alexametrics

Mengatasi Learning Loss Siswa Masa PTM Terbatas dengan Metode Talking Stick

Oleh : Sunarti, S.Pd.

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Pandemi Covid 19 di Indonesia mereda. Pemerintah telah mengeluarkan kebijakan, sekolah dapat kembali menyelenggarakan tatap muka (PTM) terbatas, apabila berada di wilayah Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 1 hingga 3. Menurut Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate, PTM terbatas ini penting dilakukan untuk menekan resiko Learning Loss demi menjaga kualitas pembelajaran anak Indonesia.

Pemulihan Learning Loss butuh waktu kurang lebih 9 tahun, ujarnya dalam keterangan resmi (28/8/2021). Learning Loss adalah suatu istilah yang mengacu pada hilangnya pengetahuan dan ketrampilan baik secara umum atau spesifik. Atau terjadi kemunduran proses akademik karena suatu kondisi tertentu. Untuk mengatasi permasalahan pemuliham risiko Learning Loss agar lebih cepat teratasi, penulis sebagai guru IPS menerapkan metode pembelajaran Talking Stick.

Pembelajaran dengan metode Talking Stick diterapkan penulis pada kelas VIII di SMP Muhammadiyah 1 Surakarta pada mata pelajaran IPS KD 3.1 Menelaah Perubahan Keruangan dan Interaksi antarruang di Indonesia dan Negara – Negara Asean yang diakibatkan oleh faktor alam dan manusia.

Baca juga:  Memanfaatkan Media Sosial YouTube dalam Pembelajaran Prakarya

Model Pembelajaran Talking Stick merupakan model pembelajaran menggunakan alat berupa tongkat sebagai alat bantu bagi guru untuk mengajukan pertanyaan kepada siswa dengan menimbulkan suasana yang menyenangkan. Tongkat digilirkan pada siswa dan bagi siswa mendapatkan tongkat sesuai dengan aba-aba dari guru, maka siswa diberi pertanyaan oleh guru dan harus dijawab (Sudjana, 2002).

Metode Talking Stick merupakan salah satu metode dalam Cooperative Learning yang bertujuan mewujudkan tujuan pembelajaran kooperatif sehingga akan didapat keaktifan siswa dalam memperoleh keterampilan intelektual, sikap dan ketrampilan motorik.

Selain itu dapat menimbulkan respon positif dalam hubungan antar teman, dapat menanamkan sikap percaya diri, dan tanggung jawab karena dalam metode pembelajaran ini siswa diberi kesempatan melatih pendapat, berbicara dan kepercayaan diri dan tanggung jawab sehingga menimbulkan suasana menyenangkan.

Baca juga:  Blended Learning sebagai Metode Efektif di Era Pandemi

Langkah- langkah pembelajaran metode Talking Stick menurut Hanafiah dan Suhana: Pertama, guru membentuk kelompok 5 – 6 orang, Kedua, guru menyiapkan tongkat panjangnya 20 cm. Ketiga, guru menyiapkan materi pokok yang kemudian dibaca dan dipelajari siswa. Keempat, siswa berdiskusi membahas masalah yang terdapat di wacana. Kelima, guru menutup wacana materi bacaan.

Keenam, guru mengambil tongkat dan memberikannya pada salah satu anggota kelompok, setelah itu guru memberi pertanyaan dan anggota kelompok yang memegang tongkat tersebut harus menjawabnya. Demikian seterusnya sampai sebagian besar siswa mendapat bagian menjawab pertanyaan dari guru. Ketujuh, siswa boleh membantu menjawab jika anggota kelompoknya tidak bisa menjawab. Delapan, guru memberi kesimpulan. Sembilan, guru melakukan evaluasi/penilaian baik secara individu atau kelompok.

Baca juga:  Praktikum Berbantu LKPD Berbasis Discovery Learning Tingkatkan Belajar

Penulis menyimpulkan bahwa pembelajaran dengan metode Talking Stick berhasil mengurangi permasalahan Learning Loss pada PTM terbatas masa pandemi Covid -19 yang mampu mewujudkan tujuan pembelajaran kooperatif, karena saat proses pembelajaran berlangsung siswa mendapatkan keaktifan dalam memperoleh ketrampilan intelektual, sikap, ketrampilan motorik.

Model pembelajaran Talking Stick menimbulkan respon positif dalam menimbulkan kembali hubungan antar teman, dapat menanamkan rasa percaya diri, tanggung jawab karena siswa berkesempatan melatih pendapat, berbicara dan kepercayaan diri dan tanggung jawab yang menimbulkan suasana menyenangkan. Hal ini sangat membantu siswa mengurangi masalah Learning Loss pada PTM Terbatas masa Pandemi Covid 19. (ips1/ton)

Guru SMP Muhammadiyah 1 Surakarta

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya