alexametrics

Model PAIKEM dan Media Benang dalam Menentukan Letak Bilangan pada Garis Bilangan

Oleh : Nanang Abdul Hanan, S.Pd.

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Pembelajaran Matematika di sekolah dasar mempunyai peran yang sangat penting untuk membekali pemahaman peserta didik sejak dini. Karena dalam kehidupan sehari-hari peserta didik tidak pernah lepas dari dunia matematika, misalnya keterampilan menghitung.

Suatu pembelajaran dikatakan berhasil apabila materi pembelajaran dikuasai oleh peserta didik yang biasanya dinyatakan dengan nilai. Data yang diperoleh atas hasil tes formatif materi ”Menentukan letak bilangan pada garis bilangan” di kelas III SD Negeri 1 Kutoharjo Kecamatan Kaliwungu Kabupaten Kendal dari 39 jumlah peserta didik yang mencapai target Kreteria Ketuntasan Minimal (KKM) nilai 70, hanya 14 anak saja atau 35,9 % tuntas dan 25 anak masih perlu perbaikan atau 64,1 % tidak tuntas.

Berdasarkan analisis tes formatif peserta didik, maka penulis melakukan konsultasi dengan supervisor 2 dan teman sejawat untuk mengungkap kekurangan dari pembelajaran yang dilaksanakan, yaitu : a) Rendahnya tingkat penguasaan peserta didik terhadap materi pelajaran matematika tentang menentukan letak bilangan pada garis bilangan; b) Keaktifan peserta didik dalam kegiatan pembelajaran sangat kurang; c) Penerapan model pembelajaran belum tepat; d) Belum ada pemanfaatan media belajar.

Baca juga:  Happy and Fun Belajar Hijaiyah dengan Kartu Puzzle

Dari identifikasi masalah dan latar belakang di atas, maka analisis masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut : a) Kemampuan peserta didik dalam menerima pelajaran belum bisa menangkap hal-hal yang bersifat abstrak; b) Pembelajaran hanya berjalan satu arah sehingga kegiatan tersebut bersifat pasif dan tidak ada keterlibatan dalam pemecahan masalah; c) Model pembelajaran yang digunakan guru kurang sesuai; d) Tidak memanfaatkan sarana atau media pembelajaran.

Berdasarkan identifikasi dan analisis masalah pada pembelajaran “Menentukan letak bilangan pada garis bilangan”, maka alternatif pemecahan masalah yang harus dilakukan adalah menerapkan model pembelajaran yang tepat, misalnya PAIKEM dan penggunaan media benang sebagai garis bilangan. Untuk memaksimalkan hasil belajar bagi peserta didik yang belum tuntas, maka peserta didik yang mendapatkan nilai tertinggi dipilih untuk menjadi tutor sebaya agar dapat membantu temannya yang dianggap masih kurang dalam pembelajaran.

Baca juga:  Pembelajaran Arus Listrik dengan Eksperimen Baterai Buah Jeruk Lemon

Secara umum, tujuan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini adalah untuk memperbaiki kualitas pembelajaran. Adapun secara khusus, perbaikan pembelajaran dengan pola penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk: 1) Meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas III SD Negeri 1 Kutoharjo Kecamatan Kaliwungu dalam mata pelajaran matematika tentang menentukan letak bilangan pada garis bilangan; 2) Mendeskripsikan model PAIKEM dan media benang dalam pembelajaran matematika tentang menentukan letak bilangan pada garis bilangan; 3) Memenuhi tugas dalam mata kuliah PDGK4501 Pemantapan Kemampuan Profesional.

Bagi peserta didik, hasil penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan kompetensi hasil belajar Matematika tentang menentukan letak bilangan pada garis bilangan, menambah motivasi belajar, serta memperluas wawasan dalam belajar.

Baca juga:  Tingkatkan Hasil Belajar Matematika dengan Model Bangun Ruang

Bagi guru, diharapkan guru dapat mengembangkan dan melakukan inovasi pembelajaran, serta meningkatkan profesionalisme dan kreativitasnya, sehingga mampu mengimplementasikan kurikulum di tingkat kelas dan bisa memecahkan masalah yang dihadapi, serta mengetahui kekurangan dan kelebihan dalam pembelajaran Matematika sekaligus melatih membiasakan melakukan PTK. Bagi sekolah, penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan profesionalisme dan kreativitas guru, prestasi sekolah, dan menjadikan sekolah sebagai pusat studi penelitian. Selain itu bisa menjadi masukan untuk menentukan strategi pembelajaran dalam menyusun pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. (ips1/ton)

Guru SDN 1 Kutoharjo Kendal

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya