alexametrics

Hijrah Supervisi Pengawas Masa Pandemi Era Digital

Oleh : Drs. Nur Sa’idu,M.Pd

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, DUA momen besar bulan Agustus 2021, selain memperingati Hari Ulang Tahun Republik Indonesia ke-76 tahun, sekaligus juga memasuki tahun baru 1 Muharram 1443 H. Berkaca peristiwa hijrah Rasulullah SAW tersebut, fenomena hijrah di masa sekarang bisa diartikan sebagai perubahan seseorang menuju kondisi yang lebih baik.Sedangkan Hijrah di era digital adalah peralihan/perbuhan cara berpikir dan tindakan dari penggunaan media manual ke teknologi digital, disertai penguasaan keahlian dan keterampilan terhadap media tersebut.

Masa pandemi Covid-19 ini, membuat kita mau tidak mau harus memanfaatkan tekhnologi digital dalam berinteraksi dengan orang lain. Semua bersifat online, anak- anak sekolah dan belajar secara online, termasuk kepengawasan pun bekerja dari rumah (work from home) secara online.

Pengawas Sekolah dituntut mampu melaksanakan tugas pengawasan masa pandemi agar tetap menjalankan tugas melakukan pembinaan guru, Kepala Sekolah dan kelembagaannya sesuai dengan Permenpan RB No 21 Tahun 2010, bahwa pengawas mempunyai ruang lingkup tugas, tanggung jawab dan wewenang untuk melaksanakan kegiatan pengawasan akademik dan manajerial pada satuan pendidikan. Cara yang dapat dilakukan Pengawas Sekolah dalam melakuka pembinaan saat ini adalah melalui metoda daring atau pengawasan digital.

Baca juga:  Meningkatkan Kemantapan Studi Lanjut melalui Virtual Inspiration Class

Berbagai macam aplikasi digital yang dapat dipilih/digunakan sebagai berikut: Zoom Cloud Meetings : Aplikasi ini memungkinkan Pengawas Sekolah bertatap muka langsung dengan lebih dari 100 orang partisipan, dengan menggunakan video. Google Meet (Hangouts Meet/Meet) : aplikasi untuk rapat pembinaan Pengawas Sekolah terhadap guru maupun KS.meskipun bekerja dari rumah tetap produktif.

Microsoft Teams : memberikan kemudahan dan fleksibilitas dalam berkomunikasi berkolaborasi dalam beberapa versi, dapat dipasang sesuai dengan perangkat yang biasa digunakan oleh Pengawas Sekolah. UmeetMe : layanan konferensi video terpadu berbasis internet.Saat ini UmeetMe telah digunakan untuk program pembelajaran jarak jauh, komunikasi pembelajaran lintas negara, memantau aktivitas guru, hingga memfasilitasi komunikasi antara guru.

Seesaw adalah platform pembelajaran yang memungkinkan setiap guru untuk memiliki jurnal pembelajaran kolaboratif, dengan pilihan berbagi konten dengan guru lain dari beberapa Sekolah binaan.Bahkan Pengawas Sekolah juga dapat langsung berbagi teks, gambar, video, gambar dan link. Cisco Webex: Cisco Webex dapat mengundang 25 partisipan per pertemuan dengan menawarkan kualitas Video High Definition dalam pembinaan Pengawas Sekolah terhadap guru dengan menggunakan Webex meetings.

Baca juga:  Belajar Luas Lingkaran dengan Metode REACT

Bermacam aplikasi digital ini dapat membantu untuk kelancaran tugas pengawas dalam supervisi sesuai dengan penguasaan IT . Selain dari aplikasi diatas yang paling familiar adalah Whatsapp Group (WG) menjadi satu satunya media yang paling efektif yang bisa di gunakan Pengawas dalam pengawasan PJJ di sekolah binaan untuk optimalisasi supervisi kinerja kepala sekolah dan guru tetap terpantau dengan membuat format dalam bentuk file yang dibagikan di group.

Dalam penyampaian laporan KBM PJJ dari peserta didik ke guru , guru ke Kepala Sekolah dapat memanfaatkan berbagai layanan /aplikasi Google (Class Room, Sheets, Forms,dll) sesuai dengan kondisi masing-masing.

Inilah tuntutan perubahan supervisi pengawas dalan Hijrah supervisi masa pandemi era digital untuk kreatif dan inovatif dalam memberikan pembinaan kepala sekolah, guru, lembaga binaan dalam mengatasi masalah supervisi masa pandemi Covid-19. (unw2/zal)

Baca juga:  Supervisi Klinis Pengawas PAS bagi Guru Tukang Kritik

Pengawas Madrasah Kec Bringin, Kab. Semarang

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya