alexametrics

Pembelajaran Procedure Text dengan YouTube

Oleh : Elok Sri Tarbiyah, S.Pd. M.Pd

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Bahasa Inggris biasanya dianggap sebagai momok bagi sebagian murid. Itulah sebabnya banyak murid yang nilai bahasa Inggrisnya jelek. Guru bahasa Inggris biasanya menggunakan berbagai cara/metode untuk mempermudah siswanya mempelajari materi pada setiap KD-nya.

Pada masa normal yang notabene siswa bertatap muka dengan gurunya saja banyak murid yang sulit menerima pelajaran bahas Inggris apalagi masa sekarang. Hal itu juga terjadi pada para siswa di SMP N 1 Srumbung.

Sejak pandemi, semua pembelajaran tatap muka beralih ke pembelajaran jarak jauh (online). Hal ini tentu saja menyulitkan guru, siswa dan juga orang tua. Bagi guru, apalagi guru yang gagap teknologi, mengubah dirinya menjadi sosok yang melek teknologi adalah sesuatu yang berat.

Bagi siswa, dari belajar dengan dibimbing guru setiap hari harus berubah dengan belajar mandiri tanpa dibimbing/dibimbing tapi tidak maksimal. Bagi orang tua, finansial untuk pengadaan HP/laptop dan kuota untuk belajar setiap hari sungguh sangat memberatkan.

Baca juga:  Strategi Pengayaan Kosa Kata Bahasa Inggris dengan Media Digital

Tapi ini semua harus kita jalani. Pembelajaran harus jalan terus tanpa boleh saling bertatap muka. Sudah saatnya guru memanfaatkan teknologi. Guru harus bisa menggunakan teknologi dengan baik dan benar. Sehingga pembelajaran bahasa Inggris jarak jauh tetap menyenangkan.

Misalnya dengan YouTube atau video pembelajaran. Karena YouTube bisa menjadi wadah bagi pelajar untuk menuangkan atau melatih kreativitas mereka (Jagad.id. https// jagad.id> teknologi > Android). Dengan demikian minat dan semangat siswa untuk belajar bahasa Inggris jarak jauh tetap terjaga.

Pembelajaran dengan YouTube merupakan solusi bagi guru untuk memperjelas materi yang disajikan. Misalnya KD Procedure Text. Kalimat-kalimat dalam procedure text disajikan dalam kalimat perintah. Procedure text is a piece of text that give us instructions for doing something (https//www.kuliah Bahasa Inggris.com) yang artinya procedure text adalah sebuah teks yang memberi perintah kepada kita untuk melakukan sesuatu. Jadi procedure text menjelaskan bagaimana orang membuat atau melakukan sesuatu selangkah demi selangkah. Text procedure biasanya berisi tentang resep masakan, cara membuat sesuatu, atau cara mengoperasikan sesuatu. Misalnya cara memasak nasi goreng (how to cook fried rice).

Baca juga:  Efektifitas Pembelajaran IPS melalui Mind Mapping dengan Aplikasi Gitmind

Dalam masa pandemi ini tentu sangat sulit mengajarkan KD tersebut. Salah satu solusi untuk menjalankan pembelajaran ini adalah dengan YouTube. Dengan YouTube, siswa lebih mudah menangkap teks karena ada videonya.

Dengan YouTube, guru lebih mudah memberi tugas, misalnya murid diberi tekst lisan cara memasak nasi goreng dan murid diberi pertanyaan secara tertulis karena untuk menceritakan atau membuat kalimat sendiri dari video yang ditonton biasanya murid masih merasa kesulitan. Untuk itu harus dipancing dengan kalimat-kalimat pertanyaan.

Langkah-langkah pembelajarannya sebagai berikut: pertama, guru menyajikan video di Google Classroom tentang cara melakukan sesuatu misalnya cara membuat layang-layang dari kertas dari YouTube.
Langkah selanjutnya, siswa diminta menonton dan memahami langkah-langkahnya. Kita pilih video yang ada penjelasan secara lisan. Dengan demilkian, guru sudah bisa melatih keterampilan listening siswa. Langkah ke tiga, kita buat beberapa pertanyaan untuk memancing pemahaman siswa. Misalnya : What does the text tell us about? How many ingredient does he need? What does he do before…. What does he do after… dst.

Baca juga:  Asyik Belajar Rukun Iman dengan Games

Langkah berikutnya, siswa diminta menuliskan jawaban dari pertanyaan-pertanyaan tersebut untuk melatih keterampilan writing siswa. Dengan demikian dalam satu pembelajaran guru sudah bisa melatih 2 keterampilan siswa (listening and writing).

Jika kita mau mengambil penilaian keterampilan, kita bisa minta siswa menirukan cara membuat layang-layang tersebut dan minta divideo untuk dikirim ke google classroom. Hal ini sudah bisa untuk mengambil penilaian praktik.

Jadi, YouTube bisa menjadi solusi mengatasi pembelajaran jarak jauh yang kondisinya sangat memberatkan baik bagi guru, siswa maupun orang tua. (pm1/lis)

Guru Bahasa Inggris SMPN 1 Srumbung, Kabupaten Magelang

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya