alexametrics

Evadikan Ampuh Memantau Pembelajaran Daring

Oleh : Siti Aslikah, S.Pd

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Kepala sekolah adalah personel sekolah yang bertanggung jawab terhadap seluruh kegiatan sekolah. Serta mempunyai wewenang dan tanggung jawab untuk menyelenggarakan seluruh kegiatan pendidikan dalam lingkungan sekolah dengan dasar Pancasila untuk meningkatkan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, meningkatkan intelektual, meningkatkan budi pekerti dan memperkuat kepribadian (Daryanto, 2010 : 80).

Sebagai seorang pemimpin, kepala sekolah memiliki tugas yang sangat kompleks demi terwujudnya sekolah yang berkualitas. Sebagai supervisor, kepala sekolah berperan membantu mengembangkan profesionalitas guru. Dalam hal ini supervisi dilakukan terhadap kegiatan akademik yang termasuk dalam proses belajar mengajar yang menyangkut guru dalam mengajar sehingga tercapainya tujuan pendidikan (Jamilah, 2019 : 52).

Berdasarkan dua teori tersebut, dapat disimpulkan kepala sekolah memiliki peranan fungsional dalam sekolah dan bertanggung jawab terhadap berjalannya segala kegiatan di sekolah.
Masa pandemi Covid-19 menjadi kondisi yang sulit tidak terkecuali bagi dunia pendidikan. Seluruh elemen sekolah baik guru maupun siswa dituntut untuk bisa menguasai teknologi supaya kegiatan belajar mengajar tidak terhambat.

Baca juga:  WhatsApp Permudah Pembelajaran Daring

Selain kegiatan belajar mengajar dengan siswa, tugas pengawasan oleh kepala sekolah juga harus disesuaikan. Kepala sekolah bertanggung jawab mengurangi kegiatan di sekolah, namun tetap menjaga kualitas pendidikan supaya guru dan siswa tetap berkualitas, dengan menciptakan sebuah sistem informasi yang terintegrasi untuk mempermudah proses pembelajaran.

Namun, sistem informasi tersebut harus disesuaikan dengan kondisi dan kemampuan masing-masing sekolah. Selain sumberdaya manusia yang mumpuni untuk menciptakan sistem tersebut, jaringan internet yang juga harus mendukung sistem tersebut. Di SD Negeri Ngrancah menggunakan strategi evadikan dalam pemantauan kinerja guru. Evadikan adalah evaluasi dan koordinasi akhir pekan.

Merupakan strategi pemantauan kinerja guru oleh kepala sekolah. Pada prinsipnya, evadikan adalah proses mengevaluasi sistem pembelajaran yang dilakukan seluruh guru pada sepekan terakhir, serta koordinasi untuk proses pembelajaran sepekan ke depan.

Evaluasi dilakukan untuk memperbaiki segala hal yang dirasa kurang. Baik itu bahan ajar, metode pembelajaran, maupun respons siswa dalam kegiatan pembelajaran daring ini. Setelah ditemukan solusi, dikoordinasikan agar seluruh guru dapat mempersiapkan bahan ajar dan metode belajar selama sepekan ke depan, dan nantinya akan dievaluasi di pekan depan.

Baca juga:  Rutinitas Supervisi dapat Meningkatkan Kinerja Guru

Evadikan yang diusulkan kepala SD Negeri Ngrancah sebagai strategi yang dianggap ampuh dalam pembelajaran daring memiliki langkah: kepala sekolah dan guru memastikan bahwa jadwal pembelajaran secara daring sudah tersusun lengkap, baik guru, kelas, maupun jam;

Kepala sekolah dan guru memastikan ketersediaan jaringan internet yang memadai selama proses pembelajaran; Guru menyusun bahan ajar dan mempersiapkan metode pembelajaran yang akan dilakukan oleh semua guru untuk sepekan kedepan. Guru melaksanakan kegiatan belajar mengajar secara daring, sambil mengamati kelebihan dan kelemahan metode pembelajaran yang diterapkan pada kelas yang diampu. Bila perlu, di akhir pembelajaran berikan kesempatan kepada siswa untuk mengevaluasi metode pembelajaran yang sudah dilaksanakan. Pada akhir pekan, kepala sekola dan guru melaksanakan evadikan secara daring melalui platform Zoom meeting, Google meet, WhatsApp Grup.

Baca juga:  Kearifan Lokal Tingkatkan Prestasi Siswa

Guru menyampaikan bahan ajar yang digunakan, mengevaluasi metode yang diterapkan pada masing-masing kelas, serta menyampaikan evaluasi dari siswa. Guru dan kepala sekolah bersama-sama mencari solusi jika ada hal yang perlu diperbaiki, dan memberikan saran dan bimbingan bagi guru yang mengalami kendala dalam pembelajaran daring.

Kepala sekolah dan guru berkoordinasi untuk kegiatan belajar mengajar yang akan dilakukan selama sepekan ke depan, dari bahan ajar dan metode pembelajarannya. Guru menyusun bahan ajar dan mempersiapkan metode pembelajaran yang diterapkan selama sepekan kedepan.

Kegiatan berulang dilakukan untuk memastikan guru sudah mempersiapkan dan menguasai bahan ajar serta mempersiapkan metode pembelajaran. Berdasarkan uraian langkah tersebut dapat dipastikan bahwa evadikan ampuh memantau pembelajaran daring di SD Negeri Ngrancah. (pm2/lis)

Kepala SDN Ngrancah, Kec. Grabag, Kabupaten Magelang.

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya