alexametrics

Canva Tumbuhkan Inovasi Media Pembelajaran IPS

Oleh : Ari Supriani, S.Pd.

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Peningkatan kualitas pembelajaran banyak ditentukan oleh pembelajaran yang dirancang dan dilaksanakan oleh guru. Media pembelajaran merupakan perantara antara pengajar dan peserta didik agar pembelajaran berjalan efektif dan efisien.

Penerapan media pembelajaran yang tepat dapat menjadikan seorang pengajar menciptakan suasana belajar yang menarik perhatian sehingga pembelajaran dapat berlangsung dengan secara optimal dan berorientasi pada pemahaman peserta didik sehingga suasana belajarpun lebih menarik perhatian peserta didik. (Wijayanti, 2006 dikutip oleh Setyaningrum, 2009).

Beberapa waktu yang lalu di SMP Negeri 2 Salatiga diadakan workshop tentang pemanfaatan IT dalam pembuatan media pembelajaran. Salah satu materinya adalah pembuatan media pembelajaran menggunakan aplikasi Canva. Aplikasi Canva ini selain menarik juga dapat mengasah kemampuan guru dalam bidang IT.

Pada masa Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) pemanfaatan media pembelajaran yang tepat dan menarik sangat berpengaruh dalam membangkitkan semangat belajar siswa terutama dalam mempelajari materi IPS. Pembelajaran menggunakan media aplikasi Canva akan menciptakan pembelajaran yang interaktif dan dapat membantu guru dan peserta didik sehingga pembelajaran lebih cepat dipahami siswa dan menarik minat siswa untuk belajar lebih lanjut.

Baca juga:  Kreativitas dan Quizizz Kembalikan Antusiasme Belajar Daring

Canva merupakan salah satu aplikasi online yang dapat kita manfaatkan untuk membuat media pembelajaran. Untuk situsnya, silakan buka di www.canva.com. Jika belum punya akun, kita piih membuat akun atau mendaftar dan jika sudah punya akun silakan kita masuk atau login. Aplikasi tersebut berukuran kurang lebih 24MB dan dapat didownload serta diinstall melalui HP (playstore) dan PC/laptop.

Di canva ini, tersedia banyak template yang bisa digunakan yaitu untuk infografis, grafik, poster, presentasi, brosur, logo, resume, flyer, Dokumen A4, instagram pos, kartu, surat kabar, komik strip, cover majalah, undangan, Photo collage, kartus bisnis, desktop wallpaper, laporan, sertifikat, sampul buku, animasi sosmed, pengumuman, menu, video, grafik organizer, your story, surat, kepala surat, proposal, label, lembar kerja, jadwal kelas, kalender, ID card, cover CD, dokumen surat US, mobile first presentation, planner, program, ebook cover, dan storyboard.

Baca juga:  Belajar Sistem Peredaran Darah dengan Running LED

Aplikasi Canva ini mempunyai beberapa kelebihan sebagai berikut : 1) Penggunaannya relative mudah, dapat digunakan di web dalam komputer (PC) atau mengunduh aplikasi Canva pada gawai di Play Store maupun IOS, 2) Memiliki berbagai fitur di dalamnya seperti template yang sudah siap pakai, mengubah model dan jenis font, mengubah warna dan background, dan lain sebagainya, 3) Menghemat waktu dalam mempersiapkan media pembelajaran secara praktis, 4) Mampu meningkatkan kreativitas guru dan peserta didik dalam mendesain media pembelajaran, 5) Canva juga memungkinkan siswa untuk berkolaborasi dalam membuat tugas yang diberikan guru. Tugas-tugas IPS bisa dikerjakan bersama walaupun anak-anak sedang PJJ. Hal ini karena file bisa di-share kepada orang lain dan bisa diatur settingnya bisa edit atau hanya bisa melihat saja.

Baca juga:  Microsoft Teams, Solusi Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19

Pertanyaan yang muncul kemudian, Apakah aplikasi tersebut dapat diakses secara gratis? Jawabannya, aplikasi tersebut dapat di-download secara gratis, hanya saja ada beberapa fitur di dalamnya yang tidak tersedia cuma-cuma. Meskipun demikian, aplikasi tersebut tetap worth it digunakan sebagai editor media pembelajaran online.

Ada banyak template dan desain yang tersedia, bisa dimanfaatkan untuk membuat media pembelajaran digital, diantaranya bahan paparan materi, e-modul, komik pembelajaran, poster pendidikan dan lain-lain. Sementara canva for education adalah adalah canva dengan akses freemium (premium gratis) untuk para guru. Seperti akun premium atau pro berbayar, Canva memberikan fasilitas pro tersebut secara cuma-cuma untuk guru. Sehingga guru dapat membuat presentasi, dekorasi kelas, infografis, lembar kerja, rencana pelajaran, dan banyak lagi secara bebas tanpa harus membayar. (dd1/ton)

Guru IPS SMP Negeri 2 Salatiga

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya