alexametrics

Belajar Tatanama Senyawa Ionik dengan Aplikasi Wordwall

Oleh: Aliya Rahma Sahara

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Belajar merupakan kewajiban setiap pelajar. Setiap hari seorang siswa diwajibkan untuk belajar di sekolah maupun di rumah. Dalam memahami suatu materi atau persoalan siswa satu dengan siswa lainnya memiliki perbedaan dan ciri khas masing-masing serta memiliki tingkat kecerdasan yang berbeda-beda.

Hal ini merupakan tantangan yang harus diselesaikan oleh seorang guru. Karena pada dasarnya guru adalah seorang pendidik atau orang dewasa dengan segala kemampuan yang dimiliki untuk dapat mengubah psikis dan pola pikir anak didiknya dari yang tidak tahu menjadi tahu serta mendewasakan anak didiknya.

Pendidik dituntut untuk berkreasi memanfaatkan segala media pembelajaran agar para peserta didik tidak cepat jenuh menerima pembelajaran. Pada masa pandemi seperti ini interaksi antara anak didik dengan guru hanya bisa dilakukan lewat dunia maya dan materi pembelajaran yang disampaikan pun juga sama.

Sehingga dengan seperti itu anak didik mudah bosan dan bisa jadi materi yang disampaikan tidak bisa dipahaminya. Oleh karena itu pendidik harus kreatif dalam menyuguhkan pembelajaran. Salah satu aplikasi yang dapat digunakan untuk membuat media pembelajaran yang interaktif adalah wordwall.

Baca juga:  Model Sole untuk Melatih Kemandirian Siswa dalam Belajar Redoks dan Elektrokimia

Aplikasi berbasis website ini dapat digunakan untuk membuat media pembelajaran yang memudahkan siswa dalam memahami materi. Menariknya lagi selain pengguna dapat menyediakan akses media yang telah dibuatnya melalui daring juga dapat diunduh dan dicetak pada kertas. Aplikasi ini menyediakan 18 template yang dapat diakses secara gratis serta pengguna dapat berganti template aktivitas satu ke aktivitas lainnya dengan mudah.

Guru juga dapat menjadikan konten buatannya sebagai tugas. Permainan pada wordwall terdiri atas match up (seret dan lepas setiap kata kunci di samping definisinya), kuis (serangkaian pertanyaan pilihan ganda. Ketuk jawaban yang benar untuk melanjutkan), random wheel (putar roda untuk melihat item mana yang muncul berikutnya), open the box (ketuk setiap kotak secara bergantian untuk membukanya dan menampilkan item di dalamnya). Find the match (ketuk jawaban yang cocok untuk menghilangkannya.

Baca juga:  Blended Learning Cocok untuk Materi Metabolisme

Ulangi sampai semua jawaban hilang, group sort (seret dan lepas setiap item ke dalam grup yang benar), random cards (bagikan kartu secara acak dari tumpukan yang dikocok), matching pairs (ketuk sepasang ubin sekaligus untuk mengungkapkan apakah mereka cocok), missing word (aktivitas di mana Anda menyeret dan melepaskan kata-kata ke dalam bagian yang kosong di dalam teks). Unjumble (seret dan lepas kata untuk mengatur ulang setiap kalimat ke dalam urutan yang benar), anagram (seret huruf ke posisi yang benar untuk menguraikan kata atau frasa), gameshow quiz (kuis pilihan ganda dengan tekanan waktu, garis hidup, dan putaran bonus), labelled diagram (seret dan lepas pin ke tempatnya yang benar pada gambar), whack-a-mole (permainan memukul benda/binatang dimana muncul satu per satu, hanya mengenai yang benar untuk menang).

Wordsearch (kata-kata disembunyikan dalam kotak surat. Temukan mereka secepat mungkin), maze chase (jalankan ke zona jawaban yang benar, sambil menghindari musuh). Gunakan petunjuk untuk memecahkan teka-teki silang. Ketuk sebuah kata dan ketik jawabannya. Airplane (gunakan sentuhan atau keyboard untuk terbang ke jawaban yang benar dan menghindari jawaban yang salah).

Baca juga:  Mudah Pahami Materi Membandingkan Pecahan dengan Media Sosis Goreng

Pada mata pelajaran kimia kelas X materi tatanama senyawa ionik dan kovalen salah satu pembelajaran yang diterapkan adalah menggunakan aplikasi wordwall yaitu whack-a-mole (permainan memukul benda/binatang yang muncul satu per satu, hanya mengenai yang benar untuk menang).

Tahap yang dilakukan dalam penggunan aplikasi wordwall adalah yang pertama mendaftarkan akun di aplikasi wordwall dan klik sign up. Lalu mengisikan nama, alamat, email, kata sandi dan lokasi. Yang kedua pilih create activity lalu pilih salah satu template aktivitas yang disediakan (whack-a-mole). Create instruksi yang diminta dan create 5 jawaban yang benar dan lima jawaban yang salah. Klik done jika sudah selesai. (ra2/lis)

Guru Kimia SMA N 1 Ulujami, Pemalang

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya