alexametrics

Mengenal Negara-Negara ASEAN melalui Video Youtube

Oleh : Sugeng Triatmono, SE

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Pembelajaran IPS menuntut untuk senantiasa menggunakan sumber dan media sesuai dengan perkembangan yang terjadi. Di era digital saat ini berbagai penggunaan internet sudah menjadi hal yang umum di masyarakat.

Masyarakat sudah mengenal berbagai macam aplikasi seperti facebook, intragram, whatsaap, game, tik tok dan youtube. Di era pandemi ini terjadi pergeseran yang mencolok dalam kegiatan pendidikan. Dari era sebelum terjadi pandemi khususnya untuk level SMP penggunaan handphone di sekolah untuk siswa sangat dibatasi.

Seperti halnya pada SMP Negeri 2 Mrebet saat ini terjadi perubahan di mana handphone sebagai alat yang penting terjadinya komunikasi antara guru, siswa, dan orang tua siswa. Tidak hanya sekadar untuk komunikasi tetapi menjadi alat di dalam kegiatan pembelajaran.

Baca juga:  Audio Visual Tingkatkan Hasil Pembelajaran Aktivitas Ritmik

Guru dituntut untuk mengadopsi perkembangan yang terjadi dalam kegiatan pembelajaran. Guru dapat menggunakan konten-konten yang terdapat dalam aplikasi untuk mendukung suksesnya kegiatan pembelajaran.

Dalam mempelajari materi mengenal negara-negara ASEAN menggunakan konten-konten video yang terdapat dalam youtube. Kegiatan pembelajaran menggunakan grup whatsaap. Diawali dengan kegiatan pendahuluan. Guru mengucapkan salam, dilanjutkan dengan memeriksa kehadiran siswa. Siswa disuruh mengisi presensi dengan mengirimkan pesan yang berisi nama lengkap masing-masing.

Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dipelajari. Apersepsi dilakukan untuk mendorong pemikiran siswa pada materi yang dipelajari. Siswa diberi pertanyaan tentang nama uang ringgit, merupakan mata uang dari negara mana. Dilanjutkan pertanyaan lain yang terkait dengan materi. Guru selanjutnya menayangkan file video tentang perkembangan negara-negara di kawasan ASEAN. Selain file video, guru juga menampilkan link yang dapat digunakan untuk melihat tayangan video tersebut.

Baca juga:  Media Online Solusi Pembelajaran Masa Pandemi Covid-19 di SMPN 3 Tuntang

Siswa mengamati tanyangan video dengan sampai tuntas. Dari tayangan tersebut siswa dapat mengamati tentang kehidupan negara-negara ASEAN secara singkat. Tayangan tersebut berisi tentang kondisi masyarakat, kegiatan ekonomi, dan tingkat perkembangan. Selanjutnya guru melengkapi dengan memberikan pejelasan secara singkat. Terlihat siswa aktif memberikan tanggapan tentang video yang dilihat dan penjelasan guru.

Selanjutnya guru menbagikan lembar kerja siswa. Lembar kerja tersebut dilengkapi dengan link yang dapat digunakan siswa dalam mengerjakan. Lembar kerja dikerjakan dengan waktu pengerjaan selama satu minggu. Selanjutnya dikumpulkan langsung kepada guru secara terjadwal dan mengedepankan protokol kesehatan yang ketat. Pada kegiatan akhir, guru bersama siswa membuat kesimpulan tenatang materi yang sudah dipelajari. Guru menyampaikan rencana kegiatan pembelajaran selanjutnya dan mengingakat untuk senantiasa mematuhi protokoler kesehatan. Kegiatan ditutup dengan doa dan salam penutup.

Baca juga:  Tanggapan Mampu Membentuk Karakter Siswa

Dari kegitan pembelajaran materi mengenal negara-negara ASEAN menggunakan tayangan video yang ada dalam youtube terlihat pembelajaran menjadi lebih mendorong siswa untuk dapat memahami materi. Siswa terlihat lebih aktif dalam memberikan jawaban atas pertanyaan yang diampaikan guru. Siswa memberikan respon atau pertanyaan terhadap tayangan video yang telah dilihat. Komunikasi yang efektif terjadi antara siswa dan guru. Pemikiran siswa menjadi lebih kritis dengan munculnya pertanyaan atau respon yang bervariasi. Kegiatan pembelajaran menggunakan tayangan video dapat mendorong tercapainya tujuan pembelajaran. (ra2/ton)

Guru IPS SMP Negeri 2 Mrebet

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya