelajaran yang diterapkan para guru di sekolah. Oleh karena itu, peranan strategi mengajar sebagai alat untuk menciptakan proses belajar mengajar yang efektif sangatlah penting.

Menurut Dewi Salma Prawiradilaga (2007:52), strategi pembelajaran adalah upaya yang dilakukan oleh perancang dalam menentukan tehnik penyampaian pesan, penentuan strategi dan media, alur isi pelajaran, serta interaksi antara pengajar dan peserta didik.

Pada hakikatnya Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dibangun atas dasar produk ilmiah, proses ilmiah, dan sikap ilmiah. Selain itu, IPA dipandang pula sebagai proses, sebagai produk, dan sebagai prosedur. Sebagai proses diartikan semua kegiatan ilmiah untuk menyempurnakan pengetahuan tentang alam maupun untuk menemukan pengetahuan baru.

Strategi penyampaian pembelajaran sangat mempengaruhi minat belajar dan hasil belajar siswa. Hampir semua guru mata pelajaran termasuk IPA masih menggunakan strategi klasik seperti ceramah, yang kurang diminati oleh siswa dalam penerimaannya terhadap materi pelajaran. (Syaiful Bahri Djamahar, 2010:72).

Baca juga:  Belajar Energi dan Perubahannya melalui Pembelajaran Berbasis Proyek

Pemilihan metode pembelajaran yang tepat sangat mempengaruhi tinggi rendahnya hasil belajar peserta didik. Di SD Negeri 01 Gendowang, strategi pembelajaran yang digunakan guru IPA masih konvensional.

Pembelajaran selama ini berpusat pada guru dan komunikasi berjalan satu arah. Metode ceramah tidak memberikan ruang bagi peserta didik untuk mengembangkan pengetahuannya. Peserta didik pasif dan pembelajaran menjadi membosankan.

Strategi Index Card Match adalah strategi cara yang menyenangkan lagi aktif untuk meninjau ulang materi pelajaran. Ia membolehkan peserta didik untuk berpasangan dan memainkan quiz kepada kawan sekelas (Mel Silbermen, 2001:232).

Tipe Index Card Match ini berhubungan dengan cara-cara untuk mengingat kembali apa yang telah mereka pelajari dan menguji pengetahuan serta kemampuan mereka saat ini dengan teknik mencari pasangan kartu yang merupakan jawaban atau soal sambil belajar mengenai suatu konsep atau topik dalam suasana menyenangkan.

Baca juga:  Asyik Memecahkan Masalah PBL dengan 5 Meme Japri

Langkah-langkah penerapan strategi Index Card Match menurut Hamruni (162) yaitu, 1) pada kartu index terpisah, tulislah pertanyaan tentang apapun yang diajarkan di dalam kelas. Buatlah kartu pertanyaan yang sesuai dengan jumlah siswa. 2) Pada kartu terpisah, tulislah jawaban bagi setiap pertanyaan.

3) Gabungkan dua lembar kartu dan kocok beberapa kali sampai benar-benar acak. 4) Berikan satu kartu pada setiap peserta didik. 5) Perintahkan peserta didik menemukan kartu permainannya. Ketika permainan dibentuk, perintahkan peserta didik yang bermain untuk mencari tempat duduk bersama.

Penggunaan strategi pembelajaran Index Card Match dalam pembelajaran IPA dilakukan dengan memasang dua buah kartu yang terdiri atas kartu soal dan jawaban. Dengan strategi ini siswa dilibatkan secara langsung agar materi yang diterima lebih berkesan.

Baca juga:  Metode Drill Meningkatkan Kompetensi Numerasi Matematika

Dimana guru mengacak kartu yang terdiri atas kartu soal dan jawaban, kemudian dibagikan kepada siswa. Selanjutnya siswa mencari pasangan antara soal dan jawaban dalam kartu tersebut dan mempersentassikan jawaban dalam kartu tersebut dan mempersentasikan di hadapan teman-teamn.

Strategi Index Card Match dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA disebabkan proses pembelajaran yang mendorong siswa berpikir dalam berbagai perspektif dan untuk mengingat kembali apa yang telah mereka pelajari.

Kemudian menguji pengetahuan serta kemampuan mereka dengan teknik mencari pasangan kartu yang merupakan jawaban atau soal sambil belajar mengenai suatu konsep atau topik dalam suasana menyenangkan. (fkp1/ida)

Guru SDN 01 Gendowang, Kecamatan Moga, Kabupaten Pemalang

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya