alexametrics

Metode SQ3R dalam Pembelajaran IPS di SMP Negeri 2 Banyudono

Oleh : Yusmin Aji Joko Sambudi, S.Pd

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Proses pembelajaran IPS di SMP Negeri 2 Banyudono di masa pandemi Covid 19 menuntut adanya inovasi dan kreativitas guru. Masalah yang muncul dalam kegiatan pembelajaran sebelumnya adalah kurangnya keaktifan siswa dalam memperdalam konsep yang ada terkait materi ajar.

Siswa pasif dalam menguasai materi yang disampaikan guru dan hanya mengerjakan tugas yang diberikan tanpa harus memahami materi lebih lanjut. Untuk itu diperlukan teknik pembelajaran yang membantu siswa untuk aktif menguasai materi.

Pada materi dinamika penduduk benua-benua di dunia pada kelas IX semester 1 di SMP Negeri 2 Banyudono, teknik pembelajaran yang digunakan adalah SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, Review).
Menurut Soedarso (2010) penekanan model ini adalah pada keterampilan siswa dalam memahami sebuah bacaan, sehingga dapat menguasai materi pelajaran dengan baik dan dapat menemukan ide pokok serta detail penting yang mendukung ide pokok tersebut.

Tahapan SQ3R adalah tahap menyurvei, mengajukan pertanyaan, membaca, menceritakan kembali dan meninjau ulang. Pembelajaran menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe SQ3R dilakukan dengan menggunakan lembar kerja sebagai alat bantu. Lembar kerja dikembangkan dengan memperhatikan kaidah-kaidah kajian terhadap bacaan.

Baca juga:  Project Based Learning dalam Pembelajaran IPS

Survey (tinjau) ialah langkah membaca untuk mendapatkan gambaran keseluruhan tentang materi dinamika penduduk benua-benua di dunia. Dimulai dengan membaca judul untuk menangkap pesan dari judul yang ada.

Dengan menggunakan lembar kerja siswa mencatat hal-hal penting dalam bacaan. Tahap survei ini mendorong siswa merasakan materi secara umum, menemukan ide yang terkandung dalam teks.
Question (soal atau tanya) yaitu siswa membuat pertanyaan tentang materi untuk memperdalam pemahaman dengan menggunakan kata tanya 5W 1H, yaitu who, what, where, when, why, dan how.

Kata tanya who atau siapa dengan membuat pertanyaan siapa dan apa perannya ada dalam materi tersebut. Kata tanya what mencari apa isi materi dimaksud. Kata tanya where, di mana saja peristiwa atau lokasi terkait dengan materi. Kata tanya when, kapan kejadian peristiwa.

Baca juga:  Dengan Program BTM2DR, Kurangi Sampah di Sekolah

Kata tanya why, mengapa peristiwa dan/atau kejadian terjadi, mengapa hal tersebut dapat terjadi. Kata tanya how, bagaimana hal tersebut terjadi. Masalah-masalah tersebut menunjukkan keinginan siswa tentang informasi yang ingin diperoleh dari materi tersebut, dan selanjutnya siswa akan mencoba mencari jawaban atas persoalan- persoalan tersebut.

Read (baca) ialah membaca buku pada materi yang sesuai secara aktif. Membaca merupakan langkah yang dilakukan untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang sudah dibuat. Membaca juga untuk memperdalam materi, sehingga dapat ditemukan hal-hal yang belum lengkap yang ada pada materi. Jika menemukan informasi yang kurang lengkap mendorong siswa mencari informasi lebih lanjut yang relevan dengan materi pada buku.

Recite (mengungkapkan kembali), setelah selesai membaca, siswa mencoba mengingat kembali apa yang telah dibaca dan meneliti segala hal yang telah diperolehnya. Siswa mencoba menjawab persoalan-persoalan yang dipaparkan sebelumnya tanpa merujuk kepada bahan yang telah dibaca.

Baca juga:  Peran Prakasita Classroom dalam Mendukung Pembelajaran PPKn

Review (meninjau ulang), yaitu melihat kembali materi yang terkandung dalam bacaan. Siswa membaca buku materi untuk mendukung jawaban atas persoalan yang dibuatnya pada saat membaca. Siswa memastikan tidak ada informasi yang terlewat dengan membuat rangkuman atas materi, catatan informasi relevan yang harus dicari kemudian.

Agar kegiatan pembelajaran IPS materi dinamika penduduk benua-benua di dunia sesuai dengan tujuan pembelajaran, kegiatan harus dipantau untuk memastikan bahwa siswa melakukan aktivitas dalam setiap langkah pembelajaran. Pemantauan juga agar bahan bacaan tersedia sesuai dengan indikator dan tujuan pembelajaran. Siswa dipastikan mendapatkan umpan balik terhadap apa yang sudah dilakukannya, dan segera melakukan penyesuaian langkah berikutnya agar dapat mencapai tujuan pembelajaran. (fkp1/lis)

Guru IPS di SMP Negeri 2 Banyudono, Boyolali

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya