alexametrics

Modifikasi Sarana Bola Plastik Dapat Meningkatkan Passing Bawah Bola Voli

Oleh : Sutarno, S.Pd, M.Si

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Salah satu cabang olahraga permainan yang termasuk dalam materi pokok Pendidikan Jasmani Olah Raga dan Kesehatan yaitu permainan bola voli. Menurut Munasifah (2008 : 3) bola voli adalah permainan yang dilakukan oleh dua regu, yang masing-masing terdiri atas enam orang. Bola dimainkan di udara dengan melewati net, setiap regu hanya bisa memainkan bola tiga kali pukul.

Di dalam pembelajaran materi passing bawah, biasanya masih ada siswa yang mengalami kesulitan dalam penguasaan teknik passing bawah. Hal ini disebabkan siswa masih ada yang merasa takut dengan bola voli. Karena tangan mereka terasa panas jika bersentuhan dengan bola voli saat melakukan gerakan passing bawah.

Manfaat media pengajaran yang lain adalah dapat mempertinggi proses dan hasil pengajaran, berkenaan dengan tahap berpikir siswa. Taraf berpikir manusia mengikuti tahap perkembangan, dimulai dari berpikir konkret menuju ke berpikir abstrak, dimulai dari berpikir sederhana menuju ke berpikir kompleks.

Baca juga:  Tingkatkan Kemampuan Berbahasa Anak Usia Dini dengan Media Gambar

Dalam upaya memanfaatkan media sebagai alat bantu, Edgar Dale (dalam Hamalik, 1982 : 52) menggambarkan tentang tingkat-tingkat pengalaman dan alat-alat yang diperlukan untuk memperoleh pengalaman itu.

Pengalaman berlangsung dari tingkat yang konkret naik menuju ke tingkat yang abstrak. Pada tingkat yang konkret seseorang belajar dari kenyataan atau pengalaman langsung yang bertujuan dalam kehidupan kita. Kemudian meningkat ke tingkatan yang lebih atas menuju ke puncak kerucut, dalam tingkat yang abstrak dalam bentuk simbol.

Semakin ke atas semakin abstrak, tetapi tidak berarti semakin sulit. Pembagian tingkat ini semata-mata untuk membantu kita melihat pengalaman belajar. Selain itu karakteristik siswa menunjukkan jika tergolong siswa yang pasif, mereka lebih menyukai pembelajaran yang dilakukan di dalam kelas. Ini dibuktikan dari tidak adanya kemauan atau hasrat dalam proses belajar mengajar dalam mata perlajaran bola voli. Siswa terlihat agak malas saat akan melakukan praktik di lapangan.

Baca juga:  Mudahnya Pengerjaan Soal Matematika melalui Permainan Kartu Soal

Hal ini mengakibatkan hasil belajar siswa terhadap pelajaran bola voli sangat rendah, oleh karena itu diperlukannya sebuah modifikasi sarana pembelajaran yang harus dilakukan untuk meningkatkan keinginan siswa dalam mata pelajaran bola voli.
Penggunaan alat bantu bola plastik merupakan modifikasi yang paling tepat untuk mengurangi rasa takut pada siswa karena bola yang dipakai pada permainan yang sesungguhnya dirasa berat hingga siswa dalam bermain bola voli kurang tertarik dan tidak semangat.

Sifat dari bola plastik adalah dengan berat yang sangat ringan siswa tidak merasa takut dalam bermain bola voli. Bola plastik di mata anak-anak merupakan alat permainan yang biasa setiap hari disentuh dan digunakan untuk bermain.

Baca juga:  UKK di Masa Pandemi

Penggunaan bola plastik dipilih karena dari segi bentuk ada kemiripan dengan bentuk bola voli, dari segi ketersediaan dan harga bola plastik sangat mudah sekali didapatkan di pasar-pasar tradisional dengan harga sangat murah.

Dengan bola plastik diharapkan siswa dalam melakukan kegiatan permainan merasa senang dan termotivasi untuk lebih melakukan kegiatannya. Dalam modifikasi akan digunakan 3 tes yang sudah dirancang. Yaitu tes praktik lapangan, tes psikomotorik, tes afektif, tes kognitif. Di setiap akhir pembelajaran akan diobservasi untuk mengetahui sejauh mana kemampuan siswa dalam pelajaran bola voli.

Dengan adanya alat bantu bola plastik ini, diharapkan dapat membuat siswa dan siswi SMK Negeri 3 Semarang semakin bersemangat dalam mengikuti pembelajaran materi passing bawah. (ips1/lis)

Guru PJOK SMK Negeri 3 Semarang

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya